Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Fungsi Telecrane untuk Industri Alat Berat

Posted Date, 17 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Sari Narulita, S.T.

Fungsi Telecrane untuk Industri Alat Berat

Fungsi Telecrane untuk Industri Alat Berat - Telecrane control radio adalah remote yang bekerja dengan system wireless yang tidak hanya bisa digunakan pada hoist crane saja, tapi bisa digunakan pada barang lain seperti tower crane, Concrete Pumps, Relay Control, Industrial Doors, Hydraulic System, dan masih banyak lagi.

Belum banyak yang tahu dan mengenal Telecrane, padahal di jaman sekarang ini semua pekerjaan menggunakan crane untuk mengimbangi mobilitas yang tinggi, memaksa industry harus bergerak cepat dan menggunakan crane sebagai penunjang operasional sehari hari.

Bayangkan beban dengan berat ber ton-ton harus di angkat oleh manusia, berapa lama waktu yang diperlukan dan berapa banyak manusia yang harus melakukannya?

Karena crane saat ini sudah menjadi tulang punggung, maka perlu di maksimalkan juga dalam penggunaan nya. Percuma jika sudah menggunakan crane tapi masih juga memerlukan banyak manusia dalam operasional dalam industry tersebut.

Salah satu yang harus dimaksimalkan dalam penggunaan crane adalah menggunakan remote wireless yaitu Telecrane yang penggunaan nya sangat mudah sekali, tidak menggunakan kabel yang memudahkan operator bekerja dari jarak jauh hingga mencapai 100 meter. Operator bisa maksimal memantau pekerjaan crane. Telecrane menggunakan batterai yang bisa bertahan cukup lama jika dirawat dengan baik.

Baca Juga:

Telecrane terdiri dari beberapa tombol yaitu Start, down, up, south, east, north dan west. Masing-masing tombol memiliki fungsi berbeda, dan jumlah tombol masing-masing type juga berbeda sesuai dengan kebutuhan pemakaian dilengkapi dengan tombol emergency untuk setiap type.

Saat ini type yang tersedia untuk Telecrane adalah :
  • F21 Series, banyak digunakan untuk chain hoist dan perangkat elektronik lainnya. Tersedia mulai dari 2 tombol up and down sampai dengan 6 tombol dengan varian single speed dan double speed sesuai dengan speed chain hoist nya. Terdiri atas 1 transmitter dan 1 receiver, bisa menerima power supply 24/48/110/220/380 VAC dan 12/24 VDC. Dimensi nya compatible dengan operator ( bentuk pocket ) dan tidak terlalu berat.
  • F23 Series yang sangat cocok digunakan untuk industrial karena sangat simple pemakaiannya. Receiver bisa menerima power supply 110/220/380 VAC dengan berat tidak sampai 2Kg. Transmitter nya terdiri atas 6 dan 10 tombol dan dilengkapi dengan tombol emergency. Terdapat antenna pada receiver dan transmitter, menggunakan battery 2 AA Alkaline yang sangat mudah ditemukan, bisa bekerja dalam suhu -35⁰C sampai dengan +85⁰C.
  • F24 Series kebanyakan digunakan pada pekerjaan perhutanan, hoist crane dan lifting equipment. Tersedia mulai dari 6 tombol untuk kecepatan single speed dan doule speed, menggunakan serat nylon yang tahan lama untuk menahan guncangan. Menggunakan 2 buah battery AA yang bisa bertahan selama 4 bulan, dapat beroperasi pada suhu -35⁰C sampai +85⁰C.
  • F24-60 Series, beda bentuknya dengan type sebelumnya. Bentuk transmitter menggunakan 2 Joy Stick, 6 tombol dan 4 tombol selector. Sangat cocok digunakan untuk Over Head Crane dan Truck Pompa Beton. Ada indicator battery dengan 3 tahap. Juga terdapat fitur Acceleration Delay Time Control yang mengatur Gerakan menjadi lebih smooth.
  • F-25 Series sama seperti type F-24 Series.

Semua series Telecrane bisa di hubungkan dengan system operasional Windows, sehingga memudahkan saat melakukan instalasi / configurasi dengan sertifikasi Enclosure Protection Class IP65  yang terbaik.