Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Jenis-Jenis Forklift dan Fungsinya dalam Industri

Editor: Fiki
Jenis-Jenis Forklift dan Fungsinya dalam Industri
Forklift merupakan mobil alat berat yang kegunaannya untuk mengangkat beban berat, memindahkan beban, dan menurunkan beban berat dari satu tempat ke tempat lain. Beban yang diangkat merupakan beban yang susah diangkat menggunakan tenaga manusia. Forklift sering digunakan di area pergudangan, logistik, pabrik, pelabuhan dan lain-lain.

Dengan adanya unit Forklift dapat mempermudah dan mempercepat suatu pekerjaan yang berat dan operasional dalam suatu perusahaan.

Jenis dan fungsi Forklift:


1. Forklift Diesel BOMAC

Jenis forklift ini adalah salah satu Forklift yang sering kita lihat dalam pergudangan, logistik maupun pelabuhan. Forklift ini menggunakan bahan bakar Solar. Forklift diesel BOMAC sangat cocok digunakan untuk lokasi outdoor. Karena Forklift Diesel di rancang untuk tahan di area outdoor dibandingkan Forklift Electric.

Forklift Diesel cocok digunakan untuk kapasitas yang sangat besar. Kapasitas Forklift Diesel BOMAC dimulai dari 1 Ton sampai dengan kapasitas 50 Ton. Tinggi angkat Forklift bisa mencapat 6-7 meter.

Forklift Diesel BOMAC memiliki 3 Engine yaitu Engine BOMAC, Engine Mitsubishi & Engine ISUZU.

Forklift Diesel BOMAC memiliki ukuran Radiator yang besar dari Forklift lainya. Tujuannya supaya Forklift Diesel BOMAC mampu dioperasikan selama 24 jam nonstop.

Forklift diesel harus dijaga maintenance mesinnya supaya unit tersebut tetap awet dan terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan.


2. Forklift LPG/Gasoline BOMAC

Forklift jenis ini memiliki 2 bahan bakar yang terdapat dalam 1 unit Forklift. Forklift tersebut memiliki switch yang berguna untuk mengganti jenis bahan bakar yang mau digunakan. 2 jenis bahan bakar pada forklift ini yaitu Gas & Bensin.

Engine pada forklift yang digunakan adalah Engine Nissan. Forklift ini memiliki 2 transmisi yaitu Manual dan Automatic. Tinggi angkat Forklift bisa mencapat 6-7 meter.


Jenis transmisi pada Forklift BOMAC :


Transmisi Forklift BOMAC ada 2 yaitu Transmisi Manual dan Transmisi Automatic. Untuk Transmisi Forklift hanya ada pada Forklift Diesel dan Forklift LPG/Gasoline.

Perbedaan Transmisi Manual dan Automatic:

- Manual Transmission

Transmisi manual pada Forklift cara pengoperasiannya lebih sulit dibandingkan dengan Transmisi Automatic. Pengoperasian pada transmisi manual sama seperti pada mobil manual yaitu Kopling, Rem dan Gas.

- Automatic Transmission

Transmisi automatic  pada Forklift cara pengoperasiannya lebih mudah dibandingkan dengan transmisi manual. Cara pengoperasian transmisi automatic ini cukup menggerakan handel jalan ke maju atau mundur, setelah itu menginjak gas atau rem untuk mengoperasikannya, sama seperti mobil automatic pada umumnya.


3. Forklift Elektrik BOMAC

Forklift Electric BOMAC ini dirancang untuk memenuhi kondisi pergudangan atau pabrik yang bebas gas buang. Forklift elektric BOMAC sangat cocok digunakan untuk industri farmasi maupun makanan karena tidak mengeluarkan asap berbahaya. Forklift Electric lebih diperuntukan digunakan di indoor, hal ini karena forklift elektrik menggunakan baterai sebagai sumber energinya dan memiliki beberapa electrical yang sensitif pada air. Forklift

Forklift Electric BOMAC ini juga tidak memiliki kebisingan seperti Forklift Diesel dan Forklift LPG/Gasoline.

Forklift Electric BOMAC memiliki 2 jenis battery yaitu Lead Acid dan Lithium. Battery Lead Acid merupakan battery basah, maksimal pemakaian 8 jam dan pengecasan maksimal 8 jam. Battery Lithium merupakan battery kering, maksimal pemakaian 6-7 jam dan pengecasan hanya membutuhkan 3 jam.

Dapatkan Bomac forklift hanya di PT. Indotara Persada