Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Penjelasan Dasar Mengenai Freeze Dryer

Editor: Farhan
Freeze Dryer merupakan alat yang sudah banyak digunakan oleh orang-orang yang ada di negara Eropa. Bagi masyarakat Indonesia masih menjadi pertanyaan besar mengenai apa itu Freeze Dryer? Hal ini menjadi hal yang wajar karena memang sangat sedikitnya perusahaan di Indonesia yang menyediakan alat ini. Freeze Dryer adalah alat yang digunakan untuk menghilangkan kelembapan dari zat sambil mempertahankan struktur dan komposisinya. Alat Ini bekerja dengan membekukan zat pada suhu yang sangat rendah dan kemudian menggunakan ruang hampa untuk menghilangkan es melalui sublimasi. Proses freeze-drying umumnya digunakan dalam industri farmasi dan biotek untuk mengawetkan dan menyimpan bahan biologis yang sensitif, seperti vaksin, antibodi, dan enzim. Ini juga digunakan dalam industri makanan untuk menghasilkan produk yang ringan dan stabil di rak seperti kopi instan, susu bubuk, dan buah kering beku.

Proses freeze-drying biasanya melibatkan tiga tahap: pembekuan, pengeringan primer, dan pengeringan sekunder. Selama tahap pembekuan, zat dibekukan hingga suhu di bawah titik bekunya. Pada tahap pengeringan primer, vakum diterapkan, dan es menyublim, mengubah langsung dari padat menjadi gas tanpa melalui fase cair. Pada tahap pengeringan sekunder, kelembaban yang tersisa dihilangkan dengan menaikkan suhu sedikit untuk mengusir molekul air yang tersisa. Tahap-tahap ini memakan waktu yang cukup lama, tetapi memberikan banyak keuntungan, seperti umur simpan yang lebih lama, pengurangan berat dan volume pada bahan, dan pelestarian struktur dan komposisi asli bahan.

Keunggulan dari kegunaan Freeze Dryer adalah pengguna dapat memproses bahan-bahan makanan dengan tujuan menyimpan bahan tersebut dalam jangka waktu yang lama. Tidak jarang ibu rumah tangga di negara-negara Eropa menggunakan alat ini untuk menyimpan bahan-bahan yang akan digunakan untuk acara-acara besar yang berjalan dalam waktu yang masih lama. Proses freeze-drying menjadi pilihan yang baik karena, dengan memasukan bahan makanan ke dalam Freeze Dryer untuk melakukan proses freeze-drying maka bahan-bahan tidak akan berubah bentuk, rasa, hingga kualitas meskipun sudah di simpan selama 20-25 tahun. Bahan yang disimpan dalam waktu yang lama juga tidak menyebabkan tumbuhnya jamur atau bakteri-bakteri yang dapat menyerang kualitas dari bahan makanan  yang sudah di masukan ke dalam Freeze Dryer. Hal ini dikarenakan tidak adanya kelembaban atau molekul air yang dimiliki oleh bahan-bahan yang telah dimasukan ke dalam freeze dryer.

Barang-barang yang biasanya dimasukan ke dalam Freeze Dryer adalah bahan yang mudah busuk seperti buah dan sayuran. Namun tidak hanya bahan makanan mentah saja yang masukan kedalam mesin Freeze Dryer, namun bahan-bahan makanan yang sudah matang juga dapat dimasukan untuk diawetkan agar dapat digunakan beberapa waktu kedepan tanpa mengubah bentuk, rasa hingga aroma. Bahan makanan matang yang biasa dimasukan ke dalam Freeze Dryer biasanya adalah olahan umbi-umbian, daging olahan dan juga olahan telur.

Jika bahan yang telah melewati proses freeze-drying ingin di pakai atau dikonsumsi harus di semprotkan air atau di tuangkan air terlebih dahulu. Tujuan pemberian air dikarenakan bahan yang melalui proses freeze-drying sangatlah rapuh dan mudah hancur, meskipun bentuknya terlihat seperti bahan-bahan yang normal pada umumnya. Jika bahan tersebut sudah diberikan air maka kelembaban pada bahan-bahan makanan kembali normal seperti sedia kala, bahkan hampir sulit dibedakan mana makanan yang dibuat menggunakan Freeze Dryer dan mana menggunakan bahan yang baru dibeli atau diolah. Karena setelah melewati proses freeze-drying maka kesegaran, rasa, warna dan aroma bahan makanan tidak ada yang berubah. Yang berubah dari bahan tersebut hanyalah teksturnya saja yang menjadi sedikit kasar dan mudah hancur karena unsur kelembaban pada bahan makanan tersebut sudah terserap pada proses vakum yang mana terjadinya sublimasi dan dihisapnya zat padat yang menjadi gas dan juga menaikan sedikit suhu untuk menghisap kelembaban pada bahan tersebut.

Dapat membeli alat ini di PT. Indotara Persada yang berlokasi di Millenium Industrial Estate Jl. Millenium 22 Blok R3 No. 1, Cikupa, Tangerang – Banten. Produk-produk dari PT. Indotara dapat di lihat langsung pada website https://www.indotara.co.id/ atau mendatangi showroomnya langsung. Harga yang disediakan PT. Indotara untuk produk-produk pendukung bisnis seperti Freeze Dryer juga sangat terjangkau. PT. Indotara menyediakan alat Freeze Dryer dengan brand ISOMAG yang merupakan brand yang sangat terkenal di negara-negara Asia terutama sebagai alat pendukung bisnis.

Jika ada yang ingin ditanyakan seputar produk Freeze Dryer bisa langsung hubungi;


Sales :
Hendrik Pratama Putra
081119226702
079@indotara.id