Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Apakah Benar Chiller Lebih Menguntungkan Sebagai AC Central?

Editor: Rosyid

Apakah Benar Chiller Lebih Menguntungkan Sebagai AC Central?

Pertanyaan besar bagi kontraktor, pengusaha hingga yayasan dalam memberikan refrigrasi untuk bangunan yang akan digunakan. Dalam sebuah gedung atau bangunan berukuran besar, sistem refrigrasi menjadi hal yang sangat penting. Pemilihan sistem refrigrasi yang tepat dapat menjadi menjadi langkah yang baik sebagai sebuah investasi. Jadi, di dalam sistem AC central terdapat dua pilihan jenis refrigrasi yaitu, VRV (Variable Refrigerant Volume) dan Chiller. VRV adalah jenis AC Central yang dapat mendinginkan bangunan menggunakan refrigerant atau freon sebagai media utama dalam skala kecil hingga besar dan VRV memiliki sistem outdoor refrigrasi yang minimalis dibandingkan dengan Chiller. Sedangkan Chiller adalah sistem refrigrasi yang menggunakan air sebagai media pendingin suhu ruangan. Chiller terbagi menjadi dua jenis yaitu, Water Cooled Chiller dan Air Cooled Chiller.

Dalam pemilihan antara VRV dan Chiller, Manakah yang lebih baik diantara kedua ini? Tentu kedua sistem refrigasi ini memiliki kelebihannya masing-masing, meskipun Chiller memiliki lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan VRV. Berikut penjelasan mengenaik kelebihan dari kedua sistem refrigrasi ini.

Keunggulan VRV
1. Pemasangan Instalasi VRV lebih murah dibandingkan dengan Chiller.
2. Unit outdoor dari VRV jauh lebih minimalis dibandingkan dengan Chiller.
3. VRF mudah diintegrasikan ke dalam BMS (Building Management System) gedung untuk kontrol sistem yang paling akurat dan efektif.

Keunggulan Chiller
1. Waktu Usia Pakai lebih lama dibandingkan dengan VRV.
2. Mesin Chiller lebih hemat daya.
3. Suhu yang dihasilkan mesin Chiller lebih stabil.
4. Mesin Chiller dapat digunakan selama 24 jam.

Jika dilihat dari keunggulannya masing-masing maka sistem Chiller lebih memiliki banyak keunggulan, terutama jika bangunan yang digunakan beroperasi selama 24 jam. Maka Chiller menjadi langkah yang baik untuk menjadi suatu investasi jangka panjang. Namun, kembali kepada kebutuhan masing-masing atau kapasitas tempat yang dimiliki. Jika bangunan yang ditempati memiliki tempat yang luas pada rooftop maka penggunaan Chiller sangat direkomendasikan. Sebaliknya, jika tidak memiliki tempat yang luas pada bangunan seperti rooftop maka penggunaan VRV lebih direkomendasikan. Kekurangan dari sistem Chiller yang sangat tampak adalah membutuhkan tempat lebih besar untuk meletakan outdoor unit dan indoor unit untuk sistem Water Cooled Chiller.

Dalam pemilihan mesin Chiller untuk sistem refrigrasi sebuah gedung terdapat dua opsi yaitu, Water Cooled Chiller dan Air Cooled Chiller. Kedua sistem ini memiliki beberapa perbedaan, yang mana Air Cooled Chiller ini sudah mendekati beberapa kelebihan dari VRV. Air Cooled Chiller memiliki keunggulan dengan Pemasangan Instalasi lebih murah dibandingkan dengan Water Cooled Chiller. Perbedaan dari Water Cooled Chiller dan Air Cooled Chiller adalah media outdoor atau kondensor yang digunakan. Water Cooled Chiller menggunakan media air seperti Cooling Tower sebagai media pendingin kondensor, sedangkan Air Cooled Chiller menggunakan media udara seperti kipas sebagai media pendingin kondensor. Oleh sebab itu Air Cooled Chiller lebih efisien, karena tidak perlu menyediakan ruangan bawah tanah untuk memasang evaporator pada indoor unit.

Oleh sebab itu sebelum memasang sistem refrigrasi, alangkah baiknya jika berkonsultasi mengenai pilihan yang tepat dalam penggunaan sistem refrigrasi dengn menyesuaikan bangunan. PT. Indotara merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan sistem refrigrasi Chiller. PT. Indotara menyediakan mesin Chiller dengan Brand ISOMAG yang merupakan produk Jepang. PT. Indotara tidak hanya menyediakan mesin Chiller untuk bangunan berukuran besar saja, namun juga untuk rumah-rumah yang ingin menggunakan Chiller untuk diaplikasikan pada rumah pribadi. PT. Indotara menyediakan modular Chiller yang jauh lebih efektif dibandingkan dengan mesin Chiller skala industri yang biasa digunakan untuk gedung-gedung besar. Ukuran dari unit modular Chiller yang disediakan mulai dari 1340x630x1406(MM) yang mana ukuran ini sudah dapat mendinginkan rumah pribadi.

PT. Indotara Persada adalah perusahaan yang saat ini menjadi salah satu distributor produk-produk pendukung bisnis yang sangat berkembang di Indonesia. PT. Indotara berkomitmen untuk menyediakan produk berkualitas tinggi dengan harga ekonomis sejak tahun 2004. PT. Indotara memberikan garansi mesin dan elektrikal untuk produk Chiller hingga satu tahun. Chiller dengan brand ISOMAG ini memiliki kualitas yang sangat baik dan harga yang diberikan terjangkau. Brand ISOMAG ini sudah banyak di gunakan di negara-negara Asia karena bentuknya yang minimalis dan gagah. PT. Indotara menjadi produsen tunggal brand ISOMAG yang ada di Indonesia. Selain itu, PT. Indotara juga menyediakan banyak alat-alat pendukung bisnis yang berlokasi di Showroom Indotara, Millenium Industrial Estate Jl. Millenium 22 Blok R3 No. 1, Cikupa, Tangerang – Banten. Produk-produk dari PT. Indotara dapat di lihat langsung pada website https://www.indotara.co.id/ .

https://www.indotara.co.id/search/Isomag/ice-factory/16