Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Mengenal Fungsi dan Jenis Winch Industri

Editor: Ipin
Mengenal Fungsi dan Jenis Winch Industri
Mengenal Fungsi dan Jenis Winch Industri - Mengenal Fungsi dan Jenis Winch Industri - Perkembangan dari jaman ke jaman yang sangat pesat membuat banyak orang menggunakan alat yang menunjang dan mempermudah untuk sebuah pekerjaan manusia yang ditujukan agar supaya memaksimalkan produktivitas, hasil kerja yang memuaskan dan pastinya pekerjaan juga akan menjadi mudah, praktis dan rapi.

Alat winch ini yang lebih rumit memakai gear, elektik, hidrolis, penumatik (berisi udara), atau untuk pembakaran internal sebagai alat pengggerak. Fungsi dari winch industry ini yang paling kompleks mungkin menggunakan rem solenoida dan rem mekanis atau Ratchet (roda bergigi searah) dan pawl untuk mencegah dari terlepas kecuali pawl ditarik kembali. Pawl merupakan komponen mekanis yang bekerja dengan dengan komponen lain untuk mencegah terjadi gerakan sama sekali, ini sejenis kait. Terdiri dari bagian yang padat bermuatan pegas yang sering berputar di satu ujung dan mengaktifkan komponen lain pada sudut curam di ujungnya.

Beberapa fungsi winch dan aplikasinya:

Elcric Winch
Electric winch ini menggunakan baterai pada kendaraan, steker, atau sumber daya listrik lainnya untuk menghidupkan. Hal ini dapat menguras baterai, jadi sebaiknya fungsi winch ini lebih cocok untuk sebuah penggunaan yamg cepat, sesekali dan ringan. Keuntungan pada winch electric ini lebih mudah dipasang dari pada jenis lainnya dan juga dapat dengan mudah dipindahkan dari satu kendaraan ke kendaraan yang lain.

Air winch
Alat ini memakai udara terkompresi sehingga dapat lebih ramah lingkungan dan lebih kuat dari pada jenis derek. Fungsi ini untuk mengangkat dan menggantung sebuah maerial dan air winch terutama digunakan didalam sebuah industry kelauutan dan konstruksi.

Hand Operated Winch
Mengoperasikan dengan tangan merupakan derek manual yang bekerja baik maupun untuk aplikasi yang lebih ringan. Winch ini juga memiliki sebuah pegangan sebagai lengan tuas dan poros laras untuk sebagai tumpuan.winch ini berfungsi cocok untuk bekerja dalam kondisi basah dan berlokasi dimana tidak ada stop kontak, seperti area hutan.

Hydraulic Winch
Memanfaatkan sebuah cairan dengan system hidrolik dan pompa motor antara genset dan winch. Winch ini berfungsi untuk digunakan memindahkan sebuah kargo yang sangat berat di kapal atau kendaraan yang menggunakan lebih sedikit energi dari pada winch electric. Winch ini juga mampu menjalani siklus yang diperpanjang untuk sebuah tarikan yang lebih lama dengan daya listrik tarikan yang konsisten dan juga winch ini dapat bekerja dibawah air dapat membuat winch ini sangat cocok di perindustrian kelautan.

Capstan Winch
Berfuungsi untuk memberi daya pada poros engkol. Sebuah alat perangkat yang disebut sebagai dog clutch yang terhubung ke katrol poros engkol agar menarik tenaga. Winch ini memiliki satu bagian untuk memperpanjang di sekitar tempat bungkusan tali dan drum winch vertical untuk penarikan horizontal.

Snubbing Winch
Memiliki kumparan yang berposisi pada saat 90 derajat. Tidak kebanyakan derek, mesin ini tidak memiliki pegangan engkol. Fungsinya untuk mengutamakan pada penggunaan pengaturan pada sebuah layer pada perahu kecil. Pada saat pengaplikasian dengan gaya dihentikan, tegangan tersebut akan terbentuk dan beban yang akan di titik beratkan pada winch. Tekanan yang ada akan dilepaskan pada suatu tingkatan yang cukup terkendali dan dapat digerakan oleh operator yang mengelilingi kumparan winch tersebut.

Sekarang anda sudah mengetahui fungsi dan jenis winch yang berbeda, yang mana yang tepat untuk keperluan kebutuhan bisnis anda. Pemilihan fungsi dalam sebuah winch yang sesuai dapat meningkatkan produktivitas kerja dengan signitifikan terutama untuk heavy lifting yang biasanya dapat memakan waktu.