Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Penjelasan Roller Conveyor

Editor: Fiki
Penjelasan Roller Conveyor
Conveyor adalah alat untuk membantu mendistribusikan atau memindahkan benda dari satu tempat menuju tempat lainnya.

Conveyor juga sering digunakan oleh industri sebagai alat bantu memindahkan barang dalam jumlah yang banyak dan terus menerus,  karena memiliki nilai yang lebih ekonomis dibandingkan dengan sistem lain menjadikan conveyor sebagai pilihan dalam mobilisasi nya.

Terdapat beberapa jenis conveyor yang sering digunakan dalam industri salah satunya penggunaan ban berjalan yang seringkali disebut dengan belt conveyor, selain itu ada juga jenis roller conveyor yang akan kita bahas sekarang.

Walaupun terdapat banyak  jenis conveyor, tetapi pada dasarnya  konsep kerja tetap sama antara satu jenis conveyor dengan jenis conveyor lainnya. Setiap conveyor memiliki tugas untuk memindahkan material dari satu tempat ke tempat lainnya.


Roller Conveyor

Roller conveyor juga merupakan salah satu jenis conveyor yang sering digunakan di berbagai macam industri. Sekarang kita akan membahas lebih lanjut mengenai segala hal tentang roller conveyor

Roller conveyor adalah conveyor yang terdiri dari beberapa roller yang disatukan serta memiliki jarak tertentu yang nantinya dapat memindahkan material ketika roll conveyor tersebut berotasi.

Biasanya Material yang akan dipindahkan oleh Roller Conveyor memiliki permukaan yang kaku di bagian bawahnya sehingga mempermudah material tersebut dalam meluncur di atas permukaan roller conveyor.

Jenis ini juga merupakan jenis conveyor yang sangat cocok untuk digunakan dalam industri dikarenakan penggunaannya yang mudah serta biaya yang tidak terlalu besar.


Cara kerja roller conveyor

Dalam pengoperasian roller conveyor memiliki 2 cara kerja yaitu dengan menggunakan gravitasi serta dengan menggunakan motor electric mesin.

Untuk jenis roller conveyor yang menggunakan gravitasi operator hanya harus membuat perbedaan tinggi dari sudut tempat barang diletakkan sampai dengan sudut barang yang dituju. Perbedaan tinggi ini nanti yang akan membuat roller berputar dengan sendirinya saat ada barang atau muatan di atasnya.

Keunggulan dari jenis ini adalah biaya yang diperlukan sangatlah murah karena tidak memerlukan electric motor sebagai penggeraknya, namun salah satu kelemahannya adalah conveyor jenis ini hanya bisa bekerja dalam satu arah (tidak bolak balik).

Berbeda dengan yang gravitasi untuk jenis roller conveyor electric sudah dilengkapi dengan motor sebagai penggeraknya. Untuk motornya di bagian electric box nya pun ada 3 fungsi yaitu maju, mundur dan berhenti, ini sangat mempermudah dalam pengerjaannya serta di tambah dengan adanya emergency stop yang berfungsi sebagai pemutus arus ketika unit tidak bekerja sesuai fungsinya. Selain itu kecepatan speednya pun bisa diatur sesuai dengan kapasitas dari mesin yang membantu dalam mempercepat atau mengimbangi kecepatan dalam proses perpindahan barangnya.

Demikian pembahasan singkat kali ini mengenai conveyor, bagi Anda yang berminat dengan Unit Conveyor jangan ragu memilih product yang tepat di PT. Indotara Persada

caranya mudah bisa hubungi kontak nomor berikut 08111635227 atau email ke 040@indotara.id, bisa juga langsung datang ke alamat berikut

Marketing Office :

PT. INDOTARA PERSADA

APL Tower, Central Park,

6th Floor No. 6

Jl. Letjen S. Parman Kav 28,

Jakarta Barat - 11440