Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Cara Pemeliharaan Wheel Loader yang Tepat Agar Mesin Selalu Prima

Editor: Rosyid
Cara Pemeliharaan Wheel Loader yang Tepat Agar Mesin Selalu Prima
Pemeliharaan dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemeliharaan menjadi hal dasar yang perlu diketahui oleh user maupun operator Bomac Wheel Loader karena dapat membuat Wheel loader menjadi lebih awet dan menjaga performa mesin agar selalu prima. Rekomendasi yang dapat saya berikan ialah perawatan maupun daily checklist sebelum menghidupkan mesin, saat sedang memanaskan mesin, selama pengoperasian mesin hingga mesin dimatikan. Berikut adalah tahapannya.

Pemeriksaan awal
Pemeriksaan sebelum memulai harus yang paling menyeluruh. Memeriksa wheel loader  sebelum Anda mulai membantu menentukan apakah ada komponen yang rusak, komponen yang longgar atau aus, kebocoran cairan, atau masalah lainnya. Sangat disarankan juga jika hal-hal tersebut menjadi checklist harian operator, seperti:

• Tekanan Ban dan tekstur ban
• Komponen yang longgar, aus atau rusak
• Seatbelt dan dashboard features
• Sambungan baterai
• Kebocoran oli atau cairan pendingin
• Oli mesin dan oli levelnya
• Melumasi mesin sesuai SOP pabrik
• Memastikan spion disesuaikan dengan jarak pandang dan jendela selalu bersih

Selain itu, operator juga perlu memastikan filter-filter yang ada dalam keadaan bersih dan tingkat performa mesin saat sebelum, sedang, dan sesudah digunakan. Pencatatan hour meter pun tak kalah penting sebelum unit digunakan.

Memanaskan Unit
Membiarkan mesin bekerja selama 5-10 menit saat dihidupkan bahkan di tengah hujan dan panas memungkinkan tekanan oli untuk mengalir dan menghaluskan lorong mesin yang bergerak. Pemanasan juga memungkinkan sistem pendingin mencapai suhu operasi yang tepat. Namun, matikan dan coba temukan masalahnya jika Anda mendengar sesuatu yang tidak biasa saat mesin dalam keadaan dipanaskan. Setelah dipanaskan, pastikan tangki bahan bakar penuh dan indikator bahan bakar bekerja. Pastikan juga sistem kelistrikan sedang diisi, dan tekanan serta temperatur oli sama-sama terbaca di zona aman. Sebagai langkah terakhir sebelum mulai bekerja, uji ketebalan dan pindahkan bucket melalui urutan pengoperasian normal.

Saat Unit Beroperasi
Pastikan untuk selalu memperhatikan kinerja mesin selama pengoperasian; dengarkan suara-suara yang tidak biasa, periksa semua indikator dan waspadai setiap perubahan yang muncul pada dashboard pengemudi. Mempertahankan kapasitas bucket yang tepat, menghilangkan beban berlebih pada alat berat dan mengontrol tumpahan muatan dari bucket untuk meminimalkan kerusakan ban. Memaksakan terlalu banyak muatan ke dalam bucket dapat menyebabkan kerusakan pada ban, waktu siklus yang lebih lambat, dan konsumsi energi yang tinggi.

Pematian Unit Secara Rutin
Parkirkan Wheel loader di posisi tanah, turunkan bucket ke tanah dan gunakan rem parkir. Biarkan mesin Anda dalam keadaan stand-by selama sekitar 3-5 menit sebelum mesin dimatikan untuk mendinginkan daya turbo terlebih dahulu. sebagaimana mestinya. Setelah Anda mematikan, catat hour meter pada dashboard untuk pemantauan maintenance berkala selanjutnya serta mengeluarkan kotoran , dan dengan mengisi tangki bahan bakar untuk meminimalkan ancaman kondensasi di dalam tangki.

Nantikan ulasan tips dan trik pemeliharaan rutin wheel loader lainnya beserta pricelist produk alat berat lainnya di www.indotara.co.id dan melihat video review serta pengiriman unit kami pada kanal youtube kami PT. Indotara Persada.