Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Pentingnya Cold Storage Dalam Ekspor Hasil Laut

Editor: Rosyid

Pentingnya Cold Storage Dalam Ekspor Hasil Laut

Berapakah penghasilan Negara Indonesia dari hasil lautnya? Tentu menjadi pertanyaan besar, karena Indonesia adalah negara yang terkategori sebagai negara kepulauan. Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) dan ITC Trademap, nilai ekspor produk perikanan Indonesia pada 2021 mencapai USD4,06 miliar atau tumbuh positif 6,92 persen dibandingkan pada 2020. Hasil laut Indonesia yang sangat melimpah membuat negara-negara asing tertarik akan hasil laut dari Negara Indonesia. Bahkan Amerika Serikat dan Tiongkok menjadi tujuan utama dalam mengekspor hasil kekayaan laut. Oleh sebab itu, pendinginan hasil laut sangatlah penting dengan tujuan mempertahankan kualitas dari hasil laut yang akan di ekspor. Karena jika ikan tidak dibekukan atau di beri es maka kandungan asam lemak pada ikan akan menurun, meningkatnya kontaminasi bakteri dan ikan menjadi lebih mudah busuk. Oleh sebab itu penggunaan es dalam pengiriman hasil sangatlah penting untuk menjaga kualitas tetap baik.

Cold storage adalah sebuah ruangan yang dirancang khusus dengan kondisi suhu tertentu yang mempunyai fungsi utama untuk mempertahankan mutu ikan hasil tangkapan nelayan dengan cara membekukan ikan hasil tangkapan nelayan atau menyimpan ikan yang telah dibekukan. Dalam melakukan ekspor keluar negara, maka Cold Storage menjadi alternatif untuk tempat meletakan ikan yang akan dikirim. Oleh sebab itu, banyak pengusaha hasil laut di Indonesia menggunakan Cold Storage untuk mengekspor hasil lautnya. Sudah cukup banyak perusahaan di Indonesia yang menyediakan alat pendingin Cold Storage, salah satunya adalah PT. Indotara.

PT. Indotara Persada adalah perusahaan yang saat ini menjadi salah satu distributor produk-produk pendukung bisnis yang sangat berkembang di Indonesia sejak tahun 2004. PT. Indotara menyediakan mesin Cold Storage dari Tomori yang merupakan produk Jepang dan di ekspor langsung dari Taiwan. Cold Storage dari Tomori menggunakan mesin-mesin utama yang berasal dari Eropa. PT. Indotara juga menyediakan spare part untuk para kostumer yang memerlukan perbaikan tanpa menunggu waktu yang lama untuk ketersediaan spare part. Selain kualitas dan ketersediaan sparepart, PT. Indotara juga menyediakan garansi dalam pembelian mesin Cold Storage. Garansi yang diberikan PT. Indotara untuk mesin Cold Storage Tomori mencapai satu tahun.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa harga dari mesin Cold Storage tidaklah murah. Oleh sebab itu, mempercayai mesin Cold Storage tidak bisa sembarangan karena jika terjadi banyak kendala bukan hanya biaya dari perbaikannya saja yang menjadi dampak kerugian namun terhentinya kegiatan ekspor akan menjadi dampak besar. Oleh sebab itu, PT. Indotara menjadi distributor tunggal untuk mesin Tomori di Indonesia demi menjaga kualitas dari produk pendukung bisnis. Produk-produk Tomori sudah di percaya oleh banyak negara di Asia, salah satunya adalah Indonesia. Oleh sebab itu, dengan membeli produk yang berkualitas seperti Tomori menjadi langkah yang baik dalam investasi untuk meningkatkan keuntungan.

PT. Indotara juga menyediakan banyak alat-alat pendukung bisnis yang berlokasi di Showroom Indotara, Millenium Industrial Estate Jl. Millenium 22 Blok R3 No. 1, Cikupa, Tangerang – Banten. Produk-produk dari PT. Indotara dapat di lihat langsung pada website https://www.indotara.co.id/ .