Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Pengertian Forklift

Posted Date, 26 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Dadi Maulana, S.T.

Pengertian Forklift

Pengertian Forklift - Forklift merupakan suatu alat bantu untuk mengangkat barang atau benda dari satu tempat ke tempat yang lainnya, unit forklift pada umumnya digunakan pada jarak pendek seperti di dalam ruangan atau di dalam area pabrik saja. Yuk kita simak jenis-jenis forklift yang sering digunakan adalah sebagai berikut.

Forklift Diesel
Forklift diesel adalah Forlift paling terkenal dan paling banyak digunakan. Forklift jenis ini menjadi sasaran para perusahaan dan pabrik sebab harga terhitung paling murah dengan perawatan yang sangat mudah juga. Kemampuan utama pada forklift diesel untuk mengangkat beban yang berat dan mampu mengangkat (lifting) hingga ketinggian 7 meter.
Forklift Diesel adalah jenis forklift yang jarang digunakan di dalam ruangan karena berbahan bakar solar yang mengeluarkan emisi gas atau polusi udara.

Forklift Gasoline dan LPG
Forklift gasoline masuk ke jajaran alat berat yang ramah lingkungan karena bahan bakar forklift ini adalah bahan bakar berupa gasoline dan gas. Selain ramah lingkungan, harga pembeliannya juga masih terjangkau.

Forklift Elektrik
Forklift elektrik biasanya digunakan dalam ruangan, tenaga forklift ini adalah baterai dan pengisian ulang dengan menggunakan tenaga listrik. Jadi, jenis forklift ini termasuk forklift yang sangat paling ramah lingkungan. Untuk anda yang memiliki perusahaan produk makanan minuman, ini menjadi solusi terbaik memilih Forklift jenis ini, tanpa ada asap dan polusi udara. Forklift elektrik juga merupakan forklift free maintenance. Forklift elektrik juga tersedia dalam varia lead acid battery dan lithium battery.

Baca Juga:

    Dari kutipan di atas, Brand Bomac adalah salah satu Brand yang memiliki 3 Jenis Forklift di atas.
    Selain itu Bomac memiliki garansi terbaik jika di banding dengan brand lainnya, serta memiliki jaminan ketersediaan sparepart sampai 15 Tahun.

    Wah sangat bagus untuk jadi forklift pilihan Anda. Forklift Bomac sudah digunakan oleh banyak perusahaan ternama.
    Jadi tidak ada kata ragu untuk memilih brand BOMAC.
    Memilih brand BOMAC adalah pilihan yang terbaik.

    Untuk penjeleasan dan fungsi pada forklift adalah sebagai berikut :
    Fork
    Fork merupakan bagian paling utama pada unit forklift. Fungsinya fork adalah menopang, membawa dan mengangkat barang atau beban suatu benda, fork berbahan besi baja dengan bentuk memanjang lurus. Panjang standart Fork ada di kisaran 1070mm. Jika di rasa kurang Panjang, bisa juga untuk menambah fork extension. Peletakkan beban, posisi fork harus diperhatikan dan harus megetahui juga dimensi beban dan kapasitas berat beban supaya tidak melebihi kapasitas dari forklift yang akan digunakan.

    Carriage
    Carrige adalah bagian forklift sangat amat penting. Fungsinya jadi penghubung pada mast dan fork karena ditempat inilah fork melekat. Adapun fungsi dari carriage juga sebagai sandaran untuk barang yang di angkat di atas pallet.

    Mast
    Mast merupakan bagian yang tidak kalah penting dan utama pada forklift, fork dan mast satu kesatuan fungsinya yaitu untuk lifting dan tilting.

    Selain penjelasan di atas masih banyak komponen dan bagian-bagian lainnya. Forklift terbaik.