Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Melambungnya Penggunaan Mesin Chiller di Gedung Besar Ibu Kota

Editor: Rosyid

Melambungnya Penggunaan Mesin Chiller di Gedung Besar Ibu Kota

Apakah kalian tahu, bahwa pendingin ruangan terbagi menjadi tiga jenis? AC (Air Conditioner) Split, VRV (Variable Refrigerant Volume) dan Chiller merupakan tiga jenis pendingin yang sudah ada di Indonesia. Umumnya AC Split biasa digunakan untuk ruangan-ruangan yang ada di rumah, namun AC Split hanya dapat mendinginkan satu ruangan saja. Berbeda dengan VRV dan Chiller yang mana kedua jenis AC ini biasa digunakan untuk mendinginkan bangunan dalam skala besar seperti gedung perkantoran, rumah sakit hingga pabrik. Yang membedakan antara VRV dan Chiller adalah sistem pendingin yang digunakan oleh kedua jenis AC ini. VRV menggunakan refrigerant sebagai media pendingin ruangan, sedangkan Chiller menggunakan air bersuhu rendah untuk media pendingin.

Chiller adalah jenis mesin yang digunakan untuk mendinginkan cairan atau udara di berbagai pengaturan industri dan komersial. Ini bekerja dengan menghilangkan panas dari aliran cairan atau udara dan kemudian mentransfer panas itu ke media lain, seperti udara atau air. Chiller umumnya digunakan dalam sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Conditioning). Seiring berjalannya waktu, penggunaan mesin Chiller di Indonesia terus bertambah. Awalnya, VRV merupakan produk umum yang digunakan oleh gedung-gedung besar di Indonesia sebagai pendingin suhu. Namun di era moderen, Chiller semakin diminati untuk digunakan dalam mendinginkan bangunan skala besar. Hal ini dikarenakan, Chiller memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan VRV. Seperti,

1. Usia pakai dari mesin Chiller lebih lama dibandingkan dengan VRV.
2. Mesin Chiller lebih hemat daya.
3. Suhu yang dihasilkan mesin Chiller lebih stabil.
4. Mesin Chiller dapat digunakan selama 24 jam.

Mesin Chiller dikenal dapat mendinginkan seluruh bangunan dalam waktu 24 jam tanpa henti. Awalnya, kekurangan pada mesin Chiller adalah unit berukuran besar dan membutuhkan banyak tempat seperti Water Cooled Chiller seperti mesin evaportor untuk indoor unit dan cooling tower untuk outdoor unit. Namun saat ini sudah tersedia Modular Chiller yang mana ukurannya lebih kecil dan tidak membutuhkan tempat yang luas untuk pemasangannya. Bahkan saat terjadi perluasan gedung, akan lebih mudah untuk penambahan unit atau memindahkan unit Modular Chiller ke tempat lainnya. Selain itu, Modular Chiller ini dapat digunakan untuk menjadi sistem pendingin pada skala kecil seperti rumah atau ruangan berukuran besar.

Penggunaan mesin Chiller dapat disesuaikan dengan jenis dan luas bangunan. Untuk bangunan berskala besar seperti mall atau gedung-gedung tinggi maka "Water Cooled Chiller" sangat direkomendasikan. Karena Water Cooled Chiller dapat menjangkau tempat yang memiliki jarak cukup jauh, sedangkan Air Cooled Chiller jaungkauannya terbatas. Untuk bangunan berskala menengah seperti hotel kecil dan rumah sakit, maka penggunaan Air Cooled Chiller direkomendasikan karena biaya instalasi, maintenance dan design lebih murah dan lebih simple.

Jakarta yang merupakan ibu kota sekaligus pusat perekonomian negara Indonesia mulai di penuhi oleh bangunan-bangunan tinggi. Sudah banyak dibangun mall dan gedung perkantoran di ibu kota. Penggunaan mesin Water Cooled Chiller menjadi semakin banyak digunakan di Ibu kota seiring dengan bertambahnya gedung-gedung besar di Jakarta. Penggunaan mesin Chiller menjadi alternatif, karena lebih hemat daya dan suhu yang dihasilkan selalu stabil, terutama pada gedung perkantoran yang beroperasi selama 24 jam. Oleh sebab itu, mesin Chiller menjadi alternatif yang baik bagi perusahaan untuk investasi jangka panjang.

PT. Indotara Persada adalah perusahaan yang saat ini menjadi salah satu distributor produk-produk pendukung bisnis yang sangat berkembang di Indonesia. PT. Indotara menyediakan mesin Chiller dengan brand ISOMAG yang di impor dari Jepang. Selain itu, PT. Indotara berkomitmen untuk menyediakan produk berkualitas tinggi dengan harga ekonomis sejak tahun 2004. Brand ISOMAG ini adalah brand dari negara Jepang, dengan sparepart buatan Eropa. Selain itu, PT. Indotara memberikan garansi mesin dan elektrikal untuk produk Chiller hingga satu tahun. Chiller dengan brand ISOMAG ini memiliki kualitas yang sangat baik dan harga yang diberikan terjangkau. Brand ISOMAG ini sudah banyak di gunakan di negara-negara Asia karena bentuknya yang minimalis dan gagah.

PT. Indotara menyediakan banyak jenis mesin Chiller mulai dari Screw Chiller hingga Modular Chiller. Selain itu, PT. Indotara juga menyediakan spare part untuk para kostumer yang memerlukan perbaikan tanpa menunggu waktu yang lama untuk ketersediaan spare part. PT. Indotara juga menjamin ke aslian dari produk yang dimiliki, karena produk yang dimiliki oleh PT. Indotara di impor dari negara yang memproduksinya langsung. PT. Indotara menjadi produsen tunggal brand ISOMAG yang ada di Indonesia. Selain itu, PT. Indotara juga menyediakan banyak alat-alat pendukung bisnis yang berlokasi di Showroom Indotara, Millenium Industrial Estate Jl. Millenium 22 Blok R3 No. 1, Cikupa, Tangerang – Banten. Produk-produk dari PT. Indotara dapat di lihat langsung pada website https://www.indotara.co.id/ .

https://www.indotara.co.id/search/Isomag/ice-factory/16