Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

IP VS NEMA RATINGS Hoist Crane

Posted Date, 24 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: M. Risky Fauzi

IP VS NEMA RATINGS Hoist Crane

IP VS NEMA RATINGS Hoist Crane
Peringkat IP dan NEMA mengklasifikasikan tingkat perlindungan selungkup listrik terhadap faktor lingkungan seperti air dan debu. IP, atau perlindungan masuknya, dikembangkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC) dan digunakan terutama di Eropa untuk serangkaian aplikasi yang luas. NEMA adalah singkatan dari National Electrical Manufacturers Association dan ditujukan untuk aplikasi industri di Amerika Utara

Apa itu peringkat IP?

Produsen di seluruh dunia menggunakan peringkat IP untuk menentukan kemampuan perlindungan masuknya produk mereka – mulai dari ponsel cerdas dan tablet hingga mobil dan derek. Peringkat kode IP dilambangkan dengan huruf "IP" diikuti oleh dua digit.

Digit pertama menunjukkan tingkat perlindungan dari padatan, sebagai berikut:

0: tidak ada perlindungan khusus
1: terlindung dari benda padat dengan diameter hingga 50 mm
2: terlindung dari benda padat dengan diameter hingga 12 mm
3: terlindung dari benda padat dengan diameter hingga 2,5 mm
4: terlindung dari benda padat dengan diameter hingga 1 mm
5: terlindung dari debu
6: kedap debu

Digit kedua mengacu pada perlindungan cairan, sebagai berikut:

0: tidak ada perlindungan khusus
1: terlindung dari air yang menetes
2: terlindung dari tetesan air saat dimiringkan hingga 15 derajat dari posisi normal
3: terlindung dari penyemprotan air
4: terlindung dari percikan air
5: terlindung dari semprotan jet air
6: terlindung dari semprotan jet berat
7: terlindung dari efek perendaman
8: terlindung dari perendaman

Apa jenis peringkat NEMA?

Seperti peringkat IP, peringkat NEMA, atau jenis penutup NEMA, menyampaikan perlindungan komponen listrik dari benda asing. Tidak seperti peringkat IP, peringkat NEMA juga menyampaikan ketahanan korosi, detail konstruksi, dan perlindungan dari kondisi es dan berbahaya.

NEMA memiliki tipe peringkat untuk lokasi berbahaya dan tidak berbahaya. Kunci untuk menemukan peringkat NEMA untuk aplikasi Anda adalah dengan terlebih dahulu menguraikan apakah lokasi tersebut diklasifikasikan sebagai berbahaya menurut National Electrical Code (NEC).

Jenis penutup NEMA kemudian dilambangkan dengan peringkat nomor 1 hingga 13 di bawah kelas lokasi berbahaya atau tidak berbahaya yang sesuai.

Jenis enklosur juga dapat berisi surat dengan karakteristik perlindungan tambahan, termasuk :
X: tahan korosi
R: rentan terhadap partikel tertiup angin
S: mekanisme operasi eksternal dapat dioperasikan saat tertutup es
P: mampu terendam dalam air untuk waktu yang lama
K: dibangun dengan KO
Baca Juga:

Angka dan huruf peringkat tidak berfungsi sebagai skala, melainkan menggambarkan berbagai jenis dan variabel perlindungan. Jenis enklosur untuk lokasi dalam ruangan yang tidak berbahaya adalah sebagai berikut:

Membandingkan Peringkat IP dan Jenis NEMA
Karena peringkat IP dan NEMA menggunakan variabel yang berbeda, perbandingan langsung tidak dapat ditarik antara keduanya. Namun, dimungkinkan untuk menggunakan salah satu sistem untuk mengidentifikasi jenis enklosur yang sesuai untuk aplikasi Anda.

Untuk lokasi yang tidak berbahaya, produsen umumnya setuju bahwa peringkat NEMA dan IP dapat diterima. Tabel di bawah ini memberikan perkiraan perbandingan kedua sistem peringkat. Pengguna perlu memverifikasi peringkat enklosur yang diperlukan untuk aplikasi yang diberikan.

Peringkat IP dan NEMA untuk Hoist dan Crane
Peringkat yang paling sesuai untuk selungkup listrik panel hoist crane anda tergantung pada lingkungan. Biasanya, enklosur peringkat IP55 dan NEMA Tipe 3 cocok untuk sebagian besar lingkungan dalam ruangan yang tidak berbahaya, memberikan perlindungan yang baik terhadap debu dan kelembapan dengan sambungan listrik steker dan panel baja.

Untuk aplikasi luar ruangan, atau aplikasi dalam ruangan dengan kelembapan udara yang berlebihan, pilihlah panel crane dengan perlindungan IP66. Selain perlindungan ini, kami menyediakan fitur tambahan yang lebih melindungi peralatan dari masalah lingkungan, termasuk, penutup hujan, pemanas untuk membakar kondensasi dan cat tahan korosi.

Pelanggan kami sering mengandalkan kami untuk menemukan Hoist Crane yang paling cocok untuk aplikasi mereka. Team Engineering kami bahkan dapat memberikan rekomendasi dan informasi bermanfaat, berdasarkan kebutuhan spesifik ditempat anda.

Kami PT. Indotara Persada solusi yang tepat untuk membantu segala masalah anda.