Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Menghitung Muatan Bucket Wheel Loader

Editor: Farhan

Wheel loader adalah Alat berat dengan roda yang dilengkapi bucket pengangkut di bagian depannya. unit ini sangat Effisien untuk penggunaan daerah kerja kering dengan permukaan rata dan kokoh karena memiliki mobilitas kerja yang tinggi. Wheel Loader juga bergerak dengan articulated yang memberikan ruang gerak kerja fleksibel yang tidak bisa dilakukan oleh crawler loader.

Dengan menggunakan Bucket untuk Pengangkut unit ini sangat berguna digunakan sebagai alat berat di area Pertambangan nah namun bagaimana cara mengetahui seberapa besar muaran di dalam Bucket Wheel Loader tersebut agar bisa digunakan dengan sangar effisien?

Untuk menghitung muatan bucket wheel loader, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Yang Pertama yang harus dilakukan adalah ukur volume bucket: sebelum dapat menghitung muatan di dalam bucket wheel loader, Anda perlu mengetahui berapa volume bucket yang dimiliki oleh alat Anda,. Caranya adalah dengan mengukur panjang, lebar, dan tinggi bucket, lalu mengalikan ketiganya. Misalnya, jika panjang bucket 2 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 1,5 meter, maka volume bucket adalah 2 x 1 x 1,5 = 3 meter kubik. atau biasanya dari vendor terkait sudah menjelaskan berapa kapasitas Volume dari Wheel Loadernya
Setelah itu Hitung berat jenis material: Berat jenis material dapat ditemukan pada tabel berat jenis material. Misalnya, berat jenis batu kapur adalah sekitar 2,5 ton/meter kubik. biasanya data ini bisa dicari di Internet
nah setelah mengetahui volume bucket dan berat jenis material, Anda dapat melanjutkan menghitung berat material yang ada di dalam bucket. Caranya mudah adalah dengan mengalikan volume bucket dengan berat jenis material. Misalnya, jika volume bucket 3 meter kubik dan berat jenis batu kapur 2,5 ton/meter kubik, maka berat batu kapur di dalam bucket adalah 3 x 2,5 = 7,5 ton.

Dan jangan lupa untuk perhatikan faktor penyesuaian, Faktor penyesuaian diperlukan untuk memperhitungkan kelebihan muatan yang mungkin terjadi saat material diangkat. Faktor penyesuaian dapat ditemukan pada tabel bucket wheel loader. Misalnya, jika faktor penyesuaian adalah 0,9, maka berat muatan sebenarnya adalah 7,5 x 0,9 = 6,75 ton.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghitung muatan bucket wheel loader dengan akurat. Namun, perlu diingat bahwa hasil perhitungan dapat berbeda tergantung pada berbagai faktor seperti kondisi operator, tingkat keausan bucket, dan jenis material yang diangkat.

Wheel loader dengan merek Bomac merupakan yang terbaik di Indonesia. Dengan desain yang tahan lama, performa yang handal, dan teknologi canggih, Bomac Wheel loader mampu menangani berbagai jenis pekerjaan konstruksi dan pertambangan dengan efisien dan efektif. Selain itu, Bomac juga menawarkan layanan purna jual yang memuaskan bagi pelanggannya.