Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Jenis-jenis Attachment Forklift

Editor: Rio
Jenis-jenis Attachment Forklift
Forklift attachment merupakan alat tambahan yang digunakan untuk membantu aktivitas angkat barang yang kompleks dan khusus, seperti Sideshifters, Double-Wide Sideshifters, Fork Positioners, Paper Roll Clamps, Rotator, Revolving Tyre Clamps, Sideshifting Tyre Clamps, Bale Clamps, Revolving Bale Clamps, Multi-Purpose Clamps, Carton Clamps, Drum Clamps, Push / Pull, Olecranon Drum Clamps, dan lain sebagainya.

Kegunaan dari bermacam clamp adalah attachment pengganti pallet dengan metode sistem menjepit benda/beban bawaan. Sebaliknya Attachment side shifters berperan/berfungsi sebagai alat penggerak garpu ke kiri dan kanan. Attachment rotator berfungsi supaya garpu mampu merotasi dan juga mengambil beban.

Meskipun fungsi beberapa attachment akan mempermudah dalam pekerjaan mengangkat beban berat  yang sulit apabila menggunakan fork/garpu biasa tetapi juga dapat menyebabkan bahaya apabila tidak paham penggunaannya, oleh sebab itu diperlukan kemampuan dan paham akan penggunaan attachment tersebut.

Beberapa attachment dan fungsi attachment antara lain sebagai berikut :

Sideshifters
Merupakan suatu attachment yang mampu menggeser Garpu ke kiri dan ke kanan yang dilengkapi dengan hidraulic cylinder.

Double-Wide Sideshifters
Attachment yang memiliki 2 Carriages di kiri dan kanan, dan setiap carriages memiliki Garpu yang juga berfungsi untuk mengangkat 2 pallet sekaligus. Kedua Carriages ini juga terpasang hydraulic cylinder yang juga berfungsi menggerakkan garpu ke kiri dan kanan.

Fork Positioners
Attachment ini sama juga berfungsi untuk menggerakkan garpu, hanya fungsinya berbeda dengan attachment Sideshifters. Attachment ini berfungsi memposisikan garpu terlihat buka dan tutup, tujuannya untuk menyesuaikan garpu dengan lubang pallet.

Paper Roll Clamps
Attachment ini berfungsi untuk menjepit dan mengangkat beban yang berupa Roll seperti Paper Roll. Attachment ini digerakkan menggunakan Hydraulic Cylinder yang berfungsi untuk buka dan tutup saat menjepit dan mengangkat beban.

Rotator
Attachment ini tambahan pada setiap attachment seperti pada attachment Fork, Clamps. Rotator ini berfungsi untuk merotasi attachment yang lain. Rotator ini mampu rotasi 360 derajat.

Revolving Tyre Clamps
Attachment ini berfungsi untuk menjepit dan mengangkat beban yang berupa ban. Ban yang diangkat tentunya tidak sedikit tergantung ukuran ban yang diangkat. Attachment ini juga dilengkapi dengan Rotator, sehingga membantu saat menyusun ban dengan posisi yang diinginkan. Attachment ini menggunakan Hydraulic Cylinder yang berfungsi untuk menjepit ban.

Sideshifting Tyre Clamps
Attachment ini juga merupakan attachment yang menjepit dan mengangkat beban berupa ban, hanya attachment ini tidak memiliki tambahan rotator tetapi dapat digerakkan ke kiri dan ke kanan tanpa menggerakkan forklift.

Bale Clamps
Bale clamp pada forklift memiliki fungsi/kegunaan untuk menjepit dan mengangkut berbagai beban. Beban yang dijepit/diangkat berupa beban yang bergelombang, logam, yang berbentuk bal, seperti kapas, wol serta material  berupa tekstil sintetik. Bukan itu saja, Attachment ini juga dipakai mengangkat beban berupa kertas koran, dus dan lainnya.

Revolving Bale Clamps
Attachment tambahan Bale Clamps yang berfungsi untuk merotasi 360 derajat saat menjepit mengangkat beban.

Multi-Purpose Clamps
Attachment ini berfungsi untuk menjepit dan mengangkat beban berupa karton. Dikedua sisi clamps memiliki karet hitam yang berfungsi membantu menahan beban supaya tidak tergelincir saat beban dijepit dan diangkat.

Drum Clamps
Attachment ini berfungsi untuk menjepit dan mengangkat beban berupa Drum. Attachment ini menggunakan Hydraulic Cylinder untuk membantu menjepit beban drum.

Push/Pull
Attachment ini berfungsi untuk mendorong beban dan menarik beban. Carriages pada alat ini bisa maju dan mundur, tujuannya untuk mendorong beban dan menarik beban. Attachment ini piston cylinder untuk membantu kinerja push/pull pada carriages.

Olecranon Drum Clamps
Attachment ini adalah tambahan yang dipasang pada garpu forklift secara manual. Cara memasang attachment ini juga mudah. Fungsi pada attachment ini untuk mengangkat beban berupa drum dengan cara menjepit bagian atas drum.

Attachment forklift yang lengkap dan berkualitas adalah merek BOMAC, dapatkan hanya di PT. Indotara Persada