CARA KERJA MESIN REVERSE OSMOSIS
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

CARA KERJA MESIN REVERSE OSMOSIS

Cara Kerja Mesin Reverse Osmosis

CARA KERJA MESIN REVERSE OSMOSIS - Mesin Reverse Osmosis atau yang biasa disebut mesin RO merupakan suatu mesin yang umumnya digunakan untuk menyaring air agar terbebas dari kontaminan, mineral ataupun logam berat lainnya sehingga dapat membuat air mendekati murni sehingga air tersebut bisa menghasilkan output sesuai spesifikasi air yang dibutuhkan , dalam artian tersebut contohnya bisa untuk air langsung konsumsi , dan air untuk scalling mesin, ataupun tujuan lainnya.

Mesin Reverse Osmosis ini bila dilihat dari segi kapasitas produksi nya terbagi dalam 2 bagian yaitu type residential dan type industrial. Akhir-akhir ini seiring berkembangnya zaman sudah banyak juga perumahan-perumahan yg sudah sadar akan kepentingan air bersih dengan cara menginstalkan mesin Reverse Osmosis ini untuk kebutuhan konsumsi mereka.

Maka dari itu untuk menambah sedikit pemahaman terkait cara kerja mesin Reverse Osmosis ,berikut kita jabarkan secara singkat terkait bagaimana cara kerja mesin Reverse Osmosis tersebut dapat menyaring dan memurnikan air.

Cara Kerja Mesin Reverse Osmosis

Pertama, air akan melewati beberapa filter terlebih dahulu yaitu untuk step 1 umumnya air akan melewati dulu spun filter dimana disana air akan disaring kandungan partikel padat nya seperti tanah, pasir, lumpur, dan debu.

Selanjutnya, di step 2 air akan melewati filter granular carbon yang berfungsi untuk menyaring klorin, sedimen, senyawa organik yang mudah menguap, warna, bau, dan rasa dari air tersebut. Seterusnya ia akan masuk ke tahap step 3 dimana air tersebut akan difilter sekali lagi oleh carbon filter untuk lebih menegaskan lagi material2 yang ada di step 2 tersaring dengan baik.

W3.CSS

 

3. Biaya yang Dikeluarkan Lebih Ekonomis

Biaya ekonomis

Lalu setelah itu air akan masuk dalam step 4 dimana ini merupakan tahapan paling penting dalam cara kerja mesin Reverse Osmosis. Air tersebut akan masuk dalam Reverse Osmosis membrane. Reverse Osmosis membrane ini mampu menyaring partikel dalam air hingga yang berukuran 0.0001 mikron. Dikarenakan ukuran dari pori-pori membrane Reverse Osmosis yang sangat kecil ini sehingga hanya membuat air murni saja yang dapat masuk melewati pori pori tersebut, yang dalam bahasa kimia biasa kita kenal H2O (Hidrogen Dioksida).

Cara Kerja Mesin Reverse Osmosis

Air merupakan salah satu cara untuk membuang racun-racun dari dalam tubuh. Dimulai dengan menggunakan air yang lebih murni atau bersih, karena air yang murni atau bersih memiliki kemampuan yang lebih besar untuk mengambil dan membersihkan benda-benda beracun dari dalam tubuh kita.

 

Cara Kerja Mesin Reverse Osmosis

Setelah melalui Reverse Osmosis membrane biasanya air akan difilter sekali lagi dalam filter post carbon untuk benar- benar dipastikan sekali lagi klorin, sedimen, senyawa organik yang mudah menguap, warna, bau, dan rasa dari air tersebut tersaring. Walaupun teknologi Reverse Osmosis ini sudah tidak diragukan lagi kemampuannya untuk memurnikan air baku, tetap saja sebuah sistem Reverse Osmosis harus secara berkala dibersihkan untuk mencegah terbentuknya kerak di permukaan membrane.

 

Editor : Rio A


Related Articles