Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perawatan Kompressor Angin

Editor: Fiki
Perawatan Kompressor Angin
Halo para sahabat setia dari PT. Indotara Persada, pada kesempatan artikel kali ini kami akan membagikan sedikit tips mengenai "Cara Perawatan Kompressor Angin". Hal ini berguna bagi para teman - teman yang sudah menggunakan compressor angin atau bahkan belum dan ingin menggunakan compressor angin dalam membantu kegiatan produksi teman - teman, tentunya dengan kalian memahami "Cara Perawatan Kompressor Angin" maka akan memungkinkan pemakaian mesin yang lebih tahan lama dan awet. Mari kita bahas lebih lanjut.

1. Lokasi Penempatan Kompressor Angin

Point pertama yang menurut kami cukup penting adalah lokasi penempatan kompressornya itu sendiri, pastikan kalian meletakkan kompressor angin ini dilokasi yang seharusnya dan jauhkan dari jangkauan umum, letakkan kompressor angin di ruangan khusus dan hanya orang yang terlatih saja yang boleh mengoperasikan. Dengan kalian membuatkan ruangan khusus untuk mesin kompressornya, maka diharapkan kompressor terhindar dari debu atau kotoran lain.

2.  Pengecekan Tekanan Udara Di dalam Tabung

Point kedua yang harus teman - teman perhatikan juga adalah periksa indikator tekanan udara atau pressure gauge, hal ini berguna untuk mengetahui seberapa besar tekanan udara yang ada di dalam kompressor anginnya. Jika sudah melebihi, sebaiknya lakukan penyetelan otomatis nya. Hal ini bertujuan agar tabung penyimpanan udara tidak kelebihan muatan dan mengurangi resiko terjadi ledakan.

3. Membuang Sisa Angin Di dalam Kompressor

Setiap kali teman -teman sudah selesai menggunakan kompressor, buanglah sisa udara yang tidak dipakai, jangan dibiarkan sisa udara di dalam tabung masih ada. Perlu kalian ketahui juga bahwa udara yang terlalu lama diam di dalam tabung jika terkena udara malam bisa berubah menjadi embun.

4. Penggantian Oli Secara Berkala

Teman - teman wajib melakukan penggantian oli kompressor angin secara berkala sesuai dengan buku petunjuk servis secara teratur dan juga wajib gunakan oli yang disarankan. Sama hal nya seperti mobil atau motor yang menggunakan oli sebagai pelumasan mesin, kompressor angin pun juga pastinya membutuhkan oli sebagai pelumas seluruh bagian bergerak yang berfungsi untuk menghisap dan memampatkan udara. Dengan kalian melakukan penggantian oli secara teratur maka akan meminimalisir tingkat keausan komponen di dalam mesin kompressor

5. Jagalah Kebersihan Kompressor Angin

Bersihkan unit kompressor angin anda dari partikel debu agar ventilasi tidak mampat dan dapat melepaskan panas dengan baik. Menjaga kompresor angin anda tetap bersih dan tertutup dengan benar, tentunya hal ini akan berpengaruh pada suhu kompressor dan optimal dalam pengoperasian.

Berikut adalah tips dari kami untuk menjaga kompressor angin agar terhindar dari hal - hal yang tidak diinginkan dan penggunaan akan menjadi lebih awet dan aman kedepannya. Pemilihan tempat pembelian unit kompressor teman - teman juga harus dipertimbangkan kembali, pastikan teman - teman memilih distributor yang sudah terpecaya dan memiliki team aftersales dan penjualan sparepart yang lengkap. PT. Indotara Persada tentunya siap membantu dan memberi bimbingan tentang "Cara Perawatan Kompressor Angin" yang baik dan benar.