Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Aksesoris Forklift Dan Fungsinya

Posted Date, 3 November 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Fikario Adiyuda, S.T.

Aksesoris Forklift Dan Fungsinya

Aksesoris Forklift Dan Fungsinya - Sejarah forklift pertama kali dimulai pada tahun 1906, ketika Pennsylvania Railroad Company memperkenalkan platform baterai truk sebagai alat transportasi barang. Dikenal sebagai forklift alias truk pengangkat, platform merupakan kendaraan alat berat yang banyak digunakan untuk mengangkut material. Bagaimana forklift beroperasi? Semua akan di jelaskan dibawah ini, simak secara detail agar mengerti semua sistem mengenai forklift.

Apa saja komponen forklift dan apa fungsinya ?

Bagian forklift

Garpu/Fork
Garpu adalah bagian utama dari forklift, yang berfungsi sebagai penyangga untuk memindahkan material. Bagian ini berupa dua buah besi lurus dengan panjang rata-rata 1-2,5 meter. Posisi barang yang diletakkan pada garpu menentukan beban maksimum yang dapat diangkat oleh forklift. Untuk ukuran garpu forklift dapat di request sesuai dengan kebutuhan Customer.

Sandaran/Carriage/Backrest
Ini adalah bagian pengaman untuk mengangkut atau mengangkat barang dalam pallet agar barang yang dibawa tidak jatuh ke belakang saat garpu dimiringkan.

Tiang/Mast
Bagian ini merupakan dua buah besi tebal yang berhubungan dengan sistem hidrolik forklift. Bagian ini digunakan untuk mengangkat dan memiringkan.

Penjaga di atas kepala/Overhead Guard
Pelindung di atas kepala melindungi pengemudi forklift dari barang yang jatuh dan cuaca yang tidak terduga, pelindung tersebut sangat dibutuhkan untuk safety.

Pengimbang/Counter weight
Bagian ini digunakan untuk menyeimbangkan beban pada forklift yang terletak di garpu, agar forklift tidak jatuh kedepan.


Baca Juga:


Berikut ini adalah jenis-jenis forklift berdasarkan transmisi yang digunakan:

Forklift transmisi otomatis
Secara umum, forklift otomatis lebih mudah dioperasikan daripada forklift manual. Operator hanya perlu menggerakan transmisi maju atau mundur, dan tinggal injak pedal gas, maka forklift akan bergerak. Cara pengoperasiannya sangat sederhana, seperti mobil automatic yang biasa di gunakan hanya menggunakan gas dan rem.

Forklift manual
Pedal forklift ini sama dengan pedal mobil pada umumnya, antara lain pedal gas, kopling, dan rem. Pengoperasian forklift ini lebih sulit daripada yang otomatis. Forklift manual tidak memiliki tuas maju dan mundur seperti forklift otomatis. Forklift jenis ini memiliki pegangan gigi dan tuas yang naik turun.

Pada prinsipnya forklift tipe otomatis dan manual memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama mampu digunakan untuk mengangkat dan memindahkan barang dengan kapasitas terntentu hingga ketinggian tertentu. Maksimal ketinggian standard biasanya 3 meter, namun tersedia juga dengan makimal ketinggian hingga 7 meter. Dari segi perawatan pun bisa dikatakan hampir sama antara forklift manual dan otomatis.

Forklift yang mampu diandalkan adalah forklift Bomac. Bergaransi 3 tahun atau 2000 jam kerja untuk hydraulic dan 1 tahun atau 1000 jam kerja untuk electrical. Bomac forklift bisa Anda dapatkan di PT. Indotara Persada.