Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Lebih Mengenal Hand Pallet

Posted Date, 26 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Adi Hermawan, S.T.

Lebih Mengenal Hand Pallet

Lebih Mengenal Hand Pallet -Hand pallet adalah alat bantu untuk mengangkut barang yang bertujuan untuk memindahkan posisi barang dari satu tempat ke tempat lainnya.
Dengan menggunakan Hand pallet pekerjaan untuk menindahkan posisi barang akan menjadi lebih mudah ditambah daya angkut yang besar membuat Hand Pallet sangat berguna dalam menghandle Barang, Untuk kapasitas daya angkut juga sangat bervariasi dari kapasitas berat 500 kilogram sampai dengan kapasitas 5 Ton untuk daya angkut, untuk lebih mengenal Hand Pallet kita simak beberapa data berikut :

Tenaga Penggerak
Jika dilihat dari tenaga penggeraknya hand pallet dibedakan menjadi 3, yaitu Manual, Semi Electric dan Electric,

Manual
Kita akan membahas satu persatu pertama dari manual, untuk manual hand pallet semua menggunakan tenaga operator, dari mulai lifting untuk mengatur ketinggian sampai dengan mobilitas pergerakannya, kekurangan dari manual adalah harus extra tenaga dalam operasionalnya namun type ini paling banyak digunakan mengingat lebih ekonomis dalam segi harga

Kedua, Semi Electric
Untuk type semi electric dibagi menjadi dua tenaga, untuk mobilitas pergerakannya sudah menggunakan tenaga listrik dari battery jadi user hanya mengendalikan setirnya (pergerakan maju mundurnya) melalui tuas namun untuk lifting ketinggian garpunya masih menggunakan tenaga operator

Ketiga Electric Hand Pallet
berbeda dengan kedua diatas untuk Electric Hand pallet sudah full menggunakan tenaga listrik dari battery. Ini sangat mudah dan meringankan pekerjaan operator serta membuat pekerjaan jauh lebih cepat. Ada dua type untuk Electric Hand Pallet yaitu Rider (user berdiri di unit) dengan Walkie (User berjalan)

Baca Juga:


Cara kerja hand pallet

Di atas kita sudah mengetahui Hand Pallet dari segi kapasitas dan tenaga penggeraknya, nah sekarang untuk Cara kerja Hand Pallet itu sangat simpel, yaitu dengan mengangkut pallet atau barang yang sudah disusun diatas garpu

Jika menggunakan Hand Pallet Manual cara kerjanya adalah dengan memompa Hydraulic melalui tuas yang sudah tersedia sampai barang atau pallet terangkat. Berbeda dengan semi electric atau electric yang menggunakan tombol. Untuk daya ketinggian Hand Pallet pun bervariasi dari 15 cm sampai 25 cm

Selain hal tersebut Hand Pallet pun memiliki 2 tipe jenis roda yang sudah umum digunakan.

Yang pertama adalah PU atau polyurethane. Untuk jenis roda ini sangat cocok digunakan untuk media lantai yang cenderung lebih halus atau licin, dikarenakan Polyurethane memiliki karakteristik yang tidak keras oleh karna itu akan mengurangi dampak gesekan dan menyebabkan garet atau kerusakan pada lantai. Roda PU biasa digunakan di lantai keramik, epoxy, dan lainnya.

Jenis lainnya adalah Nylon, Berbeda dengan PU, Nylon memiliki karakteristik kebih keras dan cocok digunakan pada permukaan lantai yang bergelombang atau tidak halus, karna Nylon jauh lebih kuat dan tidak mudah rusak. Nylon biasa digunakan di lantai semen, tanah, dan lainnya.

Setelah kita mengenal hand pallet dari segi kekuatan angkut, jenis roda, serta cara penggunaan, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah pemilihan merek untuk penggunaan.
Merek ternama yang sudah tidak asing lagi di dunia material handling adalah Shigemitsu dari PT. Indotara Persada Dengan Japan Quality yang bergaransi lama sampai dengan 3 tahun sangat cocok dipakai dan digunakan untuk kebutuhan material handling. Varian yang lengkap bisa menjadi pilihan Anda dalam menentukan jenis Hand Pallet yang dibutuhkan Selain keunggulan dari productnya, PT. Indotara Persada juga menyediakan suku cadang part dan teknisi yang handal.