Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal Desiccant Air Dryer

Editor: Ipin
Mengenal Desiccant Air Dryer
Kandungan air pada sistem udara terkompresi Anda berlebih? Hal ini dapat menimbulkan konsekuensi serius pada hasil produk yang Anda produksi di Pabrik Anda. Penyebab timbulnya air dalam sistem udara terkompresi adalah terjadi kondensasi, faktor faktor yang dapat mempengaruhi jumlah air pada sistem udara terkompresi Anda yaitu Inlet condition, kualitas udara sekitar, dan juga tekanan udara

Udara terkompresi yang tidak diolah, yang mengandung kontaminan padat, cair, dan gas, menimbulkan risiko yang signifikan karena dapat merusak kualitas produk Anda.

Kandungan Air pada sistem udara terkompresi dapat mengakibatkan korosi, menyebabkan keausan pada bagian dalam saluran udara terkompresi, hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem udara terkompresi dan dapat menyebabkan kontaminasi pada produk olahan Anda. Kandungan air juga dapat mengganggu sistem kelistrikan pada fungsi kontrol alat yang digerakkan oleh sistem udara terkompresi, dibutuhkan Air Dryer untuk mengatasi masalah ini.

Air Dryer dapat menghilangkan kandungan air dari udara :


Jenis Jenis Air dryer :
  1. Dessicant Air Dryer
  1. Refrigerated Air Dryer
  1. Membrane Air Dryer

Untuk saat ini kita akan membahas Dessicant Air Dryer
Bagaimana cara Dessicant Air Dryer bekerja?

Berbeda dengan Refrigerated Air Dryer, Dessicant Air Dryer tidak menggunakan Kompressor pendingin untuk mencapai titik Dew Pointnya, Dessicant adalah bahan penyerap khusus dengan afinitas atau ketertarikan tinggi terhadap air. Bahan khusus yang memiliki sifat higroskopis yang memungkinkan mempertahankan lingkungan kering dengan menarik dan menahan molekul air di dalamnya.

Jenis jenis bahan Dessicant yang paling umum meliputi :
Silica
  1. Activated Charcoal
  1. Calcium Cloride
  1. Calcium Sulphate
  1. Aluminosilicate minerals

Dessicant Air Dryer adalah peralatan industri yang menggunakan bahan Dessicant (Pengering) untuk menghilangkan kelembaban udara yang disalurkan melaluinya. Sistem standart desiccant dryer menggunakan Twin Tower untuk memastikan siklus pengeringan udara yang berkelanjutan.

Twin Tower Desiccant Compressed Air Dryers.

Twin Tower Desiccant Compressed Air Dryers pada dasarnya adalah sistem pengeringan ganda yang secara konstan beralih antara mode serap dan mode regeneratif. Indikator akan mendeteksi tingkat kelembaban udara dan kejenuhan air di setiap Tower dan secara otomatis beralih fase.

Jenis  Dessicant Air Dryer ini memiliki Twin Tower yang sama sama diisi dengan bahan higroskopis, dalam beroprasi, salah satu tower digunakan secara aktif menghilangkan kelembaban dari udara terkompresi yang disalurkan melaluinya sementara menara satunya mengalami proses sebaliknya dimana kelembaban digunakan secara aktif untuk meregenerasi bahan “dessicant” yang ada didalamnya.

Setelah bahan pengering di Tower penyerap mencapai titik jenuh dan bahan pengering di tower kedua cukup kering, unit kontrol digunakan untuk membalikkan fungsinya secara otomatis.

Dessicant Air Dryer umumnya banyak dipakai di aplikasi industri yang menggunakan udara terkompresi, cocok untuk industri makanan, kesehatan, dan farmasi.

Maintenance Dessicant Air Dryer.

Lakukan maintenance secara berkala mulai dari pergantian Activated Alumina, pergantian filter, dan juga pembersihan pada unit Air Dryer agar tetap terjaga dan berada di performa terbaiknya.

Indotara adalah distributor ekslusif produk Compressor Udara Araki dan Shigemitsu, Kami memiliki tim QC profesional dengan keterampilan teknis yang sangat baik, Indotara terus berjuang untuk menjadi yang terbaik, mengutamakan kualitas pelayanan dengan keterampilan teknis yang sangat baik untuk memastikan produk sempurna sebelum dikirim ke Client kami.