Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Jenis-Jenis Hoist Crane

Posted Date, 15 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Andreas Andaliza, S.T.

Jenis-Jenis Hoist Crane

MODEL-MODEL JENIS CRANE YANG MENGGUNAKAN TIANG BANGUNAN
Ada berbagai macam model-model crane berdasarkan bentuk maupun kebutuhannya, yang akan kita bahas kali adalah hoist crane. Hoist crane adalah adalah alat bantu yang berfungsi untuk mempermudah memindahkan barang dari tempat satu dan ketempat lainnya dan juga mampu mengangkat barang. Hoist crane juga bisa digunakan di dalam ruangan dan diluar ruangan. Oleh sebab itu hoist crane ini sangat mudah digunakan dan juga lebih efisien.

Dalam penggunaannya hoist crane sendiri ada beberapa model yaitu hoist crane dengan model gantry, jib crane, monorail, dan juga overhead crane. Kali ini kita akan bahas beberapa tipe dari overhead crane dan kegunaanya.

Overhead Crane Single Girder
Dalam kegunaannya overhead crane single girder banyak digunakan oleh beberapa perusahaan banyak di indonesia. Banyak penggunaan overhead crane single girder karena sangat efisien dalam kegunaannya. Banyak point-point yang perlu disiapkan dalam pemakain overhead crane tipe single girder ini sendiri. Karena dalam pelaksanaannya crane itu bertumpu kepada tiang beton dan baja dari bangunan tersebut. Dan juga dengan kekuatanya mampu mengangkat beban 1-100 ton. Banyak pengguna memilih ini karena harga yang didapatkan lebih ekonomis dan juga persiapan nya tidak terlalu rumit seperti tiang dari bangunan, console dan juga runway. Jadi dalam penggunaannya pergerakannya lebih luas  lagi

Baca Juga:

Overhead Crane Double Girder
Banyak penggunaan overhead crane double girder dipakai dalam pekerjaan hoist crane. karena sangat efisien dalam kegunaannya. Banyak point-point yang perlu disiapkan dalam pemakain overhead crane tipe double girder ini sendiri. Karena jarak antar girder yang disiapkan sangat lebar. Dan biasanya tipe ini dipakai untuk area-area gudang yang mempunyai space tidak terlalu tinggi dan juga membutuhkan ketinggian yang sesuai dinginkan. Dalam hal ini overhead double girder dalam penggunanya sama dengan tipe single hanya saja dalam double girder ini ada tambahan untu memudahkan pengguna dalam memaintace hoist dan crane. Salah satunya maintance platform atau sering kita denger jembatan crane yang berguna untuk manusia dalam memaintace crane ini. Beban yang diangkut bisa dari 1-100 ton dan biasanya double girder crane ini dipakai dengan kapasitas beban yang sangat besar. Karena dari sisi pengguna lebih safety dan memudahkan maintance. Hanya saja kekuranganya yaitu cost yang dibutuhkan sangat besar sehingga selalu menjadi pembanding dalam pemakainya.

Underhug Crane
Underhug crane ini dalam pelaksanannya sama dengan overhead crane hanya saja dalam pelaksannya posisi dalam undehung crane ini dipasang dikondisi dibawah runway dari bangunan tersbut. Alasannya karena kita ruangan nya tidak bisa dipasang overhead crane, underhug bisa menjadi solusi untuk dalam penggunanya. Dengan kapasitas yang bisa dipakai dari 1-100 ton hal ini menjadi salah satu alternatif pengguna jikalau dalam kondisi lapangan tidak bisa untuk dipasang overhead crane tersebut.

Dari penjelasan tadi  kita jadi tau apa saja model-model type crane dalam overhead crane dan underhug dengan penjelasan yang ada dalam hoist crane. Oleh karena itu kita memberikan penjelasan agar pengguna bisa tau crane apa saja yang cocok jikalau ingin menggunakan kekuatan dari tiang bangunan yang dipakai.

Untuk lebih detailnya dan ingin lebih tau  lagi bisa langsung menghubungi Indotara Persada.