Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Hand Pallet Bagian 2

Posted Date, 8 November 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Billy Wiroso, S.T.

Hand Pallet Bagian 2

Jenis Hand Pallet - Setelah kita mengetahui pengetahuan dasar mengenai handpallet truck , kita akan melanjutkan lebih jauh lagi mengenai handpallet truck. Di masa modern sekarang ini handpallet truck juga bisa diklasifikasikan menurut cara pengoperasiannya. Berdasarkan itu maka handpallet truck bisa kita kategorikan menjadi 3, yaitu :

1. Hand pallet Manual
Pengoperasian handpallet ini dilakukan oleh operator dengan cara menarik / mendorong handpallet secara manual dan menaikan / menurunkan hidroliknya pun secara manual dengan cara dipompa. Manual dalam hal ini berarti pengoperasian handpallet ini menggunakan tenaga manusia.

2. Hand pallet Semi Electric
Pengoperasian handpallet ini dilakukan oleh operator / manusia , dimana untuk pergerakan jalan maju dan mundur handpallet ini menggunakan motoran listrik , sedangkan untuk naik turunnya hidrolik handpallet masih dilakukan manual oleh operator dengan cara memompanya.

3. Hand pallet Electric
Pengoperasian handpallet ini dilakukan oleh operator / manusia , dimana untuk jalannya handpallet ini ( maju dan mundur ) menggunakan motoran listrik , dan untuk naik turunnya hidrolik handpallet juga menggunakan elektrik. Semuanya sudah full elektrik dan tidak manual menggunakan tenaga manusia.

Hand pallet manual masih menggunakan tenaga manusia, di mana masih banyak bergantung pada operator. Tentu ini menjadi sebuah kekurangan dalam hal kecepatan kerja. Namun hand pallet manual adalah yang termurah jika dibandingkan jenis hand pallet lain.

Baca Juga:


Sedangkan hand pallet semi-electric dan full electric sudah menggunakan tenaga motoran listrik. Dengan adanya handpallet semi electric dan handpallet electric ini pekerjaan staff gudang / pabrik akan sangat terbantu dan menjadi lebih efisien. Hal ini dikarenakan apabila operator handpallet perlu memindahkan benda yang berat, maka dapat dilakukan dengan waktu yang lebih cepat, dan dengan tenaga manusia yang minim.

Hand pallet manual tersedia dalam varian 500 Kg hingga 5 Ton. Untuk semi electric tersedia dalam varian 2 ton. Sedangkan full electric tersedia dalam varian 1 hingga 3 ton.

Pada hand pallet elektrik, sumber tenaga penggeraknya adalah battery. Battery yang digunakan pun bervariatif, yaitu lead acid battery, free maintenance battery, dan lithium battery. Penggunaan lithium battery tentu lebih menguntungkan, karena hanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk bisa digunakan 4-6 jam. Untuk battery lainnya membutuhkan waktu 6-8 jam dalam pengecasan untuk dapat digunakan selama 6-8 jam juga.

Hand pallet banyak digunakan untuk membantu pekerjaan di gudang, yaitu untuk memindahkan barang dengan pallet dari satu titik ke titik lainnya. Banyak orang masih menggunakan tenaga kuli untuk melakukan pemindahan barang, sehingga harus membayar kuli dalam jumlah yang besar. Dengan adanya hand pallet ini, maka cukup 1 orang untuk mengoperasikannya. Hal ini tentu banyak memberikan manfaat bagi para pelaku usaha.

Shigemitsu hand pallet siap untuk mendukung kemajuan bisnis Anda. Dapatkan Shigemitsu hand pallet hanya di PT. Indotara Persada.