Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Macam-Macam Alat Berat Untuk Proyek Bangunan

Posted Date, 17 Maret 2023

Editor: Fiki

Penulis: Fikario Adiyuda, S.M.

Macam-Macam Alat Berat Untuk Proyek Bangunan
Dalam bidang konstruksi, yang disebut alat berat adalah suatu alat yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan konstruksi, sehingga lebih mudah mencapai hasil yang diinginkan dalam waktu yang relatif singkat.

Namun, jika Anda menggunakan alat berat yang tidak sesuai dengan kondisi dan keadaan lapangan, maka akan menyebabkan rendahnya produksi, kegagalan untuk menyelesaikan target sesuai rencana yang dijadwalkan, atau kerugian karena perawatan yang tidak tepat. Oleh karena itu, sebelum menentukan jenis dan jumlah alat berat yang digunakan, kita perlu memahami jenis alat berat dan perannya dalam proyek konstruksi.

Jenis alat berat dan fungsinya:

Buldozer

Dozer adalah alat yang biasa digunakan dalam proyek konstruksi untuk menangani material galian atau timbunan. Terdapat bucket pada bagian dozer, sehingga alat ini disebut juga front end dozer.

Excavator

Pemilihan excavator harus mempertimbangkan kemampuan alat dalam kondisi lokasi tertentu. Perbedaan utama antara berbagai excavator adalah alat gali excavator berada di depan, tetapi semuanya memiliki alat penggerak, baik ban maupun trek. Jika alat akan digunakan pada permukaan yang kasar atau kurang padat, excavator dengan track besi biasanya menjadi pilihan. Dan juga, karena alat tidak perlu banyak bergerak selama pengoperasian[PR1] .

Dump Truck

Fungsi dump truck adalah untuk mengangkut tanah, pasir, batu, dan material lainnya untuk proyek konstruksi. Pemilihan truk tergantung pada kondisi lokasi, volume material, waktu dan biaya. Besar kecilnya kapasitas truk tergantung dari waktu yang dibutuhkan untuk memuat material ke dalam truk dibandingkan dengan waktu transit truk. Secara umum, pilihlah truk dengan kapasitas empat hingga lima kali lipat dari excavator yang akan memuat material ke dalam truk

Compactor

Compactor sering disebut kompresor. Alat pemadat adalah alat yang digunakan untuk memadatkan tanah, pada intinya berusaha mengatur ulang susunan partikel-partikel tanah agar semakin lama semakin padat.

Jenis-jenis pemadat mekanis adalah sebagai berikut:

• Penggiling roda tiga

• Tandem roller

• Sheep foot roller (rol besi beroda tiga dengan permukaan menyerupai kaki domba)

• Rol dengan ban pneumatik

• Pemadat aspal

Forklift

Forklift biasanya di temukan di area pergudangan, tetapi kadang forklift dengan attachment tertentu dapat ditemukan di daerah pembangunan, seperti forklift dengan attachment bucket, yang dapat digunakan seperti loader pada umumnya untuk mengangkut pasir, semen, dll, selain memiliki badan yang lebih ramping dibandingkan loader, forklift juga memiliki beberapa opsi bahan bakar seperti bensin, solar, dan elektrik.

Hanya di PT. Indotara Persada Anda bisa mendapatkan unit di atas dengan harga dan kualitas terbaik di Indonesia, untuk info lebih lanjut dapat mengunjungi website kami di www.indotara.co.id atau dapat menghubungi 0811-1765-305.