PENTINGNYA PENDINGIN BANK DARAH
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PENTINGNYA PENDINGIN BANK DARAH

PENTING NYA FILTER UNTUK MESIN ES KRISTAL

PENTING NYA FILTER UNTUK MESIN ES KRISTAL
Kita pasti pernah mendengar tentang bank darah yang ada di rumah sakit, mendengar kata "darah" pasti anda merasa ngeri atau jijik, akan tetapi fungsi darah ini sangatlah penting. Fungsi utama darah adalah agar manusia dapat tetap hidup. Darah adalah komponen berbentuk cairan yang terdiri dari leukosit, eritrosit, trombosit, dan hemoglobin. Sel darah eritrosit adalah sel darah merah yang berfungsi untuk mengantar dan mengikat oksigen ke seluruh tubuh, apabila seseorang kekurangan sel eritrosit akan menderita anemia.
Sel darah leukosit adalah sel darah putih yang berfungsi sebagai sistem imun, juga dapat memusnahkan benda di dalam darah yang dianggap berbahaya seperti bakteri, virus, ataupun racun. Apabila manusia kekurangan sel ini maka manuasia akan menderita leukopenia sedangkan apabila kelebihan sel leukosit dapat menderita leukimia. Sedangkan sel trombosit berfungsi untuk mengatur pembekuan darah.

Baca Juga : MENGENAL COLD STORAGE

Di dalam susunan plasma darah juga ada bagian bagian nya yang terdiri dari air, protein, garam, albumin, imunoglobin, hormon, dan lain-lain.

Darah didapat dari hasil donor darah. Darah tersebut seringkali tidak langsung digunakan dan harus disimpan. Penyimpanannya punmemerlukan penanganan khusus, diantaranya:

donor darah

Baca Juga : BISNIS MINUMAN ES

  • Darah utuh/lengkap dan keping darah disimpan dalam suhu antara 20 derajat dan 24 derajat Celcius dan dapat tetap segar selama 24 jam sampai 5 hari. Sementara keping darah harus terus menerus dalam keadaan bergerak atau di goyang dengan alat yang di sebut petelet inkubator darah.
  • Sel darah merah disimpan di suhu antara 2 derajat dan 6 derajat Celcius. Sel darah merah miskin leukosit bisa disimpan 42 hari, sel darah merah miskin leukosit anak anak selama 35 hari, dan sel darah merah miskin leukosit cuci disimpan selama 28 hari.
  • Plasma darah disimpan pada suhu 25 derajat Celcius atau yang lebih rendah lagi dan dapat disimpan selama 12 bulan
    Plasma darah disimpan pada suhu 25 derajat Celcius atau yang lebih rendah lagi dan dapat disimpan selama 12 bulan.
  • Apabila darah dibekukan dengan nitrogen cair, darah dapat bertahan sampai 20 tahun, namun cara pembekuan darah ini sangat dihindari di dunia medis karena sulit untuk menggunakannya. Berbeda dengan darah segar, darah yang di bekukan membutuhkan waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam untuk mencairkan darah, dan yang bisa dipakai hanya 80 % nya saja.

Cara penyimpanan nya pun khusus, mesin pendingin yang digunakan harus mempunyai system khusus dan memiliki alarm yang dapat mengetahui suhu ideal untuk darah itu sendiri. Apabila terjadi kegagalan sistem pendingin harus segera dipindahkan. Pendingin yang digunakan pun harus benar-benar steril. Penyimpanan darah itu sendiri tidak boleh disusun bertumpuk atau berdesakan, melainkan harus tertata rapi.

Mesin pendingin untuk menyimpan darah sering disebut Blood Bank Refrigerator. Blood Bank Refrigerator yang digunakan harus benar-benar berkualitas. Suhu yang presisi juga merupakan suatu hal yang penting. Pilihlah Blood Bank Refrigerator yang berkualitas, jangan sampai darah yang disimpan menjadi rusak dan tidak dapat digunakan untuk menyelamatkan hidup orang lain.

Baca Juga : PENTINGNYA COLD STORAGE BAGI NELAYAN KECIL

“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"

Penulis: IMRON


banner tomori