Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Pengertian Material Handling dan Keuntungan Menggunakan Mesin Conveyor Bagi Industri

Editor: Fiki
Pengertian Material Handling dan Keuntungan Menggunakan Mesin Conveyor Bagi Industri
Pengertian Material Handling dan Keuntungan Menggunakan Mesin Conveyor Bagi Industri

Material Handling Adalah Ilmu dan seni memindahkan, mengontrol, menyimpan, atau mengawasi material pada satu kawasan dengan posisi tempat yang tepat, waktu yang tepat, urutan yang tepat dengan biaya yang tepat dan menggunakan suatu metode yang tepat sesuai rencana untuk membantu suatu perpidahan barang dengan sekala dan dimensi yang besar ataupun kecil sehingga memudahkan pekerjaan jika dilakukan secara manual atau tenaga manusia.

Perpindahaan material membutuhkan waktu dan tempat yg disesuaikan dengan kondisi seperti:


  1. Dimensi / ukuran barang
  2. Berat barang
  3. Bentuk / model barang
  4. Jenis kemasan / kondisi material sesuai lintasan
  5. Analisis sesuai karakter barang
  6. Kondisi suatu ruangan

Aspek Material Handling
 
*Memudahkan pekerjaan manusia dan mesin

*Penyangga operasional suatu perusahaan atau industri


Kali ini kita coba jelaskan prinsip kerja dari satu alat bantu dari material handling yaitu Conveyor, kita tahu conveyor adalah suatu sistem mekanik yang berfungsi memindahkan barang dari satu atau jalur yang sama dari titik A ke titik B, sehingga memudahkan dalam proses perpindahan suatu barang di satu lokasi tertentu. Conveyor dijadikan alat bantu atau transportasi yg efisien dan cepat.

Dalam sebuah perusahaan atau suatu industri, kadang kala terdapat bahan - bahan yg berat dan memerluakan suatu alat bantu yg membantu untuk memindahkan, sehingga mempercepat suatu produksi dan mengurangi suatu resiko jika dikerjaan secara manual. Untuk itu mesin conveyor banyak dipilih di kalangan industri sebagai alat angkut atau memindahakan yg aman dan tepat.

Conveyor dapat dioperasionalkan barang dengan jumlah banyak dan kontinyu dari satu titik A ke titik B dengan medan - medan atau jalur yang sama pada titik tertentu yg disesuaikan.Kondisi perpindahan tempat tersebut harus menyesuaikan lokasi yang tepat supaya system kerja pada conveyor tersebut bisa bekerja secara optimal atau maksimal sehingga conveyor itu sendiri bisa mempunyai nilai ekonomis.

Tujuan penggunaan conveyor yang tepat sesuai kebutuhan :

  1. Menjaga atau mengembangkan kualitas produksi suatu barang dan mengurangi kerusakan.
  2. Memberikan perlindungan dan meningkatkan keamanan terhadap bahan material.
  3. Meningkatkan produktivitas
  4. Mengurangi bobot mati atau penggunaan menggunakan tenaga manusia
  5. Meningkatkan tingkat penggunaan suatu alat bantu atau fasilitas produksi suatu industri.

Keuntungan conveyor mempercepat proses perpindahan barang, memangkas kebutuhan tenaga manusia atau pengggunaan manual, memangkas biaya operasional perusahaan, menekan resiko kecelakaan. Conveyor itu sendiri dibagi beberapa macam jenis, seperti belt conveyor, graviti roller conveyor, chain conveyor, vertical conveyor, telescopic conveyor, pvc conveyor, modular conveyor dan lain - lain.

Dengan keuntungan menggunakan alat bantu conveyor yang tepat , wajar jika conveyor kini mulai banyak digunakan dalam industri,menjadikan alat bantu yang automation solution membuat produksi industri menjadi cepat, mudah dan efektif dan efisien sehingga mengguntungkan suatu perusahaan tersebut.