Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Hand Pallet Bagian 1

Posted Date, 8 November 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Billy Wiroso, S.T.

Hand Pallet Bagian 1

Apa Itu Hand Pallet - Hand pallet, tidak semua orang mengenal apa itu handpallet. Bagi orang-orang yang bekerja di sektor keuangan atau perbankan kemungkinan tidak pernah mengetahui benda ini, tetapi sebaliknya orang-orang yang bekerja di bidang pergudangan, jasa angkut / kirim barang sangat membutuhkan benda ini.

Kata handpallet sebenarnya sering disebut handpallet truck , dimana pengertian handpallet truck itu adalah suatu alat angkut yang digunakan oleh seseorang / pekerja untuk memindahkan sebuah atau beberapa benda yang ditaruh di atas sebuah pallet berbahan kayu atau plastik yang berbentuk kotak, dari suatu area ke area lain yang tidak terlalu jauh jaraknya. Oleh karena itu handpallet biasanya digunakan di suatu area seperti pergudangan atau industri pabrik.

Handpallet truck terbuat dari besi dikarenakan penggunaannya untuk mengangkut barang / benda yang berat. Dan untuk kapasitas daya angkut sebuah handpallet truck sangat bervariasi. Di Indonesia handpallet truck biasanya digunakan untuk mengangkut beban dengan berat 500 Kg – 5 Ton yang berada di atas sebuah pallet yang berbentuk kotak.

Pallet adalah suatu wadah untuk menaruh benda yang akan diangkut menggunakan handpallet truck, dimana bahan pallet ini biasanya terbuat dari bahan kayu atau bahan plastik.

Baca Juga:


Ada 2 macam ukuran pallet standard di Indonesia ini :
  1. Pallet dengan Panjang 1200 mm , Lebar 800 mm , Tinggi 145 mm.
  2. Pallet dengan Panjang 1000 mm , Lebar 1200 mm , Tinggi 145 mm.
Selain ukuran pallet di atas, ada juga pallet-pallet yang memang sengaja dicustom dengan ukuran tertentu guna memenuhi kebutuhan pengguna. Ukuran pallet dicustom biasanya menyesuaikan dengan dimensi barang yang akan diletakkan di atas pallet tersebut.
Sedangkan untuk handpallet truck yang ada di Indonesia biasanya dibedakan berdasarkan ukuran fork / garpu handpallet tersebut, dan tentunya kemampuan daya angkut beban handpallet tersebut.Ukuran fork / garpu handpallet :
  1. Fork / garpu dengan Lebar 520 mm , 550 mm , 685 mm
  2. Fork / garpu dengan Panjang 1150 mm , 1220 mm
Ukuran daya angkut handpallet :
  1. Hand pallet dengan daya angkut 500 kg
  2. Hand pallet dengan daya angkut 1000 kg (1 Ton)
  3. Hand pallet dengan daya angkut 1500 kg (1.5 Ton)
  4. Hand pallet dengan daya angkut 2000 kg (2 Ton)
  5. Hand pallet dengan daya angkut 2500 kg (2.5 Ton)
  6. Hand pallet dengan daya angkut 3000 kg (3 Ton)
  7. Handpallet dengan daya angkut 5000 kg (5 Ton)
    Handpallet Shigemitsu bergaransi 3 tahun untuk hydraulic. Ukuran panjang pada fork / garpu handpallet dapat dicustom sesuai dengan kebutuhan Anda. Shigemitsu hanpallet dapat diandalkan.