Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

BAGIAN UTAMA DRILLING MACHINE

BAGIAN UTAMA DRILLING MACHINEDrilling Machine atau yang biasa disebut dengan mesin bor adalah suatu alat industri yang berfungsi untuk melakukan pengeboran atau pelubangan pada lembaran kerja dengan menggunakan alat pemotong yang berputar atau yang biasa disebut bor. Ada berbagai macam tipe mesin bor, diantaranya mesin bor tangan, mesin bor meja, mesin bor tegak, mesin bor radial, mesin bor lantai, mesin bor koordinat, dan mesin bor berporos. Dari berbagai macam tipe mesin bor tersebut, ada 8 bagian utama pada mesin bor, diantaranya:


Baca Juga :
DEFINISI PENGELASAN MENGGUNAKAN LAS MIG


MANFAAT GENSET DI INDONESIA


MESIN LAS BERKUALITAS

1. Dudukan (Base)

Dudukan atau base merupakan bagian yang menopang semua komponen pada mesin bor. Biasanya dudukan atau base berada di paling bawah dengan menempel ke lantai dan dibaut. Dalam pengeboran akan terjadi getaran, jika pemasangan dudukan atau base ini tidak kuat, maka getaran tersebut akan membuat keakurasian dalam pengeboran berkurang.

2. Tiang (Column)

Tiang atau column merupakan bagian yang berguna sebagai penyangga bagian-bagian pada mesin bor yang terlibat dalam proses pengeboran. Tiang atau column memiliki bentuk silinder dan memiliki rel atau alur yang berfungsi sebagai jalur pergerakan vertikal dari meja kerja.

3. Meja (Table)

Meja atau table merupakan bagian dari mesin bor yang berguna sebagai tempat peletakkan benda kerja yang akan dibor. Meja kerja dapat berputar ke kanan dan ke kiri dengan sumbu poros yang terdapat pada tiang atau column. Meja kerja juga dapat disesuaikan ketinggiannya secara vertikal, hal ini penting untuk menyesuaikan dengan pekerjaan yang dibutuhkan. Ada juga meja yang berbentuk lingkaran, meja ini dapat diputar hingga 360 derajat, porosnya berada di tengah-tengah meja. Meja kerja dilengkapi dengan table clamp atau pengunci. Table clamp atau pengunci berfungsi untuk mengunci atau menjaga posisi meja agar tidak bergeser dan agar posisinya tetap sesuai kebutuhan. Sedangkan untuk menjepit benda kerja digunakan ragum, ragum diletakkan di atas meja, hal ini agar benda kerja diam/tidak bergeser.

4. Mata bor (Drill)

Mata bor atau drill adalah salah satu alat yang penting dalam mesin bor. Mata bor atau drill berfungsi untuk membuat alur atau lubang yang efisien. Bor spiral adalah salah satau mata bor yang sering digunakan. Bor spiral memiliki daya hantar yang baik. Alur-alurnya yang berbentuk seperti sekrup menjadikan mata bor ini memiliki penyaluran serpih (geram) yang baik. Dengan menggunakan bor spiral, bidang potong serta sudut-sudut sayat dapat diasah tanpa mengubah diameter bor.

5. Spindle

Spindle merupakan bagian pada mesin bor yang menggerakkan pencekam atau chuck dan yang mencekam atau memegang mata bor.

6. Spindle Head

Spindle head adalah rumah dari konstruksi spindle.

7. Drill Feed Handle

Drill feed handle merupakan bagian pada mesin bor yang berfungsi untuk menekankan atau menurunkan mata bor dan spindle ke benda kerja.

8. Kelistrikan

Mesin bor menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya. Motor listrik harus dilengkapi dengan kabel penghubung, kabel power, sekring, saklar on/off, lampu indicator, serta saklar pengatur kecepatan.

Itulah beberapa bagian utama yang terdapat pada mesin bor. Penting untuk anda para pengguna mesin bor untuk mengetahui dan menguasainya.

 

banner percayakan indotara


Penulis: STEFANUS
Editor: IQBAL

banner orion




Related Articles