CARA MENGHILANGKAN BAKTERI DARI DALAM AIR
Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

CARA MENGHILANGKAN BAKTERI DARI DALAM AIR

CARA MENGHILANGKAN BAKTERI DARI DALAM AIR - Air bersih sangat penting bagi kesehatan dan kelangsungan hidup manusia, hewan, juga tumbuhan yang ada di Bumi. Namun sayangnya air juga dapat mengandung kotoran dan pathogen seperti virus, bakteri. Bila kita salah meminum air yang tercemar kita akan rentan terserang penyakit seperti diare, tifus dan hepatitis.

Bakteri

Air juga zat yang sangat rentan dicemari oleh bakteri, kuman serta berbagai jenis virus. Jika kita gunakan air yang sudah tercemar untuk memasak, mandi, mencuci dan bahkan untuk minum hal ini sangat berbahaya bagi  kesehatan tubuh kita jika digunakan dalam waktu yang lama. Kita juga harus perlu tau ternyata banyak sekali kotoran yang terkandung dalam air .

 

Bakteri sendiri tidak dapat dilihat secara kasat mata dan untuk mengetahui adanya bakteri dalam air minum biasanya kita harus teliti di laboratorium. Dan untuk melakukan penelitian biasanya dinas atau pihak terkait  akan mengambil sampel air yang biasa di gunakan .

Kebutuhan paling utama pada tubuh manusia adalah Air dan 70% berat tubuh manusia terdiri oleh air. Oleh karena itu pentingnya air bersih untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Berikut adalah langkah-langkah atau cara untuk menghilangkan kuman dan bakteri sehingga membuat air menjadi bersih serta aman dari bakteri berbahaya:

1. Rebus Air Hingga Mendidih

Air yang di masak hingga mendidih juga merupakan cara mudah yang dapat memberikan rasa aman pada air karena kuman dan bakteri yang terkandung di dalamnya dapat mati dengan cepat. Dan air rebusan yang biasa kita minum pastilah sangat aman apalagi air tersebut kita rebus sendiri. Lama waktu yang digunakan untuk merebus atau memanaskan air biasanya dibutuhkan adalah berkisar 10-20 menit agar semua bakteri/kuman yang hidup dalam air akan mati.

Untuk merebusnya sendiri biasanya kita pasti menggunakan bahan bakar seperti kayu bakar, gas dan bahan bakar sperti minyak. Dan ini butuh waktu yang lama dan memerlukan biaya yang lumayan.

2. Menggunakan Penjernih Air atau Zat Pemutih

Cairan penjernih air dapat di beli atau di dapatkan di apotik atau toko material yang biasa kita jumpain. Cairan ini biasa di gunakan untuk penelitian maupun dalam rumah tangga yang biasa di pakai untuk tambahan penjernih air. Cara ini juga mampu untuk membunuh bakteri dan kuman yang terkandung di dalam air, Namun cara ini memiliki efek samping atau pengaruh terhadap air yang kita campurkan cairan yaitu menimbulkan rasa air yang kurang sedap dan tidak enak pada air seperti rasa pahit.

3. Penyulingan Air Alami

Cara ini biasa digunakan dengan membutuhkan beberapa alat maupun benda-benda alami sperti batu , kerikil, ijuk, sabutkelapa, dan juga pasir halus serta diperlukan juga wadah untuk menyusun filter dan tempat untuk penampung air . Bahan tersebut akan kita susun sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan air yang jernih dan sehat.

Tapi untuk penyaringan air dengan cara seperti ini hanya dapat memberikan dan menghasilkan air yang bersih dan sehat. Namun belum tentu semua dapat kita konsumsi secara bertahap, karena bakteri dan virus yang ada didalam air tidak dapat mudah kita hilangkan.

4. Menggunakan Bahan-bahan kimia

Untuk yang sering menggunakan penampung air sebagai kebutuhan sehari-hari ada baiknya menggunakan beberapa bahan kimia yang khusus mampu menghilangkan virus dan kuman yang terkandung di dalam air.

5. Filter Air (saringan air ) dan Sinar UV

Cara ini merupakan cara terbaik dan aman untuk memberikan rasa aman pada air yang ingin kita konsumsi setiap hari,karena filter mampu mensterilisasikan air dari bakteri dan mikroorganisme. Sinar UV ( Ultraviolet ) mampu membunuh mikroorgsnisme dan bakteri yang berbahaya bagi manusia. Dengan adanya dua hal ini dapat lah mampu memfilter zat-zat berbahaya.

Biasanya metodi ini digunakan depot-depot air isi ulang yang ada di sekitar tempat tinggal kita karena penggunaan yang mudah dan ini hanya membutuhkan peralatan khusus sperti Filter air dan penggunaan sinar UV (Ultraviolet ). Oleh karena itu dengan menggunakan filter sperti ini sangat cocok untuk rumahan maupun industrial.

Editor: Rio Arfiansyah


Related Articles