Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Jenis & Kegunaan/Fungsi Boom Lift

Editor: Rosyid
Dalam aktivitas konstruksi atau alat berat lainnya, boom lift merupakan alat yang sudah sering didengar. Kegunaan alat ini mempermudah berbagai hal pekerjaan/aktivitas konstruksi.

Alat ini mempermudah pekerjaan untuk menjangkau bahkan memindahan barang/beban ke tempat/posisi yang cukup tinggi. Fungsi unit boom lift yang bervariasi/beragam sangat membantu dalam proses konstruksi.

Boom Lift?
Boom Lift merupakan alat yang dipakai/digunakan untuk menjangkau suatu area/posisi tinggi yang sulit dijangkau, Boom Lift juga berfungsi untuk mengangkat dan meletakkan beban/barang dari satu tempat ke tempat lain.
Boom Lift ini digunakan untuk membantu pekerjaan manusia melakukan berbagai pekerjaan di area/posisi yang cukup tinggi.

Jenis & Kegunaan/Fungsi Boom Lift

Articulating Boom Lift: merupakan boom lift yang sering digunakan/difungsikan pada tempat/area yang sulit di jangkau. Alat ini mampu memberikan jarak jangkauan ekstra sehingga untuk menuju ke posisi/tempat sulit pun akan lebih mudah.

Telescopic Boom Lift: alat ini cukup cocok difungsikan/digunakan pada tempat/area yang sempit dan mampu mencapai ketinggian yang tidak mampi dicapat Articulating Boom Lift. Jangkauan tertinggi pada unit ini yaitu dari 20 meter hingga batas ketinggiannya 42 meter.

Double/Single Mast Work Platform Lift: tangga elektrik ini mampu mencapai pada ketinggian yaitu 6 meter, 8 meter, 10 meter, bahkan mencapai ketinggian 14 m.

Scissor Lift Electric Work Platform : merupakan tangga electric yang mampu mencapai ketinggian 8 meter, 10, meter, 12 meter hingga ketinggian 18 meter.

Berbagai/beberapa fungsi yang dimiliki oleh unit boom lift ini tentu sudah terdapat sistem keamanan. Bahkan standar sistem keamanan pada tangga elektrik berdasarkan standar Eropa. Boom lift juga memiliki tenaga baterai yang dapat  recharge dan bisa dibawa kemana-mana.

Tangga/Boom Lift Electric ini tidak menimbulkan kebisingan sehingga cukup ramah lingkungan saat digunakan. Kapasitas beban yang mampu diangkat unit boom lift bermacam/bervariasi dimulai dari 200 kg, 300 kg, hingga berat 1 Ton.

Apabila ingin mencapai/menjangkau lebih tinggi tentu beban yang diangkat juga harus dikurangi. Karena apabila dipaksakan mengangkat beban yang melebihi kapasitas pada suatu ketinggan akan membahayakan pekerja dan merusak unit tersebut.

Fungsi pada boom lift akan sangat maksimal jika diposisikan/ditempatkan di area  terbuka atau outdoor. Tangga/Boom Lift ini mampu bergerak secara vertikal maupun horizontal.
Keuntungan Boom Lift

Apa saja keuntungan pada unit Boom Lift ini:
  1. Dengan memakai/menggunakan boom lift akan mempermudah proses pengangkutan suatu barang. Alat ini berfungsi juga sebagai tangga elektrik yang mampu mencapat ketinggian yang dapat disesuaikan. Yaitu mampu memanjang menjadi tinggi dan memendekkan boom sesuai keinginan operator.
  2. Sehingga saat melakukan pekerjaan yang cukup tinggi, operator hanya cukup meninggikan/memanjangkan boom lift dan saat turun kembali mengambil barang boom lift hanya perlu diturunkan/memendekkan boom. Pekerjaan akan lebih mudah dengan menggunakan boom lift ini. Tentunya untuk pekerjaan yang sulit di jangkau.
  3. Boom lift juga merupakan alat yang cukup mudah dipindahkan terutama dari posisi atas ke bawah. Sehingga cukup mudah mencapai/menjangkau ketinggian pekerjaan yang diinginkan.
  4. Boom Lift ini juga memiliki sistem keamanan pekerjaan di tempat yang cukup tinggi.
  5. Boom Lift juga mengurangi berbagai resiko yang mengakibatkan kecelakaan pekerjaan apabila dilakukan secara manual untuk mencapai suatu ketinggian yang cukup tinggi.
  6. Mempermudah pekerjaan manusia saat diposisi yang sangat tinggi (misalnya pembangunan jalan tol, gedung, bahkan melakukan maintenance pada suatu gedung.
  7. Mampu mengangkat beban pada ketinggian tertentu. Tentunya apabila beban yang diangkat berlebih akan mengaktifkan sensor keamanan.