Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal Bagian-Bagian Overhead Crane

Editor: Ipin
Mengenal Bagian-Bagian Overhead Crane
Mengenal Bagian-Bagian Overhead Crane - Overhead crane atau biasa disebut sebagai bridge crane, adalah jenis crane yang digunakan di atas kepala atau di atas bangunan pabrik atau gudang. Crane ini memiliki kapasitas angkat yang besar dan digunakan untuk mengangkat dan memindahkan beban berat dari satu tempat ke tempat lain. Overhead crane terdiri dari beberapa bagian penting yang perlu dipahami oleh operator dan teknisi yang akan mengoperasikan dan merawat crane tersebut. Berikut adalah penjelasan bagian-bagian overhead crane:

1. Girder
Girder atau jembatan adalah bagian utama dari overhead crane. Girder biasanya berupa I-Beam atau berbentuk welded box dimana plat-plat besi di las menjadi satu membentuk box. Jumlah girder juga menyesuaikan tipe overhead crane yang dibuat baik overhead crane single girder atau overhead crane double girder. Girder bergerak maju-mundur pada rel dan girder ini yang akan menangani angkutan berat dan pergerakan beban di sepanjang area kerja.

2. Hoist
Hoist adalah bagian overhead crane yang bertanggung jawab untuk mengangkat beban. Hoist biasanya terdiri dari drum kabel, motor, rem, dan mekanisme pengikat beban. Hoist bisa berbentuk elektrik atau manual. Hoist elektrik menggunakan motor untuk menggerakkan drum kabel, sedangkan hoist manual mengandalkan tenaga operator untuk mengangkat beban.

3. Trolly
Troli adalah bagian overhead crane yang berfungsi untuk menggerakkan hoist ke sisi kiri dan kanan. Troli bergerak menggantung pada girder atau di atas jembatan dan mengikuti rel. Troli dapat digerakkan secara manual atau otomatis, tergantung pada jenis crane yang dibutuhkan. Biasanya pada hoist elektrik, troli sudah menjadi 1 set dengan hoist sehingga komponen ini sering dijadikan satu kesatuan.

4. Festoon System
Festoon system adalah bagian overhead crane yang bertanggung jawab untuk mengatur kabel listrik dan kabel kontrol di atas kepala. Festoon system biasanya terdiri dari rangkaian kabel listrik dan kabel kontrol yang digantung di atas kepala girder. Kabel ini dirancang untuk menahan beban berat dan memungkinkan kabel listrik dan kabel kontrol untuk bergerak bebas saat crane bergerak.

5. End carriage
End carriage adalah bagian overhead crane yang bertanggung jawab untuk menopang girder crane dan memungkinkan girder bergerak di atas rel. End carriage terdiri dari roda, bantalan, dan motor yang terpasang di bawah girder crane. End carriage memungkinkan girder untuk bergerak maju-mundur dengan lancar dan dengan sedikit gesekan.

6. Control Panel
Control panel atau panel kontrol adalah bagian overhead crane yang digunakan menyimpan semua komponen elektrikal yang terdapat pada crane guna menggerakan crane tersebut. Control panel ini biasanya terpasang di tepi atau di bawah girder crane. Panel kontrol ini berisi segala komponen elektrikal yang berguna untuk menggerakkan komponen elektrik di girder, hoist, dan troli.

7. Long Travel Electrical
Long travel electrical adalah bagian overhead crane yang digunakan untuk menyuplai daya listrik sepanjang pergerakan long travel overhead crane. Komponen ini biasanya terdiri dari conductor rail, collector arm, collector shoe, dan end tensioner. Komponen ini biasanya menggantung pada bagian tepi konstruksi girder agar listrik di sepanjang long travel crane tetap tersupply.

8. Long Travel Rail dan Runway Beam
Runway beam merupakan bagian overhead crane yang menjadi dudukan bagi girder dimana pada bagian atas dari runway beam ini akan di las rel yang berfungsi sebagai lintasan bagi konstruksi girder crane. Runway beam biasanya berupa sebuah besi IWF yang membentang secara horizontal sepanjang kebutuhan long travel dari girder tersebut di lapangan yang kedudukannya ditopang oleh console/tiang joint existing/tiang independent.

9. Console atau Tiang Joint Existing atau Tiang Independent
Console atau Tiang Joint Existing atau Tiang Independent merupakan komponen yang menopang semua konstruksi overhead crane di atasnya. Pembeda dari ketiga komponen tersebut yaitu pada kedudukannya di lapangan. Console merupakan potongan besi yang di las ke kolom struktur bangunan yang akan dipasang overhead crae. Tiang Joint Existing merupakan tiang penupang yang berada di sebelah tiang kolom struktur serta disambung menggunakan besi membentuk Cremona sebagai perkuatan dan penopang konstruksi girder overhead crane di atasnya. Sedangkan Tiang Independent merupakan tiang penopang yang berdiri sendiri untuk menopang konstruksi overhead crane di atasnya tanpa penyambungan besi ke kolom struktur bangunan yang akan dipasang overhead crane.