Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Dock Leveler Membuat Aktivitas Bongkar Muat Menjadi Cepat

Editor: Fiki
Dock Leveler Membuat Aktivitas Bongkar Muat Menjadi Cepat
Dock leveler ialah sebuah alat yang dapat menjembatani jarak antara kendaraan pengangkut barang dengan pintu warehouse, yang bertujuan untuk mempermudah proses pemindahan barang dari kendaraan pengangkut ke dalam tempat penyimpanan barang tersebut, ataupun sebaliknya.

Dock Leveller dapat digunakan untuk menjembatani kesenjangan antara dermaga pemuatan dan kendaraan. Pada bagian Bibir Dock Leveller akan bergerak naik atau turun untuk menyesuaikan dengan ketinggian dari kendaraan tersebut.

Berikut Fitur yang dimiliki :

  1. Sistem Heavy-duty hydraulic dengan kekuatan optimal dan silinder berkualitas tinggi dari produsen terkemuka.
  2. Desain kemiringan yang dapat bertahan untuk kondisi pemuatan yang tidak merata.
  3. Rentang kerja secara standar +/- 12″ (+/- 300 mm) atas/bawah, dapat disesuaikan jika perlu, misalnya untuk kendaraan yang lebih tinggi atau area loading yang rendah.
  4. Design Fail-Safe yang aman.
  5. Kotak Kontrol IP 55 yang tahan air.
  6. Tersedia toe guards dalam jarak standar.
  7. Dilengkapi dengan satu set moulded rubber dock bumpers sebagai standar.
  8. Penopang Heavy-duty I-beam di bawah dek memastikan struktur yang tinggi.

Macam-macam Dock Leveler :

1. Dock Leveler Swing Lip

Merupakan dock leveller jenis standar yang sangat umum digunakan. Ketika tombol ditekan, platform dock leveller ini akan bergerak naik dari posisi awal. Pada titik tertinggi, plat bibir akan mengayun keluar. Ketika tombol akan dilepaskan, maka platform dan bibir tersebut akan bergerak turun secara otomatis untuk menyamakan ketinggian kendaraan dengan posisi sama rata.

Ketika proses pembongkaran atau pemuatan barang, pergerakan kearah atas dan bawah dengan suspensi pada kendaraan tersebut akan mengikuti secara otomatis. Lalu, setelah proses bongkar muatan barang selesai, tekan tombol agal mengembalikan dock leveller pada posisi semula.

2. Dock Leveler Teleskopik

Dock leveller yang satu ini sangat memaksimalkan pemakaian tempat di dalam kendaraan. Pada tipe ini yaitu merupaka dock leveller model paling terbaru yang cara pengoperasian nya menggunakan hidrolik secara elektrik. Sistem pengoperasian itu sendiri diatur oleh 4tombol yang berbeda pada kotak panel sehingga dock leveller dapat diposisikan lenih akurat.

Cara pengoperasian nya, ketika tombol itu ditekan, platform dock leveller ini akan bergerak naik dari posisi awal untuk mencapai ketinggian kendaraan. Lalu, tekan tombol plat bibir agar menggeser plat bibir keluar sehingga berada dalam kendaraan.

Dan pada saat tombol dilepaskan, maka platform dan bibir akan turun secara otomatis menyamakan ketinggian kendaraan. Setelah itu, tekan tombol yang bersimbol “R” agar dapat mengembalikan dock leveller pada posisi semula.

3. Dock Leveler 60kn

Jenis dock leveller model terbaru yang pengoprasian nya menggunakan hidrolik secara elektrik, dilengkapi dengan plat bibir. Pada bagian platform atas dan juga bibir dapat dioperasikan dengan alat hidrolik. Dioperasikan menggunakan satu tombol. Setelah tombol tersebut ditekan, platform pada dock leveller ini akan bergerak naik dari posisi semula. Pada titik tertinggi, plat bibir akan mengayun kearab luar.

Ketika tombol dilepaskan, maka platform dan bibir akan bergerak turun otomatis untuk menyamakan ketinggian pada kendaraan.  Setelah itu, saat bongkar muat barang berlangsung, pergerakan dari atas dan bawah suspensi pada  kendaraan akan mengikuti secara otomatis.

Kemudian setelah menyelesaikan kegiatan bongkar muat barang, kamu dapat menekan tombol untuk mengembalikan dock leveller pada posisi semula. Dock Leveller Loading System diproduksi dengan memenuhi kriteria standar keselamatan Eropa.

4. Dock Leveler 232 JNG

Dock leveller yang jenis ini menggunakan hidrolik dengan bibir teleskopik yang dapat mengayun agar menyesuaikan posisi yang dibutuhkan. Dapat dioperasikan dengan satu tombol.

Ketika tombol ditekan, platform tersebut akan bergerak naik hingga posisi maksimal. Ketika tombol dilepas, platform dan bibir teleskopik akan otomatis turun hingga menyentuh bagian kendaraan pada penempatan yang tepat. Pada saat bongkar muat barang berlangsung, pergerakan bagian atas dan bawah suspensi pada kendaraan akan mengikuti secara otomatis.

Setelah  proses bongkar muatan barang, menekan tombol "R” agak dapat mengembalikan dock leveller pada posisi semula.

5. Dock Leveler 233 JNG

Jenis dock leveller generasi terbaru dengan plat bibir teleskopik yang dapat bergerak menggeser. Mempunyai fitur yang material nya sangat kokoh dan juga kuat. Dioperasikan menggunakan empat tombol.

Pergerakan platform dan bibir teleskopik dapat dikontrol secara terpisah sehingga dock leveller juga dapat bergerak secara akurat dan diatur pada posisi tergantung yang dibutuhkan. Setelah menyelesaikan kegiatan bongkar muat barang, lalu tekan tombol “R” untuk mengembalikan dock leveller pada posisi semula.