Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Fungsi Kontaktor dan VSD pada Hoist Crane

Posted Date, 17 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: M. Risky Fauzi, S.T.

Fungsi Kontaktor dan VSD pada Hoist Crane

Fungsi Kontaktor dan VSD pada Hoist Crane - Fungsi KONTAKTOR dan VARIABLE speed DRIVE (VsD) KONTROL pada hoist crane

Apa itu Kontrol Kontaktor & Kontrol Variable Speed Drive (VSD) ?

Kontrol Kontaktor & Kontrol Variable Speed Drive (VSD) digunakan untuk mengontrol motor yang menggerakkan gerakan hoist & crane. Kontrol Kontaktor seperti sakelar lampu, dan Kontrol Variable Speed Drive (VSD) adalah sakelar peredup. Sementara Kontrol Kontaktor "dinyalakan" atau "dimatikan", kecepatan VSD naik dan turun  dapat menahan kecepatan apa pun yang dipilih operator.

Di Indotara, kontrol yang kami pilih untuk peralatan bergantung pada dua faktor penting: aplikasi peralatan dan gerakan yang dikendalikan. Dalam kasus standar, kami menggunakan kontrol kontaktor  untuk kecepatan gerakan mengangkat dan menurunkan beban (gerakan vertikal beban) dan Kontrol Variable Speed Drive (VSD) untuk gerakan troli hoist dan motor maju mundur penggerak girder (secara horizontal melintasi gelagar girder dan berjalan maju mundur di atas runway).

Anda dapat melihat sistem ini bekerja di banyak aplikasi dalam studi kasus terbaru kami. Dengan menggunakan Kontrol Variable Speed Drive (VSD) untuk gerakan troli dan girder, kami dapat meningkatkan kecepatan crane secara perlahan untuk mengurangi ayunan beban secara alami.

Dalam aplikasinya, gerakan variabel dan ayunan beban yang berkurang ini meningkatkan keselamatan bagi operator yang bekerja di sekitar beban yang bergerak. Pertimbangan penting lainnya adalah bahwa penggunaan Kontrol Variable Speed Drive (VSD) untuk gerakan troli dan girder membantu melindungi peralatan dalam jangka panjang dengan mengurangi keausan pada komponen motor dan rem.

Baca Juga:

Bagaimana Kontrol Variable Speed Drive (VSD) Dapat Melindungi Peralatan ?

Mari kita pertimbangkan aplikasi di mana Anda memiliki Kontrol Kontactor 2 kecepatan dan perlu memindahkan beban untuk mengaturnya secara tepat sebagai bagian dari jalur perakitan. Seringkali, ini menyebabkan derek joging – artinya operator menekan tombol tekan berulang kali untuk memasukkan beban ke posisi yang tepat. Gerakan joging yang berulang ini membuat kontaktor lebih cepat aus karena kontak diberi energi setiap kali tombol tekan ditekan.

Jogging juga sulit dilakukan pada rem hoist. Untuk mendemonstrasikan efeknya pada rem hoist crane, bayangkan Anda sedang memarkir mobil Anda. Alih-alih menggunakan pedal Anda dengan mulus untuk membawa mobil Anda ke tempat parkir, Anda memiliki satu kaki di gas dan satu di rem, dan Anda harus membanting bolak-balik untuk memarkir mobil.

Tidak hanya kurang aman dan lebih sulit untuk melakukannya dengan baik, itu juga lebih sulit pada komponen rem. Karena sering diterapkan, ketebalan bahan gesekan lebih cepat aus. Itu juga dapat melapisi permukaan, yang berarti bahwa cakram gesekan masih cukup tebal, tetapi pada dasarnya mengampelas pasir rem.

Ketika Anda memiliki VSD, ia mengontrol kecepatan motor hingga 0 kaki per menit dan kemudian rem disetel.

Mengikuti analogi parkir mobil, dengan motor VSD Anda memiliki akselerasi dan deselerasi yang mulus saat memarkir mobil, mirip dengan pedal gas. Kemudian, ketika mobil dalam posisi, Anda mengatur rem parkir sebagai langkah keamanan tambahan. Di mobil Anda, Anda hampir tidak perlu mengganti rem parkir, karena tidak digunakan untuk menghentikan gerakan. Dengan penggunaan yang tepat, komponen tersebut tidak cukup sering digunakan untuk menghasilkan keausan.

Dengan kontrol VSD, hal yang sama berlaku. Dan karena Anda biasanya tidak perlu mengganti rem, rem akan mengubah bagian yang aus menjadi peralatan yang tahan lama dan aman dengan biaya kepemilikan seumur hidup yang lebih rendah.

Pelanggan kami sering mengandalkan kami untuk menemukan Hoist Crane yang paling cocok untuk aplikasi mereka. Team Engineering kami bahkan dapat memberikan rekomendasi dan informasi bermanfaat, berdasarkan kebutuhan spesifik ditempat anda.

Kami PT. Indotara Persada solusi yang tepat untuk membantu segala masalah anda.