Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Apa itu Pallet dan Bagaimana Menggunakannya?

Posted Date, 29 Oktober 2022

Editor: Rosyid

Penulis:  Andro Prasetio

Apa itu Pallet dan Bagaimana Menggunakannya?

Apa itu Pallet dan Bagaimana Menggunakannya? - Dalam bisnis industri maupun pengelolaan barang di gudang, keberadaan hand pallet dan stacker menjadi alat yang sangat membantu memudahkan dan mempercepat pekerjaan kita. Hal ini disebabkan karena banyak sekali barang-barang yang tidak mungkin pemindahannya menggunakan tenaga manusia. Sehingga, hand pallet dan stacker biasa digunakan untuk mengangkat, mengangkut, dan memindahkan benda dengan kapasitas ribuan kilogram. Alhasil, kedua alat tersebut dikategorikan sebagai warehouse equipment. Namun, tidak sedikit orang yang sering salah mengartikan kedua alat ini. Padahal, alat-alat ini memiliki kegunaan dasar yang berbeda. Dengan kata lain, kedua alat ini memang dirancang untuk memudahkan kegiatan pemindahan barang pada gudang namun secara pengoperasiannya sangat berbeda. Sehingga, perlu pembahasan maupun edukasi lebih dalam terkait perbedaan dasar dari kedua alat ini agar kedua alat ini dapat dioperasikan sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan yang ada. Mari kita kupas lebih dalam mengenai hand pallet terlebih dahulu.

Pallet ialah alat yang dirancang untuk dapat digunakan dalam kegiatan pemindahan barang dari titik awal ke titik akhir tanpa melakukan kegiatan peletakan barang pada suatu rak. Hand pallet terbuat dari komponen besi yang sangat tangguh dimana kapasitasnya dimulai dari ratusan hingga ribuan kilogram. Hand pallet pun dilengkapi dengan garpu dan sistem hidrolik dalam rancangannya untuk segala kegiatan pengoperasiannya. Cara kerja sistem hidrolik pada hand pallet menggunakan tenaga manusia dan ada yang menggunakan tenaga electric. Jika dengan menggunakan tenaga manusia, pengoperasian hidrolik pada hand pallet perlu dipompa dengan tenaga manusia, sedangkan tenaga electric dioperasikan oleh listrik ataupun penggunaan baterai.
Berikut adalah beberapa jenis hand pallet yang ada.

1. Hand Pallet (manual)
Pada tipe ini, pallet dioperasikan dengan menggunakan tenaga manusia. Mulai dari pengangkatan barang hingga bagaimana hand pallet dapat berjalan. Kapasitas berat yang dibebankan pun cukup beragam. Mulai dari puluhan hingga ribuan kilogram. Namun, pada umumnya ketinggian yang dapat dibebankan ketika pengoperasiaannya terbatas sebab masih menggunakan tenaga manusia.

2. Semi-Electric Pallet Truck
Hand Pallet dengan tipe ini bisa dikatakan adalah hand pallet tipe hybrid. Dimana penggunaannya menggunakan gabungan tenaga manusia dan tenaga electric. Tenaga manusia digunakan dalam pengoperasian bagaimana alat tersebut berjalan, sedangkan tenaga electric digunakan dalam sistem pengoperasian hidrolik pada hand pallet. User hanya perlu menekan tombol yang tersedia untuk dapat mengangkut barang tersebut. Hal ini dapat lebih memudahkan kegiatan pemindahan barang dibanding dengan pengoperasian menggunakan hand pallet.

3. Electric Pallet Truck
Hand Pallet dengan tipe ini adalah hand pallet yang paling memudahkan kerja user dalam mengoperasikan hand pallet untuk memindahkan suatu barang dari titik awal ke titik akhir. Seluruh pengoperasian alat ini ditenagai oleh tenaga electric. Pada umumnya, user hanya perlu menekan tombol yang tersedia untuk dapat menggerakan sistem hidrolik yang ada. Ketinggian angkatnya pun dapat diatur menyesuaikan medan yang ada sesuai keinginan user. Setelah barang telah berada pada garpu, user hanya perlu memberikan tekanan ataupun dorongan pada tuas yang ada. Electric pallet juga dilengkapi dengan sistem breaking yang dapat memberikan keamanan dalam pengopersiaannya.

Baca Juga:


Untuk membantu kemudahan dalam kegiatan pergudangan maupun stock chain, PT. Indotara Persada hadir memenuhi segala kebutuhan bisnis ataupun pekerjaan anda. Menyediakan alat berkualitas tinggi, garansi dan ketersediaan suku cadang orisinil hingga lebih dari 20 tahun, ketersediaan aftersales yang akan siap setiap saat, menjadi acuan dalam pemilihan investasi bisnis anda. Di samping itu, PT. Indotara Persada juga memiliki teknisi handal dan bersertifikat di bidangnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Hand Pallet dan barang lainnya, sila kunjungi website kami di www.indotara.co.id atau dapat mengunjungi kanal youtube kami PT. Indotara Persada.