Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Efektifitas Warehouse Menggunakan Class Scale Pallet Truck

Posted Date, 17 Maret 2023

Editor: Rosyid

Penulis: Andro Prasetio, S.Pd

Efektifitas Warehouse Menggunakan Class Scale Pallet Truck
Efektifitas Warehouse Management System Menggunakan SHIGEMITSU Heavy Duty Class Scale Pallet Truck with Printer Series: PK Series Type: PKC6-II.

Warehouse management sangat diperlukan sebagai upaya dalam mengatur tingginya flow permintaan akan suatu barang dari pihak pembeli kepada pihak penyedia barang. Sehingga, dibutuhkannya system pengendalian persediaan yang bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam menggerakkan bisnis maupun kegiatan operasional internal. Berikut adalah proses masuk dan keluarnya barang pada gudang.

Entry processing
Dalam tahap ini barang akan diterima dan disimpan di dalam gudang setelah melalui dan lolos pendataan dan pemeriksaan. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam memastikan bahwa tiap barang yang akan masuk memiliki kualitas baik dan bebas dari cacat. Barang pun selanjutnya akan dikemas dan dijaga kualitasnya selama masa penyimpanan dalam waktu tertentu.

Plotting and slotting
Tiap barang yang disimpan di dalam gudang akan mengalami plotting dan slotting yang dimana bertujuan untuk memudahkan tim gudang dalam mengambil dan menyimpan suatu barang. Seringnya, barang fast moving atau barang yang memiliki nilai jual-beli yang cepat akan di-plotting dan slotting di area dengan akses pengambilan paling mudah dan cepat.

Choosing
Dalam proses ini karyawan harus dapat melakukan pemilihan dan pencarian stock yang diminta oleh customer dengan cara melakukan pemilihan dan pemisahan antar jenis masing-masing barang serta menghafal peletakan barang tersebut.

Packaging
Proses ini adalah tahap lanjutan dari proses-proses sebelumnya dimana karyawan melakukan pengemasan dengan tepat, cepat dan efisien untuk menghindari terjadinya kerusakan.

Delivery processing
Setelah melalui proses pengecekan kualitas (Quality Control), barang akan dikirim sesuai alamat customer dan perlu dipastikan kembali bahwa setiap pengiriman sesuai dengan estimasi yang sudah ditentukan.
Namun, seringkali dalam seluruh proses ini karyawan merasa overload dan tidak jarang dari mereka yang kerap melakukan penempatan barang yang salah. Hal-hal seperti ini harusnya tidak boleh terjadi dan harus diupayakan tindakan preventif.

Berangkat dari hal itu, PT. Indotara Persada menyediakan berbagai kebutuhan unit warehouse yang dapat membantu dan memudahkan segala kegiatan pergudangan bahkan membuat flow process menjadi lebih efektif dan effisien. Salah satunya ialah dengan menyediakan unit SHIGEMITSU Heavy Duty Class Scale Pallet Truck with Printer Series: PK Series Type: PKC6-II.

Unit ini adalah salah satu produk Hand Pallet unggulan dari Shigemitsu Warehouse Equipment yang memiliki kapasitas sebesar 2000 Kg dan dilengkapi oleh scaling system dan printer. Fitur scaling dan printing ini dapat sangat membantu kegiatan warehouse management karena dapat menentukan seberapa berat barang tersebut (Sortir) dan melakukan pencetakan untuk dapat memberikan label pada barang tersebut. Di samping itu, unit ini juga dilengkapi dengan garpu sepanjang 1150 mm dengan lebar 570 mm. Garpu pada unit ini mampu mengangkat barang hingga ketinggian 175mm dengan tingkat ketinggian garpu paling rendah pada 85 mm.

Unit ini juga dilengkapi dengan sistem piston hidrolik berkualitas sehingga mampu beroperasi dengan sangat baik dan memberikan kualitas prima. Dalam pengoperasiannya, unit ini memeiliki 3 posisi penggerak tangan yaitu; Raise, Lower and Neutral sehingga dapat menyesuaikan medan dan keinginan pengguna pada saat menggunakan unit ini.

Dengan adanya unit ini, segala kegiatan warehouse management akan lebih mudah dan tentunya seluruh flow process hingga pengiriman barang kepada customer pun akan jauh lebih cepat, tepat dan efisien karena unit ini tidak hanya mampu memindahkan barang beserta palletnya saja namun juga mampu mengukur berat barang tersebut.

Produk SHIGEMITSU Heavy Duty Class Scale Pallet Truck with Printer Series: PK Series Type: PKC6-II PT. Indotara Persada ini didukung dengan garansi selama 3 tahun atau 2000 jam untuk hydraulic system dan selama 1 tahun untuk electrical system. Di samping itu, unit ini juga dilengkapi dengan jaminan ketersediaan suku cadang orisinal hingga lebih dari 15 tahun. Selain itu, PT. Indotara Persada juga memberikan jaminan after sales yang akan siap setiap saat dan teknisi handal dan bersertifikat di bidangnya. Sebab itulah PT. Indotara Persada menjadi pilihan tepat dalam tiap pemilihan investasi bisnis.
Untuk informasi lebih lanjut, sila kunjungi website kami di www.indotara.co.id atau dapat mengunjungi kanal youtube kami PT. Indotara Persada.