Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Macam - Macam Jenis Winch

Editor: Rosyid
Macam – Macam Jenis Winch
Winch adalah alat atau piranti yang digunakan untuk menarik beban secara horizontal. Dalam hal ini winch sendiri banyak digunakan di beberapa bidang dan medan seperti bisa digunakan untuk lift barang, bisa juga di dunia perkapalan, dunia konstruksi dan yang sering kita denger di dunia offroad. Winch seolah menjadi salah satu daya tarik yang banyak orang pakai.

Sebab banyak hal atau kegiatan yang membutuhkan winch tersebut, apalagi di zaman modern seperti ini winch bisa jadi salah satu alat yang membantu dalam mengerjakaan hal hal yang manusia sendiri itu sulit dilakukan. Maka dari itu winch sendiri banyak sekali jenis-jenisnya seperti winch elektrik, Winch Power Take Off (PTO), Manual winch dan winch hidrolik.

Maka dari itu disini kita akan jelasan jenis-jenis winch dan ideal tipe penggunanya sebagai berikut:

1. Elektrik Winch
Elektrik winch ini menggunakan baterai kendaraan, steker, atau sumber listrik lain untuk menghidupkannya. Ini dapat menguras baterai, jadi fungsi winch ini lebih cocok untuk penggunaan cepat, sesekali, dan ringan. Keuntungan winch elektrik adalah lebih mudah dipasang daripada jenis lainnya, dan dapat dengan mudah dipindahkan dari satu kendaraan ke kendaraan lain. Sesuai dengan produk kita yang bernama taiwan winch

2. Air Winch
Untuk jenis yang satu ini bisa dibilang paling aman dan praktis. Karena cara kerja utamanya adalah dengan memakai udara yang sudah terkompresi sehingga alat ini sangat ramah lingkungan dan akan lebih awet dan kuat dibanding alat derek yang lainnya. Fungsinya sama untuk menarik material , menggantung bahkan bisa mengangkat. Jenis ini paling cocok digunakan untuk beberapa jenis industri seperti bidang konstruksi, gas dan juga indutsri laut.

3. Manual Winch
Untuk alat ini jelas dengan namanya yaitu Hand menggunakan tangan sebagai sumber penggeraknya atau biasa alat ini disebut dengan alat manual. Karena menggunakan tenaga manual, maka penggunaanya pun hanya dapat diaplikasikan pada pekerjaan ringan. Bagian dari alat ini mempunyai lengan tuas dan juga terdapat poros laras yang dijadikan tumpuan. Namun alat ini masih memiliki kelebihan yang tidak dimiliki jenis lain, alat ini masih dapat berfungsi dengan baik dan aman jika digunakan saat musim hujan atau lahan yang basah. Karena tidak berbahya dan tidak bermuatan listrik pada alat tersebut. Untuk produk manual winch ini kita punya salah satu produk unggulan yaitu dengan tipe

4.Hydraulic Winch
Jenis ini mungkin jarang anda ketahui karena memang cara pengoperasiannya menggunakan cairan dan memanfaatkan sistim pompa motor dan hidrolik antara winch dan juga genset . Penggunaan jenis hydraulic direkomendasikan untuk pengangkutan barang atau obyek yang jauh lebih berat karena penggunaannya lebih hemat daya dibandingkan dengan elektrik sebelumnya. Kelebihan lainnya adalah hydraulic bisa melakukan tarikan dalam jangka waktu yang jauh lebih lama dan bahkan daya tarikannya pun konsisten. Dan lebih hebatnya lagi jenis ini tetap dapat beroperasi dengan baik didalam air sehingga memang jenis ini sangat cocok untuk industri yang berhubungan dengan laut.

Dari penjelasan tadi kita jadi tau apa saja macam-macam winch yang ada. Oleh karena itu kita memberikan penjelasan agar pengguna bisa tau winch apa saja yang cocok dengan sesuai kebutuhan kita. Dan untuk winch yang berkualitas hanya taiwan winch yang berada di indotara.

Untuk lebih detailnya dan ingin lebih tau lagi bisa langsung menghubungi Indotara Persada.