Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Dumper Untuk Kebutuhan Pertanian

Posted Date, 17 Maret 2023

Editor: Rosyid

Penulis: Adi Hermawan

Dumper Untuk Kebutuhan Pertanian
Perkebunan dan pertanian saat ini mulai menggunakan alat-alat yang lebih modern. Bukan tanpa sebab, perubahan ini harus dilakukan selain karena permintaan pasar yang tinggi juga adanya kompetisi. Contoh yang paling terlihat adalah dalam hal mengangkut hasil panen. Dahulu para petani menggunakan bantuan hewan ternak seperti sapi atau pun kerbau untuk membawa hasil pertanian, tapi sekarang tidak lagi. Para petani lebih memilih “dumper”.

Apa itu Dumper?

Dumper adalah jenis kendaraan bermotor yang digunakan untuk memindahkan material di sekitar lokasi konstruksi. Kebanyakan dumper adalah kendaraan beroda empat bertenaga diesel. Bentuk dumper terdiri atas pengemudi yang duduk di bagian belakang kendaraan, sedangkan wadah bahan berada di bagian depan. Namun  ada juga dumper yang mana posisi pengemudi berada di depan dan wadahnya berada di belakang. Pada dasarnya cara kerjanya sama. Hanya saja sedikit berbeda bentuk. Sebuah dumper,  menggunakan tata letak terbalik dan biasanya tidak memiliki kabin tertutup untuk pengemudi. Bagian depan dumper yang dapat memuat bahan disebut bucket. Bucket ini dapat bergerak menggunakan tenaga motor listrik, hidrolik, atau beroperasi secara manual. Bucket ini biasanya dapat mengarah ke depan sehingga bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dapat dibuang, dari situlah kendaraan mendapatkan namanya. Kebanyakan bucket miring ke depan untuk membuang material, meskipun beberapa tersedia yang dapat mengangkat material ke atas sebelum membuang atau  memutar dari sisi ke sisi.

Dumper juga bisa menyerupai front loader, yang merupakan jenis lain dari traktor. Tidak seperti front loader, dumper biasanya tidak dapat berfungsi untuk mengumpulkan material. Sebagai gantinya, puing-puing konstruksi atau barang-barang lainnya ditempatkan ke dalam loncatan oleh mesin lain.

Apakah duper hanya digunakan untuk pertanian dan perkebunan?

Tentu saja tidak. Dumper juga digunakan untuk :
- Konstruksi
- Infrastruktur (jalan, jembatan terowongan, bendungan, bandara dll)
- Layanan Musim Dingin
- Industri Pertambangan

Dumper dapat sangat bervariasi baik dalam ukuran maupun kapasitas, ukuran tempat bucket akan menentukan jumlah material yang dapat diangkut, meskipun berat muatan dan tidak hanya volumenya, harus diperhitungkan. Saat mengangkut sangat bahan berat, tempat tidur mungkin tidak terisi penuh.

Sudah jelas bahwa dumper sangat berguna baik untuk perkebunan atau pun pekerjaan lain. Untuk itu Indotara Persada menyediakan dumper berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan  para pelanggan. Mulai mini dumper, site dumper, crawler dumper hingga multi puprpose vehicle.

Temco dumper merupakan merek terpercaya akan kualitas tinggi dan kinerja yang sangat stabil yang telah berdiri selama 30 tahun. Temco sekarang secara intensif menetapkan tingkat layanan dan kualitas produk yang tingg, sebagai distributor tunggal Temco Dumper, Indotara Persada siap melayani kebutuhan anda. Jangan ragu untuk memilih karena Indotara Persada bukan hanya melontarkan janji tetapi kualitas terbaik untuk para pelanggan.