Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Tipe Kompresor Rotary

Editor: Rosyid
Tipe Kompresor Rotary
    Sesuai dengan namanya "Rotary" yang berarti putar, kompressor jenis ini pada dasarnya memiliki mekanisme putar pada sistem kerjanya dimana kompressor ini menggunakan rotor di dalamnya sebagai penggerak. Kompressor jenis rotary ini lebih banyak digunakan di industri karena biaya investasinya lebih rendah dimana kompressor ini lebih mudah dalam perawatan, lebih awet dan konsumsi listriknya lebih hemat. Selain itu dari segi bentuk kompressor ini lebih kompak sehingga getaran yang di hasilkan saat beroperasi kecil dan tidak berisik (noise rendah). Namun kompressor jenis ini memiliki kekurangan yang harganya relatif lebih mahal dibandingkan jenis torak dan apabila mengalami kerusakan sulit untuk diperbaiki. Kompressor ini beroperasi pada kecepatan tinggi dan mampu menghasilkan keluaran yang lebih tinggi daripada kompressor jenis torak, dimana daya yang digunakan ukuran 30 - 200 HP (22 - 150 kW). Kompressor rotary memiliki tiga macam tipe yaitu : Tipe Screw , Tipe Vane dan Tipe Scroll.


A. Tipe Screw
            Kompressor tipe Screw ini menggunakan dua buah screw/ twin screw (male dan female) yang berbentuk seperti rotor sebagai alat pengkompresinya. Male screw digerakkan dengan motor, sedangkan female screw bergerak berdasarkan gerakan male screw. Selain itu ada kompressor tipe screw yang menggunakan satu/ single screw dilengkapi dengan dua buah gate rotor (star gate) sebagai alat pengkompresinya. Secara umum kompressor jenis rotary twin Screw lebih banyak digunakan dalam sistem refrigerasi. Dimana prinsip kerja utama pengkompresian udaranya ialah menjebak refrigerant pada celah-celah screw dengan menyempitkan volume ruang.

B. Tipe Vane/ Blade (pisau)

            Kompressor rotary tipe Vane/ Blade dibagi dalam dua jenis yaitu Stationary Blade dan Rotary Blade. Kedua tipe ini dapat dibedakan dari cara kerja blade (pisaunya) saat beroperasi.

Stationary Blade

            Pada jenis stationary Blade (daun pisau tetap) terdapat sebuah pisau (blade) yang ditekan menggunakan pegas sehingga pergerakan maju mundurnya menekan roller yang berputar akibat perputaran poros di bagian dalam silinder.Lebih jelasnya tentang cara kerja kompressor jenis stationary blade (daun pisau tetap) ini dapat kita lihat pada gambar berikut :

    1. Gas refrigerant masuk melalui saluran hisap dan ditekan oleh roller yang bergerak ke bawah
    2. Roller berputar menggulung gas refrigerant bergerak menuju ke atas
    3. Gas refrigerant tergulung dan naik tekanannya menuju ke arah saluran tekan
    4. Gas refrigerant bertekanan menuju ke saluran tekan keluar dari tabung kompressor

Rotary Blade
            Pada kompressor jenis Rotary Blade ini pisau atau blade/vane ikut berputar akibat dari putaran poros rotor. Ujung poros rotor yang tidak terpusat menyebabkan roller bisa berputar dengan satu sisinya menyinggung/mengenai dinding bagian dalam dari silinder.

Pada kompressor jenis Rotary Blade ini terdapat dua buah blade/daun pisau atau lebih yang bergerak maju mundur pada alurnya masing-masing. Untuk memperjelas cara kerja dari kompressor Rotary Blade ini dapat kita lihat pada gambar beikut ini :

    1. Gas Refrigerant masuk dari saluran hisap
    2. Gas Refrigerant di dorong bergerak memutar ke bawah sesuai arah putaran daun pisau (Blade/vane)
    3. Gas refrigerant bertekanan menuju ke saluran tekan untuk keluar dari kompressor

C. Tipe Scroll
            Kompressor tipe Scroll menggunakan prinsip kerja menjebak gas refrigerant dan mengkompresinya dengan cara menyempitkan volume ruang refrigerant secara perlahan-lahan. Pengaplikasian kompressor tipe scroll biasanya ada pada sistem Heat Pump, AC Window, AC Split, Split Duct dan Water Chiller skala kecil. Pada kompressor tipe ini terdapat dua buah scroll yang dipasang berhadapan. Scroll yang berada dibagian bawah dinamakan stationary scroll, sedangkan yang berada dibagian atas dinamakan driven scroll. Stationary scroll merupakan scroll yang diam saat beroperasi, sedangkan driven scroll adalah scroll yang berputar akibat perputaran poros motor. Sekian pembahasan tentang jenis kompressor rotary berdasarkan cara kerjanya.