Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Load Limiter Pada Hoist Crane Pentingnya Untuk Keselamatan Kerja

Editor: Rosyid
Load Limiter Pada Hoist Crane Pentingnya Untuk Keselamatan Kerja
Load Limiter pada Hoist Crane: Pentingnya untuk Keselamatan Kerja - Hoist crane atau derek angkat adalah alat berat yang banyak digunakan di berbagai industri seperti konstruksi, manufaktur, dan pertambangan. Namun, karena potensi bahaya yang cukup tinggi ketika digunakan secara tidak benar, ada banyak peraturan dan standar keselamatan yang harus diikuti oleh para operator hoist crane. Salah satu perangkat keselamatan yang penting pada hoist crane adalah load limiter atau pengatur beban.

Load limiter pada hoist crane adalah perangkat yang dirancang untuk mencegah kecelakaan akibat kelebihan muatan pada hoist crane. Hal ini sangat penting untuk menjaga keselamatan kerja dan kesehatan para operator dan pekerja di sekitar hoist crane. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci mengenai apa itu load limiter, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa load limiter sangat penting untuk keselamatan kerja.

Apa itu Load Limiter?
Load limiter adalah sistem pengaman yang memungkinkan hoist crane untuk secara otomatis menghentikan pengangkatan beban ketika beban yang diangkat sudah melebihi kapasitas maksimal yang telah ditentukan. Dengan load limiter, operator hoist crane dapat mengangkat barang dengan aman dan terhindar dari kecelakaan.

Load limiter dapat memonitor dan mengevaluasi beban yang diangkat dengan menggunakan beberapa teknologi berbeda, seperti load cell atau sensor tekanan. Sensor-sensor ini dapat memonitor beban pada setiap tahap angkatan, dan mengirimkan sinyal ke sistem pengontrol untuk memberitahu operator jika beban melebihi kapasitas maksimum.

Cara Kerja Load Limiter pada Hoist Crane
Ada dua jenis load limiter yang umum digunakan pada hoist crane: load cell dan pressure transducer. Keduanya memonitor beban yang diangkat dan memberikan sinyal ketika beban melebihi batas maksimum.

Load cell adalah jenis load limiter yang paling umum digunakan pada hoist crane. Load cell bekerja dengan mengukur berat beban yang diangkat melalui sensor yang ditempatkan di bawah hook atau jangkar hoist crane. Sensor tersebut kemudian akan mengirimkan sinyal ke load limiter ketika beban sudah mendekati atau melebihi kapasitas maksimal hoist crane. Setelah menerima sinyal, load limiter akan secara otomatis menghentikan pengangkatan beban.

Pressure transducer adalah jenis load limiter yang menggunakan tekanan hidrolik untuk mengukur beban yang diangkat. Pressure transducer ditempatkan di dalam sistem hidrolik hoist crane dan akan mengukur tekanan hidrolik yang dibutuhkan untuk mengangkat beban. Ketika tekanan hidrolik sudah mencapai batas maksimal, pressure transducer akan memberikan sinyal untuk menghentikan pengangkatan beban.

Pentingnya Load Limiter pada Hoist Crane
Load limiter pada hoist crane sangat penting untuk menjaga keselamatan kerja dan mencegah kecelakaan akibat kelebihan muatan pada hoist crane , dan itu semua sudah ada di dalam unit hoist yang PT. Indotara Persada sediakan.