Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Fungsi Bulldozer

Editor: Fiki
Fungsi Bulldozer

Bulldozer BOMAC adalah sebuah alat berat yang sering digunakan untuk perpindahan material dan tanah. Bulldozer berfungsi untuk meratakan material dan tanah dengan kekuatan dorong yang dimiliki oleh alat berat tersebut. Unit Bulldozer memiliki berbagai komponen.

Komponen pada bulldozer membantu bulldozer dapat digerakkan dan dioperasikan. Bulldoser sebenarnya bukan hanya untuk meratakan tanah atau material, bulldozer juga sering dipakai untuk melakukan beberapa pekerjaan seperti mendorong, penggalian, menarik, menggusur, dan sebagainya. Bulldozer BOMAC didesain supaya mampu bekerja/beraktivitas untuk segala jenis permukaan tanah, baik yang keras sampai permukaan halus.

Alat berat ini juga dilengkapi dengan berbagai sistem hidrolik yang berfungsi sebagai penggerak dari berbagai perangkat kerja yang ada pada unit bulldozer.

* Fungsi Bulldozer :

1. Pembabatan (Clearing)

Fungsi yang pertama pada Bulldozer adalah melakukan pembabatan, pembersihan atau pembebasan lahan. Bulldozer BOMAC mampu difungsikan untuk membersihkan lahan semak, sisa penebangan pohon, batu, gundukan/gelombang tanah, dan sebagainya yang menghalangi.

2. Merintis (pioneering)

Fungsi kedua pada Bulldozer yaitu untuk merintis. Pekerjaan ini dilakukan setelah proses pembabatan selesai. Bulldozer akan digunakan untuk meratakan area kerja atau untuk membuka jalan sehingga bisa memudahkan akses atau jalan di area kerja.

3. Menggali dan mengangkut jarak pendek

Bulldozer BOMAC juga digunakan untuk menggali atau mengangkut material dalam jarak pendek. Alat berat ini digunakan untuk membuat/membuka aliran irigasi, parit, DAM, dan lainnya. Sedangkan untuk jarak yang bisa ditempuh/dicapai bulldozer dalam mengangkat material kurang lebih 200 meter.

4. Menyebarkan material

Fungsi ketiga pada Bulldozer yaitu memiliki fungsi untuk menyebarkan material. Blade pada bulldozer ini yang akan meratakan dan juga menyebarkan material dengan tingkat ketebalan tertentu. Material yang merupakan gundukan tanah akan didorong bulldozer ke area yang diinginkan.

5. Menimbun material

Bulldozer juga digunakan untuk menimbun material. Bulldozer tersebut akan dipakai untuk menimbun/menutup kembali bekas proyek galian gorong-gorong, pam, fondasi, dan lainnya.

6. Menarik

Bulldozer memiliki tenaga yang sangat besar sehingga bisa mampu digunakan untuk menarik pohon dan bahkan alat berat yang lainnya.

=======================================================================

* Bulldozer BOMAC mempunyai beberapa komponen dengan tugas dan fungsi kegunaannya masing-masing. Beberapa komponen dibawah ini:

1. Blade

Blade adalah sebuah komponen bulldozer yang bertugas/berfungsi mendorong suatu material. Bentuk dari blade mirip seperti serok yang terbuat dari besi dan memiliki kemampuan tingkat ketahanan yang tinggi.

Dalam penggunaannya, terdapat beberapa jenis blade :
  1. Universal Blade, berfungsi mendorong material untuk jumlah yang banyak.
  2. Angling Blade, berfungsi sebagai cutting ditches, side casting, side hill out, serta pioneering road.
  3. Straight Blade, berfungsi untuk berbagai macam pekerjaan dan medan.
  4. Cushion Blade, berfungsi untuk meredam tumbuhan karena sudah dilengkapi dengan cushion rubber.
  5. Light Material U Blade, berfungsi untuk keperluan material yang ringan seperti lumpur.
  6. Bowl Dozer, berfungsi untuk meningkatkan efisiensi bulldozer baik dalam mengangkat  maupun mendorong material. Desain blade ini memang dibuat untuk mencegah supaya  material tidak tumpah.
2. Lift Cylinder

Lift cylinder adalah komponen blade yang berfungsi untuk menggerakan blade. Komponen ini termasuk dalam power cylinder yang akan meneruskan tenaga hidrolik supaya blade dapat diposisikan sesuai dengan yang dibutuhkan. Dikontrol dari dalam kabin Bulldozer.

3. Carier Roller


Komponen bulldozer yang berfungsi menahan main frame adalah carier roller. Komponen ini dinamakan sebagai track roller yang berfungsi untuk menahan track shoe sehingga selalu berada pada posisinya, sehingga bulldozer memiliki mobilitas yang baik.

4. Sprocket


Sprocket adalah komponen pada bulldozer yang berfungsi untuk menggerakkan track. Komponen ini adalah gear yang akan meneruskan tenaga putar yang bersumber dari engine sehingga bulldozer bisa digerakkan/difungsikan sesuai dengan kebutuhan.

5. Main Frame

Main frame termasuk ke dalam kerangka utama yang dikategorikan ke dalam under cariege bulldozer yang berfungsi sebagai tempat track roller supaya mampu menahan track shoe tetap pada posisinya.

6. Straight Frame

Komponen ini adalah yang berfungsi untuk menyangga blade. Ada yang mengatakan straight frame adalah lengan atau tumpuan blade karena berhubungan langsung dengan blade melalui engsel. Komponen ini membuat blade mampu bergerak dengan bebas, baik untuk mengangkat maupun mengeruk material.

7. Track

Track merupakan komponen yang berfugnsi sebagai roda bulldozer. Track merupakan komponen yang berhubungan langsung dengan permukaan tanah/jalan yang meneruskan tenaga dari engine, sehingga membuat bulldozer tersebut mampu digerakkan/difungsikan.

8. Cutting Edge

Cutting edge merupakan komponen bulldozer yang berfungsi meratakan tanah. Komponen ini merupakan bagian dari blade. Gerigi pada cutting edge yang membuat tanah menjadi rata dengan baik.

Bulldozer Bomac adalah yang terbaik. Garansi engine dan hydraulic selama 3 tahun atau 2000 jam kerja.