Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Jenis-Jenis dan Fungsi Gantry Crane

Posted Date, 17 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Sari Narulita, S.T.

Jenis-Jenis dan Funsi Gantry Crane

Jenis-Jenis dan Funsi Gantry Crane - Ada beberapa jenis Crane yang umum digunakan pada industri alat berat, salah satunya adalah Gantry Crane. Gantry Crane bekerja dengan cara bergerak di atas rel seperti kereta api, maju dan mundur, serta bisa digunakan pada kondisi indoor atau pun outdoor.

Gantry Crane bisa digunakan dalam dua jenis fungsi yaitu Manual Gantry Crane dan Electric Gantry Crane.

Manual Gantry Crane bekerja dengan system operasional manual, tidak menggunakan rel pada kedua kaki gantry tapi menggunakan roda. Manual Gantry sangat terbatas pada kapasitas yang bisa digunakan. Manual Gantry Crane menggunakan manual hoist seperti chain block yang dipasang pada manual geared trolley untuk bergerak ke kiri dan kanan.  Tapi bisa juga menggunakan electric chain hoist dengan manual trolley atau electric trolley, namun untuk bergerak / perpindahan dari satu lokasi ke lokasi lain tetap menggunakan tenaga manusia.

Kelemahan dari manual Gantry Crane ini adalah tetap menggunakan tenaga manusia dalam pekerjaan nya, tapi dari sisi perawatan dan biaya yang dikeluarkan lebih rendah dibandingkan Electric Gantry Crane.

Electric Gantry Crane
Electric Gantry Crane seluruh operasional kerja nya menggunakan tenaga motoran yang bergerak di atas rel serta pengoperasian operator crane menggunakan remote.

Gantry Crane terdiri dari beberapa bagian :
Girder, terdiri dari balok yang sejajar dengan ruang pada bagian tengah tempat meletakan hoist nya. Girder adalah penopang hoist. Jenis girder dibagi menjadi dua jenis yaitu single girder dan double girder tergantung besar kapasitas hoist yang digunakan.

Kaki Gantry Crane yang dibawah nya terdapat roda yang bergerak di atas rel, memiliki 4 penyangga tiang yang terhubung pada balok.

Bagian yang juga utama adalah Hoist. Hoist yang gunakan bisa berupa wire rope hoist atau chain hoist yang bisa berpindah ke kiri atau kanan sesuai dengan perintah operator. Menggunakan hook untuk mengangkat beban, bergerak ke kiri dan kanan pada girder dan naik turun untuk menaikan dan menurunkan beban.

Baca Juga:

Untuk menggerakan Hoist ke kiri dan kanan menggunakan remote yang di kendalikan oleh operator. Remote Gantry bisa juga menggunakan Telecrane yang berbasis tanpa kabel.

Pada beberapa Gantry Crane ada yang menggunakan Cabin Control Room. Operator mengendalikan Gantry Crane dari dalam Control Room untuk menggerakan hoist saat menaikan dan menurunkan beban. Beberapa Gantry Crane juga ada juga yang meletakan pengaturan roda didalam Control Room, namun Sebagian untuk pengaturan roda biasanya ada di samping kaki crane. Cabin Control Room biasanya dilengkapi dengan penyejuk udara agar operator merasa nyaman dalam bekerja.

Secara umum fungsi dari Gantry Crane ini adalah mengangkat beban dari satu lokasi ke lokasi lainnya, dengan cara mengaitkan beban pada hook hoist, lalu Gantry Crane bergerak pada rel sepanjang rel yang terpasang.

Gantry Crane salah satu jenis crane yang banyak digunakan, terutama di Pelabuhan Peti Kemas karena sangat efisien untuk menaikan dan menurunkan container ke atas kapal.

Manual Gantry Crane banyak digunakan pada industry industry kecil dan perbengkelan karena ketebatasan biaya dan ruangan yang bisa digunakan.

Indotara menyediakan Manual Gantry dan Electric Gantry Hoist dengan menggunakan LGM Wire Rope Hoist, Samsung Wire Rope and Chain Hoist, PODEM Wire Rope Hoist, Verkronn Wire Rope and Chain Hoist, serta Samsung Manual Chain Hoist untuk Manual Gantry Crane.