Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Kelebihan & Kekurangan CNC Equipment

Posted Date, 15 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Martin Agustian, S.T.

Kelebihan & Kekurangan CNC Equipment

Kelebihan & Kekurangan CNC Equipment - Mesin CNC. Kata CNC adalah singkatan dari "Computer Numerical Control" dalam bahasa Indonesia Computer Numerical Control, dan pengertian dari CNC adalah mesin ini adalah mesin yang digunakan dalam proses manufaktur, biasanya menggunakan kontrol dan peralatan mesin yang terkomputerisasi. Keuntungan terbesar adalah kecepatan proses produksi, sehingga sangat cocok untuk produksi massal.

Kelebihan Penggunaan Mesin CNC :

Penggunaan jangka panjang
Selain masalah perawatan dan beberapa kegagalan normal ( Human Error ) , mesin CNC dapat bekerja terus menerus tanpa istirahat. Untuk itu, penggunaan mesin ini akan meningkatkan tingkat produktivitas secara signifikan.

Tepat, Konsisten, Ekonomis
Mesin CNC yang diprogram dengan perangkat lunak komputer hanya membutuhkan satu waktu pemrograman untuk menghasilkan desain produk akhir yang dapat digunakan berulang kali. Mesin CNC mampu mereplikasi desain sebanyak mungkin dan semua hasilnya sempurna dan presisi. Hal ini tentunya lebih menghemat biaya produksi dibandingkan mesin konvensional.

Lebih sedikit pekerja
Karena mesin dikendalikan oleh komputer, lebih sedikit tenaga kerja yang dibutuhkan untuk mengotomatisasi. Alat mesin CNC yang bekerja sendiri seperti robot sebenarnya tidak membutuhkan banyak teknisi untuk mengawasi dan mengoperasikannya. Dengan cara ini, biaya produksi keseluruhan akan berkurang.
Fleksibilitas
Teknologi selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman, termasuk pemrograman pada mesin CNC. Jika Anda ingin menghasilkan barang yang berbeda, perangkat lunak di dalam mesin dapat dengan mudah diprogram ulang untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.
Kekurangan Penggunaan Mesin CNC :

Biaya
Dibandingkan dengan mesin manual, mesin CNC bisa dibilang jauh lebih mahal. Memang, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan jangka panjang yang sama besar, anda harus mengeluarkan banyak uang sebagai investasi di tempat pertama. Oleh karena itu, perlu menyiapkan dana yang solid dan mempertimbangkan apakah akan memutuskan untuk menggunakan mesin ini atau tidak.
Kehilangan keterampilan tertentu
Ketika penggunaan peralatan mesin CNC di industri menjadi lebih luas, efeknya adalah pengurangan tenaga kerja yang signifikan. Terutama bagian pengoperasian mesin manual, karena sudah diambil alih oleh komputer, sudah tidak diperlukan lagi. Dalam efek domino berikutnya, ada kemungkinan besar bahwa di masa depan siswa akan kurang tertarik mempelajari keterampilan ini dan dengan demikian tidak memiliki regenerasi. Hasilnya dapat diprediksi, keterampilan lama menghilang karena tidak dibutuhkan.

Baca Juga:

Pengangguran meningkat
Efek ini akan terjadi secara otomatis karena industri mulai mengurangi tenaga kerja dan hanya mempekerjakan sedikit orang. Bisa dibilang, masa depan tidak lagi membutuhkan operator mesin, tetapi spesialis perangkat lunak dan pemrograman komputer serta insinyur mesin. Dengan cara ini, pendidikan dan pelatihan pekerja harus disesuaikan dengan kebutuhan tersebut.
Bagaimana cara kerja mesin CNC?
Pada mesin CNC terdapat komputer yang mengolah gambar atau desain dari komponen yang akan dibuat. Gambar kemudian diubah menjadi program khusus yang kemudian dapat dibaca oleh mesin CNC. Setelah itu, mesin akan secara otomatis memproses produk jadi yang diinginkan.
      Salah satu kelebihan dari mesin itu sendiri adalah setiap program disimpan dalam memori komputer. Pemrogram yang bertanggung jawab kemudian dapat dengan mudah menulis kode dan mengedit program sesuai kebutuhan. Prosedur-prosedur ini dapat digunakan untuk bagian-bagian yang berbeda dan tidak perlu diulang-ulang.
      Mesin CNC dapat bekerja seperti robot, dan program yang kita masukkan sudah cukup.
      Oleh karena itu keuntungan dan kerugian menggunakan peralatan mesin CNC dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk kenyamanan Anda, temukan distributor yang menawarkan garansi dan layanan purna jual. Pastikan investasi yang Anda lakukan akan membuahkan hasil untuk Anda. Jangan sampai investasi malah memakan biaya material dan waktu.
      Untuk menghindari keraguan tersebut, pilihan Anda di Indotara sudah tepat. Indotara adalah pusat penjualan alat mesin CNC terbaik di Indonesia. Selama lebih dari 10 tahun, Indotara telah dipercaya untuk memenuhi kebutuhan peralatan industri banyak perusahaan swasta dan BUMN. Dengan sumber daya manusianya, Indotara mampu menawarkan harga yang kompetitif namun dengan kualitas yang lebih tinggi. Rasakan produk terbaik Anda bersama kami.


      Related Articles