Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Jib Crane: Keuntungan Konsol yang Dapat Disesuaikan

Editor: Fiki
Jib Crane Keuntungan Konsol yang Dapat Disesuaikan
Dalam dunia industri dan manufaktur saat ini dapat ditemukan beberapa jenis crane dengan menyesuaikan tujuan dan manfaat sesuai komoditas masing-masing seperti overhead crane, gantry crane, semi-gantry crane dan lain sebagainya. Pada kesempatankali ini kita akan sedikit membahas Jib Crane dan keuntungannya.

Jib Crane merupakan jenis crane serbaguna dimana part horisontal (beam) nya mendukung untuk pergerakan memutar 0-360 derajat yang dapat disesuaikan dengan tetap menempel pada dinding atau tiang yang di mounting pada lantai. Sebagai pertimbangan utama Jib Crane ini digunakan pada workshop/warehouse dengan komoditas yang padat dan tidak memungkinkan dilakukan pemasangan crane seperti gantry.


1. Konsol yang dapat disesuaikan

Konsol yang dapat disesuaikan adalah fitur standar yang menawarkan keunggulan kompetitif Jib Crane dibandingkan dengan jenis crane lainnya. Kegunaan dari Jib Crane ini juga sangat variatif akibat adanya konsol yang dapat disesuaikan dengan putaran hingga 360 derajat. Dengan mounting tiang pada lantai, Jib Crane memungkinkan dilakukan instalasi tanpa adanya dukungan struktur lain seperti kolom pada overhead crane. Hal ini sangat menguntungkan bagi komoditas seperti galangan kapal, dok muatan kapal, bengkel dan gudang yang tidak membutuhkan ruang terlalu luas dengan memanfaatkan keterbatasan ruang tersebut dengan maksimal.

Selain berdiri bebas diatas lantai, Jib Crane juga dapat dikonfigurasikan pada dinding yang dapat mengakomodasi hampir semua bagian sesuai dengan tata letak produksi yang dibutuhkan.

Pada Jib Crane ini dapat dipasang beberapa tipe mesin hoist seperti rantai, wirerope maupun manual untuk disesuaikan dengan kebutuhan komoditas.

 
2. Mengontrol gerakan yang tidak diinginkan

Sebagai konsol yang dapat disesuaikan, Jib Crane dapat memberikan nilai keserbagunaan, value dan tetap mengutamakan keamanan dalam pengoperasian sehari-hari. Konsol ini dengan mudah dilakukan penyetelan balok girdernya untuk mengontrol gerakan yang tidak diinginkan, beam dan troli untuk pengoperasian yang aman dan efisien.

Selain sebagai fitur keselamatan, konsol yang dapat disesuaikan ini dapat menjadi penunjang produktivitas yang hemat waktu dibandingkan dengan tipe crane lainnya karena pada dasarnya sifat Jib Crane yang hanya membutuhkan satu kolom sebagai penopang utama.

Jib Crane termasuk dalam jenis crane yang mudah dimodifikasi dalam penyesuaiannya tata letaknya seperti misalnya jika dilakukan relokasi proses produksi pada pabrik.

 
3. Fitur keamanan crane yang lengkap

Seperti dengan tipe crane lainnya, keamanan menjadi salah satu faktor paling penting dalam konstruksi hoist crane. Mudahnya memodifikasi Jib Crane ini menjadi fitur keamanan yang dapat disesuaikan pula karena dapat di konfigurasikan dengan jenis hoist apapun.

Seiring berkembangnya teknologi pada hoist yang menyertakan tombol darurat pada pendant control, pad Jib Crane juga bisa dilakukan instalasi fitur keamanan serupa seperti tombol darurat yang dipasang pada kolom penopang.