Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Dumper Truck Beserta Fungsi Dan Pengertiannya

Editor: Rosyid
Dumper Truck beserta fungsi dan pengertiannya
Dumper Truck beserta fungsi dan pengertiannya

Apakah Anda mengetahui apa itu Dumper Truk? Berikut penjelasan singkat mengenai pengertian tentang Dumper Truck beserta  jenis, fungsi dan ukurannya yang masuk dalam kategori alat berat.

Sehingga pada penggunaan alat-alat berat sebagai pekerjaan konstruksi atau perkebunan yang bersekala menengah keatas maupun sekala besar, tentunya  lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan  melakukan pekerjaan secara manual. Untuk mendistribusikan alat-alat berat ke lapangan supaya bisa membantu proses pekerjaan yang lebih mudah dan mengutungkan waktu, maka dibutuhkan alat berat lainnya untuk mengangkut material yang sedang dikerjakan.

Dumper Truck adalah alat bantu angkut yang digunakan untuk mempermudah proses perpindahaan material dari satu titil A berpimdah titik B. Fungsi dan manfaat penting dari kendaraan dumper truck ini biasanya dgunakan mengangkut material seperti buah sawit, batu, kerikil, pasir dan hasil tambangan atau perkebunan lainnya.Jadi manfaat penggunaan kendaraan dumper truck ini sangat banyak seperti memudahkan ketika proses menurunkan muatan maupun proses memindahkan, sehingga penggunaan unit ini sangat cocok khususnya industri perkebunan seperti perkebunan  kelapa sawit yang saat ini sering menggunakan alat dumper truck tersebut sebagai alat bantu memindahkan hasil panen dari perkebunan.

Dumper truck memiliki ciri khas dengan adanya piranti atau komponen pembantu pada hidrolik bagian bawah bak dalam posisi tidur, dan belakangnya yang memungk8nkan terdapat muatan yang dibawa bak untuk memindahkan serta menurunkan melalui belakang dumper truck sesuai lokasi pengiriman.

Dibekali dengan system hidrolik yang berfungsi sebagai memindahkan daya menggunakan media penghantar dari tekanan pada oli hidrolik, sehingga menghasilkan tekanan yang dapat memberi tekanan ke piston pada hidrolik silinder dan biasanya komponen pompa hidrolik ini tersambung pada katup pengontrol yang terhubung pada bagian tuas hidrolik yang berada bagian kabin pengemudi.

Selain pompa hidrolik terdapat juga selang dan pipa hidrolik, kedua komponen - komponen ini berfungsi mengalirkan oli hidrolik berteknan ke bagian seluruh pompa silinder, umumnya komponen

Kedua ini sangat lah penting serta dibuat material yg khusus sehingga ketahanan material tersebut mampu bertahan pada tekanan tinggi yang di hasilkan dumper truck tersebut.

Meskipun secara umumnya  dumper truck ini memiliki perbedaan dengan truk jenis lainnya, tetapi pada dumper  truck terdapat tuas penggerak hidrolik yang digunakan sebagai menaik turunkan bak pada dumper truck.Serta pengemudi perlu dan wajib berlatih mengenai cara penggunaan dumping yang aman, karena kesalahan sepele atau kesalahan human error dapat berakibat fatal dan berdampak pada muatan truk beserta pengemudi itu sendiri.

Kesimpulan
Dumper Truck merupakan alat bantu angkut atau alat berat yang sering digunakan sebagai truk pengangkut material dari berbagai alat konstruksi bangunan maupun perkebunan. Itulah penjelasan mengenai dumper truck yang meliputi pengertian, cara kerja dan jenis-jenisnya.