Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Cara Merawat Forklift Diesel Bomac Dengan Benar

Posted Date, 16 Maret 2023

Editor: Rosyid

Penulis: Fikario Adiyuda, S.M.

Cara Merawat Forklift Diesel Bomac Dengan Benar
Cara Merawat Forklift Diesel Bomac Dengan Benar - Forklift sangat membantu dalam proses pengangkatan berbagai benda berat. Namun, agar forklift awet dan mampu digunakan dalam jangka panjang, perlu dirawat dengan baik. Mengingat harga atau investasi awal yang mahal dan membutuhkan anggaran yang besar, maka perlu dilakukan pemeliharaan untuk mempertahankan umur unitnya. Berikut cara merawat forklift dengan benar.

Apa itu forklift?
Forklift adalah alat yang digunakan untuk mengangkat, memindahkan dan menurunkan benda berat dari satu tempat ke tempat lain. Benda yang diangkat adalah benda yang sulit atau terlalu berat untuk diangkat oleh tenaga manusia. Pengoperasian forklift dapat dilakukan di dalam maupun di luar ruangan, seperti bongkar muat kargo di pelabuhan, gudang, pabrik, ekspedisi, supermarket, dll.

Cara merawat forklift

1. Lumasi bagian forklift yang bergerak aktif dengan oli/pelumas
Alat angkut berupa forklift ini memiliki komponen-komponen yang aktif bergerak secara terus menerus selama bekerja atau beroperasi. Bagian dari forklift yang selalu aktif bergerak adalah bagian rantai dari mast. Oleh karena itu usahakan agar sambungan yang sering berpindah-pindah tidak kering, karena gesekan yang terjadi selama penggunaan forklift akan berdampak buruk pada kinerja forklift jika sambungan forklift dalam keadaan kering.

2. Periksa bahan bakar dan cairan lainnya secara teratur.

Selain bahan bakar, mesin forklift membutuhkan cairan atau oli jenis lain untuk membantu kerja mesin pada forklift. Oleh karenanya maka pastikan cairan tersebut selalu ada dan cukup memadai dengan cara diperiksa secara teratur dan berkala agar tidak kehabisan selama proses pemakaiannya. Beberapa cairan seperti oli hidrolik, oli mesin, pelumas untuk mast, dll.

3. Periksa untuk memastikan instrumentasi forklift berfungsi dengan baik.
Fungsi dari forklift gauge pada dashboard adalah untuk memberikan indikasi ketika bagian tertentu dari mesin forklift mengalami kerusakan atau tidak berfungsi. Oleh karena itu, penting untuk secara teratur memeriksa dan memastikan bahwa bagian-bagian peralatan ini berfungsi dengan baik sehingga kerusakan pada bagian lain juga dapat diidentifikasi dan ditangani dengan benar, kalau terlambat di tangani dapat mengakibatkan kerusakan forklift dan harus maintenance besar.

4. Pastikan ban forklift dalam kondisi baik.
Ban pada forklift juga memiliki peran penting yang akan mempengaruhi kinerja forklift, sehingga perlu dipastikan bahwa tekanan udara pada ban cukup dan seimbang. Hal ini penting untuk menjaga beban dalam keadaan stabil. Dengan cara ini, tenaga yang dikeluarkan oleh forklift juga stabil. Banyak orang tidak terlalu memperhatikan ban forklift, padahal ban forklift termasuk hal krusial karena menjadi kaki untuk forklift tersebut, jikalau kakinya bermasalah maka saat forklift tersebut berjalan dapat dipastikan tidak akan berjalan dengan mulus seperti yang di harapkan.

Forklift terbaik adalah merek BOMAC, dapatkan hanya di PT. Indotara Persada.