Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Faktor-Faktor Yang Perlu Dipertimbangakan Ketika Memilih Hoist Yang Tepat

Editor: Ipin
Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangakan Ketika Memilih Hoist Yang TepatFaktor-faktor yang Perlu Dipertimbangakan Ketika Memilih Hoist Yang Tepat
Memilih hoist yang tepat untuk kebutuhan pengangkatan industri Anda sangat penting dalam memastikan pengangkatan yang aman, durasi penggunaan produk yang lama, dan value for money dari produk hoist itu sendiri. Beberapa faktor dapat menentukan hoist mana yang harus Anda pilih. Berikut adalah 6 faktor utama yang akan membantu Anda memilih model hoist yang tepat untuk aplikasi Anda.

1. Jenis Hoist
Hal pertama yang perlu Anda tentukan adalah jenis hoist yang Anda butuhkan untuk aplikasi Anda. Anda perlu menyesuaikan kebutuhan hoist sesuai lokasi Anda yaitu antara manual chain block, lever block, dan electric hoist.

Chain block menggunakan pengangkatan manual untuk beban kerja mereka dan ideal ketika pengangkatan jarang dilakukan karena operator harus menarik rantai tangan setiap saat. Mereka digunakan untuk kapasitas pengangkatan yang relatif lebih rendah dan mudah dibawa dalam fasilitas apapun. Poin plus lainnya adalah biaya pembelian dan pemasangannya yang rendah dibandingkan dengan electric hoist.

Lever block lebih fleksibel dan ideal untuk menarik atau memperbaiki beban di posisi yang berbeda. Biasanya, ini dilengkapi dengan fungsi freewheel di mana rantai beban dapat disesuaikan secara bebas ke posisi yang diinginkan secara efisien.

Electric hoist beroperasi dengan tenaga listrik dan memiliki kapasitas angkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain itu, mereka dapat dioperasikan lebih sering karena dapat dioperasikan dengan mudah dengan push button. Electric hoist juga dapat menjadi pilihan ideal untuk fasilitas produksi atau manufaktur Anda.
 
2. Jenis Penggantung atau Trolley dari Hoist
Jika Anda mencari hoist, maka Anda juga perlu memilih jenis penggantung yang ingin Anda gunakan dengan hoist Anda. Chain block merupakan hoist yang banyak digunakan pada lokasi tetap menggunakan hook di ujung atas hoist atau hook dapat digantung juga pada trolley bila ada keperluan bergeser. Electric chain hoist sendiri memiliki dua jenis variasi yaitu menggantung saja dengan hook serta bertrolley electric. Sedangkan electric wirerope hoist difabrikasi dengan trolley di atasnya untuk kebutuhan gerakan bergeser pada girder.

3. Kapasitas
Faktor penting lainnya dalam memilih hoist Anda adalah kapasitas terukur sesuai dengan kebutuhan angkat anda. Hoist dari PT. Indotara Persada memiliki kapasitas penuh (pure capacity) dimana kapasitas angkat dari hoist kami sesuai dengan keterangan yang tertera pada nameplate hoist. Selain itu, struktur di mana hoist akan ditangguhkan, baik balok atau crane, juga harus cukup kuat untuk beban itu.

4. Ketinggian Angkat
Saat memilih model hoist, penting juga untuk mempertimbangkan ketinggian lifting menggunakan parameter berikut:
  1. Panjang angkat atau jarak yang dapat ditempuh oleh hook yang dimuat antara posisinya yang diturunkan dan ditinggikan.
  2. Jangkauan atau jarak antara mesin hoist dan hook di posisi terendahnya.
  3. Ruang kepala atau jarak antara mesin hoist dan hook dalam posisi terangkat.
5. Kecepatan angkat
Pertimbangan ini hanya berlaku untuk electric hoist. Kecepatan angkat adalah faktor penting saat memilih kerekan yang tepat. Kecepatan yang lebih cepat dalam pengangkatan diperlukan untuk pengangkatan jarak jauh atau aplikasi pengangkatan yang terdiri dari beberapa siklus pengangkatan-penurunan dalam durasi singkat. Sedangkan kecepatan yang lebih rendah cocok untuk mengangkat di mana presisi diperlukan. Pertimbangan lainnya adalah kebutuhan single speed atau double speed pengangkatan. Double speed hoist lebih cocok untuk mengangkat berbagai material pecah belah atau material yang perlu penyeimbangan terlebih dahulu sebelum melakukan pengangkatan dengan kecepatan standar atau yang lebih cepat.

6. Sumber Daya Listrik
Faktor ini sekali lagi hanya berlaku untuk electric hoist. Tegangan dapat bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lain, tetapi ada kerekan yang dioperasikan dengan daya 1 phase dan 3 phase. Hoist 1 phase cocok untuk beban yang lebih ringan, sekitar 500kg atau 1 ton. Di pabrik dan gudang umumnya menggunakan daya 3 phase, dan Anda akan memiliki pilihan yang lebih tinggi untuk kapasitas angkat.