Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Hal- Hal Yang Sering Dianggap Sepele Oleh Operator Alat Berat

Posted Date, 29 Oktober 2022

Editor: Rosyid

Penulis:  Andro Prasetio

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membeli Stabilizer

Hal-Hal Yang Sering Dianggap Sepele Oleh Operator Alat Berat - Hingga kini tidak sedikit pengguna atau bahkan operator yang masih menyepelekan pentingnya melakukan pengecekan dan perawatan mesin alat berat secara berkala. Sebab itulah kerap terjadi kerusakan mesin di bawah 5 tahun pemakaian bahkan hingga membutuhkan penanganan jasa perbaikan mesin alat oleh tim ahli baik dari teknisi lokal ataupun teknisi profesional. Berikut adalah hal-hal sering yang dianggap sepele oleh user ataupun operator.

Secara fungsi penggunaan stacker adalah untuk memindahkan atau mengangkat pallet untuk disusun didalam racking system. Berbeda dengan stacker, forklift digunakan untuk memindahkan atau mengangkat barang / pallet dari satu tempat ke tempat lainnya, biasanya lebih diutamakan digunakan untuk loading atau unloading barang dari truk, kontainer, dan yang lainnya.

1. Pemeriksaan Sebelum Pemakaian
Sebelum menjalankan pengoperasian alat atau mesin di lapangan, pemerikasaan 3 kondisi di bawah ini sangat dianjurkan. Yaitu:
• Pemeriksaan bahan bakar.
• Pemeriksaan kondisi komponen.
• Pemeriksaan kelayakan suku cadang.

Selain untuk menghindari resiko pekerjaan macet di tengah jalan, pemeriksaan seperti ini sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan pengguna dan lingkungan maupun orang sekitarnya. Saat pertama kali dihidupkan, selalu perhatikan kondisi mesin terlebih dahulu.
Misalnya apakah muncul suara atau getaran yang tidak seharusnya sebab ada kemungkinan terjadi aktivitas gesekan dan/atau penurunan kualitas kemampuan mesin. Dalam hal ini, penanganan oleh tim ahli sangat diperlukan untuk meminimalisasi kerusakan komponen alat tersebut. Karena pemaksaan penggunaan dengan kondisi alat/mesin yang tidak prima beresiko mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal maupun menimbulkan kecelakaan kerja dalam pengoperasiannya.

2. Pemeliharaan Terjadwal Untuk Membersihkan Mesin High Working Duty
Kinerja mesin dapat terhambat oleh tumpukan partikel-partikel atau kotoran pada mesin. Maka, Pemeliharaan dan pembersihan mesin dari hal-hal tersebut sangat dianjurkan agar mesin dapat meminimalisir hambatan gerakan alat, serta menjaga kondisi komponen agar tetap prima. Kita dapat melakukan pembersihan mesin baik secara menyeluruh ataupun secara surface nya saja. Penjadwalan mingguan dan bulanan untuk pembersihan mesin sangat memberikan dampat positif terhadap kinerja dan masa kerja mesin. Disamping itu, pada umumnya, acuan waktu kerja mesin (working duty) mengacu pada Hour meter (HM). Dengan demikian maka pengguna dapat dengan mudah melakukan perhitungan usia mesin, sparepart, hingga komponen pelumas dan bahan bakar sebelum mesin mengalami kerusakan.

Baca Juga:


3. Penjadwalan Pemeliharaan Mesin Terhadap Overhaul
Penjadwalan kegiatan ini mencakup reconditioning tiap komponen mesin sehingga memenuhi standar kelayakan yang ada. Acuan standarisasi overhaul digunakan untuk penanganan overhaul bagi tiap komponen dengan maksud memulihkan kondisi mesin sesuai SOP kelayakan mesin. Hal ini sangat penting agar performa kembali stabil pada kondisi standard kelayakan mesin seperti semula. Akan tetapi, pada tahapan tersebut tidak akan terlepas dari uji kelayakan untuk tiap komponennya. Kurangnya perhatian dan pemahaman tentang uji kelayakan mesin menjadi salah satu alasan mesin menjadi lebih cepat rusak.

4. Condition Base Maintenance (CBM)
Tidak kalah penting lainnya, condition base maintenance juga perlu dilakukan untuk mengembalikan kondisi mesin seperti SOP yang ada dengan cara melakukan service dan pengukuran kinerja mesin dengan menyesuaikan standard kelayakan terbaru. Selain itu, hal ini juga diperlukan untuk menjaga kinerja mesin tetap stabil dan dalam kondisi prima walaupun sudah berumur. Dengan melakukan hal diatas, maka resiko kerusakan mesin yang mungkin terjadi dapat lebih mudah dideteksi dan diperhitungakan baik dari segi dampak operasional hingga lingkungan.

Beberapa manfaat dari pemeliharaan ataupun perawatan pada mesin antara lain : Mesin dapat beroperasi dengan efektif dan efisien, Operator dapat meminimilasir resiko kerusakan yang terjadi, Menunjang usia mesin menjadi lebih lama, Keamanan kerja lebih terjamin sehingga mencegah kecelakaan kerja, dan memberikan harga bekas yang tinggi jika sewaktu-waktu ingin menjual mesin tersebut.
Sebab itu PT. Indotara Persada hadir memenuhi segala kebutuhan bisnis ataupun pekerjaan anda. Menyediakan alat berkualitas tinggi, garansi dan ketersediaan suku cadang orisinil hingga lebih dari 20 tahun, serta ketersediaan aftersales yang akan siap setiap saat, menjadi acuan dalam pemilihan investasi bisnis anda. Di samping itu, PT. Indotara Persada juga memiliki teknisi handal dan bersertifikat di bidangnya.
Untuk informasi lebih lanjut, sila kunjungi website kami di www.indotara.co.id atau dapat mengunjungi kanal youtube kami PT. Indotara Persada.