Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Kegunaan Dan Kebutuhan Water Chiller Untuk Sehari Hari

Editor: Rosyid

Kegunaan Dan Kebutuhan Water Chiller Untuk Sehari Hari

Peningkatan kebutuhan hidup manusia yang semakin tinggi menyebabkan manusia meningkatkan kualitas hidupnya. Peningkatan tersebut terjadi di berbagai macam sektor slah satunya adalah sistem pendingin. Peningkatan di sektor tersebut menyebabkan evolusi teknologi pendingin yang semakin canggih. Teknologi mesin pendingin saat ini sangat mempengaruhi kehidupan dunia modern, tidak hanya terbatas untuk peningkatan kualitas dan kenyamanan hidup, namun juga sudah menyentuh hal-hal esensial penunjang kehidupan manusia. Teknologi ini dibutuhkan untuk penyiapan bahan makanan, proses kimia yang memerlukan pendinginan, pengkondisian udara untuk kenyamanan ruangan baik pada industri, perkantoran, transportasi maupun rumah tangga.

Mesin refrigerasi pada saat ini telah menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat baik khususnya di daerah perkotaan. Untuk gedung – gedung bertingkat seperti mall, hotel, gedung perkantoran, rumah sakit membutuhkan udara bersih dan segar yang lebih banyak. Untuk mendapatkan udara bersih dan segar yang lebih banyak itu maka dibutukan mesin pendinginan dengan kapasitas yang sangat besar juga dan tetap mengutamakan prinsip hemat energi. Mesin itu adalah water chiller. Water chiller adalah mesin refrigerasi yang memiliki fungsi utama mendinginkan air pada sisi evaporatornya. Air kemudian dialirkan ke AHU (Air Handling Unit) untuk diambil dinginnya dan dihembuskan ke ruangan. Penarikan panas atau kalor dimulai pada evaporator.

Water-Cooled Condensor
Merupakan jenis pembuangan kalor pada refrigeran menggunakan air. Air ini dugunakan untuk mendinginkan kondenser yang aliran airnya berasal dari cooling water. Pada suatu chiller, jika temperatur air keluar kondenser naik, maka temperatur dan tekanan refrigeran akan naik. Sebaliknya, jika temperatur air keluar kondenser turun, maka temperatur dan tekanan refrigeran akan turun. Perubahan temperatur dan tekanan refrigeran ini akan mengakibatkan perubahan kerja kompresor. Kondenser ini sensitif terhadap debit air. Debit yang terlalu besar akan menghasilkan kecepatan air yang besar, erosi, vibrasi, atau kebisingan. Debit yang terlalu kecil akan mengurangi efisiensi pertukaran kalor dan menyebabkan kinerja chiller menurun. Jadi, debit air kondenser harus dipertahankan pada rentang tertentu (kecuali saat start-up).

Air Cooled Condensor
Air cooled condensor adalah kondenser berpendingin udara sehingga tidak memerlukan air sebagai media pendinginan kondenser, karena pembuangan kalor kondenser dilakukan lengsung ke udara lingkungan. Kelebihan utama penggunaan air cooled condensor adalah tidak adanya cooling tower dalam sistem pendingin kondenser. Hal ini membuat perawatan chiller akan menjadi lebih mudah, karena tidak diperlukan water treatment, pembersihan pipa-pipa kondenser, perawatan mekanik cooling tower, perlindungan terhadap temperatur ekstra rendah (negara 4 musim), dan penyediaan air. Secara umum, hal ini juga akan mengurangi biaya operasi.

Untuk itu sekarang banyak sekali industri, perkantoran, transportasi maupun rumah tangga menggunakan water chiller untuk memudahkan aktivitas / pekerjaan untuk kedepannya mungkin water chiller ini akan di pergunakan untuk keseluruhan industri. Dan anda dapat mendapatkan product asli hanya di Indotara persada.