Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Penjelasan mengenai Hoist Crane serta Jenis-jenis Crane

Posted Date, 17 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Andreas Andaliza, S.T.

Penjelasan mengenai Hoist Crane serta Jenis-jenis Crane

APA ITU HOIST CRANE - Pada zaman modern sekarang ini area industrial menjadi sosok yang paling penting dalam perkembangan ekonomi di suatu Negara. Demi menunjang produksi industri tersebut beberapa akan mendengar salah satu point untuk menunjang dalam hal produksi. Hal yang sudah kita sering dengar yaitu Crane. Biasanya Crane ini akan sangat membantu dan memudahkan pekerjaan yang akan kita lakukan karena di zaman sekarang crane ini juga salah satu alat yang paling penting dalam proses perjalanan industrial.

Ada berbagai macam model-model crane berdasarkan bentuk maupun kebutuhannya, yang akan kita bahas kali adalah hoist crane. Hoist crane adalah adalah alat bantu yang berfungsi untuk mempermudah memindahkan barang dari tempat satu dan ketempat lainnya dan juga mampu mengangkat barang. Hoist crane juga bisa digunakan di dalam ruangan dan diluar ruangan. Oleh sebab itu hoist crane ini sangat mudah digunakan dan juga lebih efisien.

Menurut bahasa Inggris hoist artinya adalah katrol. Arti tersebut kita bisa mengartikan hoist adalah alat bantu yang berfungsi untuk mempermudah memindahkan barang dari tempat satu dan ketempat lainnya dan juga mampu mengangkat barang. Hoist crane juga bisa digunakan di dalam ruangan dan diluar ruangan.

Tetapi sebelum Anda memutuskan hoist crane yang tepat dan sesuai pada industry bidang anda, penting adanya untuk mengetahui tentang jenis-jenis dan cara kerja dari hoist crane terebut. Untuk hal tersebut, simak penjelasannya lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Baca Juga:

Jenis Hoist
Hoist adalah alat bantu yang berfungsi untuk mempermudah memindahkan barang dari tempat satu dan ketempat lainnya dan juga mampu mengangkat barang. Kemampuan sistem hoist ini  didapatkan dari perubahan energi mekanik, hidrolik, elektrik dan pneumatik.

Oleh sebab itulah, berikut jenis-jenis hoist berdasarkan cara pengoperasiaan dan mekanisme pergerakan  yang perlu Anda ketahui.

Electric Hoist
Jenis hoist crane ini menggunakan chain/Rantai atau wire rope/seling yang dioperasikan pada sebuah  drum serta dilengkapi dengan fasilitas chain guide/rope guide. Pada bagian drum tersebut terhubung dengan gearbox dan  juga elektrik motor sehingga dalam sistem kerjanya berputar untuk menurunkan atau menaikkan beban yang diangkat.

Pneumatic Hoist
Jenis hoist crane selanjutnya yang akan dijelaskan yaitu air hoist atau pneumatic hoist yang menggunakan sistem tekanan udara dalam mengopersikanya yang diperlukan dalam mengangkat beban. Operator atau sistem mengoperasikannya melalui remote kontrol/ pendant control yang berguna untuk  menurunkan beban atau menaikkan beban.

Manual
Jenis Hoist crane yang selanjutnya tipe manual yaitu yang kita kenal chain block atau lever block mirip dengan sebuah katrol yang yang merubah sistem arah  gaya yang memebuat kerja yang dilakukan lebih mudah. Beberapa pasang roda gigi yang berbeda ukuran ini berguna untuk memperoleh kemudahan operator dalam mengoperasikan pada saat gaya dengan menarik rantai kerekan atau menggerakan tuas (lever).

Hydraulic
Dan yang terakhir Jenis Hoist yang kita bahas ini menggunakan sistem hydraulic yang berbasis oil dan cara kerjanya mengikuti hukum pascal. Hukum pascal yang berbunyi“ Tekanan yang diberikan kepada zat cair di ruang tertutup nantinya akan diteruskan ke segala arah.”

Cara Kerja Hoist

Hoist dan crane adalah satu kesatuan dalam prinsip kerja yang saling berkaitan satu sama lain. Tetapi yang perlu anda ketahui, hoist dalam pemakain luas hanya terbagi dalam 2 sistem kerja yaitu manual dan elektrik. Sistem kerja manual hoist ini dioperasikan tanpa menggunakan listrik atau secara tenaga manusia atau mekanik dengan memakai katrol. Sedangkan sistem kerja elektrik hoist dalam mengoperasikannya menggunakan listrik.
 
Selain itu, proses kerja pada hoist elektrik ini dibagi menjadi dua, yaitu menggunakan rantai/chain  hoist dan menggunakan tali sling/wire rope hoist. Kedua sistem tersebut juga hanya perlu melakukan perawatan 1 – 2 kali dalam setahun. Untuk perawatan yang penting dilakukan tersebut seperti pengecekan mesin, kondisi rantai/seling, dan juga kemampuan mengangkat beban.

Dari penjelasan diatas bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan kerja sekaligus menentukan pilihan tepat penggunaan hoist pada berbagai industry yang akan dijalani, dan juga sedikit memberikan informasi terkait penjelasan hoist crane itu sendiri.