Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Penjelasan Tentang Belt Conveyor

Editor: Fiki
Penjelasan Tentang Belt Conveyor
Di artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai conveyor dan juga conveyor roller, Untuk artikel kali ini kita akan membahas mengenai conveyor belt salah satu conveyor terbanyak yang digunakan Industri di Indonesia , yuk disimak terus artikelnya.
.
Sama seperti roller conveyor belt conveyor juga digunakan untuk membantu mendistribusikan atau memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lainnya. Berbeda dengan roller conveyor yang menggunakan roller sebagai media pemindahan barangnya dalam conveyor belt menggunakan sabuk sebagai penghantar material atau barang. Untuk sabuk dari conveyor belt ini juga terbuat dari berbagai jenis bahan diantaranya, Misalnya saja bisa dari plastik, karet, kulit, logam, ataupun bahan bahan lainnya tergantung dari pada jenis dan juga sifat bahan yang diangkut menggunakan conveyor belt.

Conveyor belt pun tidak hanya mengangkut barang dalam bentuk box atau packing tetapi juga dapat mengangkut material material lain tergantung dari jenis sabuk yang digunakan dan bahan yang diangkat, dikarenakan menggunakan media padat jadi tidak diperlukan alas yang datar seperti conveyor roller. Jenis ini pun salah satu dari jenis conveyor yang paling banyak digunakan dikarenakan lebih banyak jenis material yang dapat diangkat.

Prinsip  kerja dari conveyor belt ini cukup sederhana. Unit ini akan menggerakkan berbagai jenis barang melalui bantalan belt yang berjalan menyesuaikan dengan kebutuhan. Di dalam belt terdapat 2 bagian yaitu head pulley dan tail/driver pulley yang berfungsi untuk mengatur dan menarik belt melalui gesekan antara drum yang berputar dengan belt.

Efisiensi kerja yang bisa dicapai dengan menggunakan conveyor belt, unit ini bisa mengangkut barang secara mendatar atau miring mencapai sudut kemiringan maksimum sampai dengan 18 derajat, selain itu unit ini juga mempunyai daya angkut tinggi, serbaguna, bisa bekerja dengan kecepatan sampai dengan kecepatan 7,5 m/s dan kontinue, serta mudah dioperasikan, dan tentu juga perawatannya pun tidak susah.

 
Untuk Jenis Belt conveyor terbagi beberapa jenis diantaranya

1. Flat belt conveyor

Flat belt conveyor adalah salah satu jenis conveyor datar yang paling banyak digunakan dalam industri - industri. Jenis ini standart conveyor yang berjalan lurus dengan pilihan sabuk dari berbagai macam bahan seperti logam, karet, polyester, Nylon dan banyak jenisnya.

2. Modular Belt Comveyor

Berbeda dengan flat belt conveyor, jenis ini dibuat dari plat tunggal yang saling terhubung satu dengan yang lain. Plat tersebut bisa dibuat dari bahan plastik keras ataupun bahan lainnya yang mudah diganti. Unit ini juga lebih mudah dalam perawataannya karna mudah dalam pembersihan dan lebih terjaga dalam karat.

3. Cleated belt conveyor

Untuk jenis Cleated belt conveyor, unit ini menggunakan sabuk yang dibuat dari bahan bergerigi atau memiliki pembatas dengan plat dinding di sisi conveyor. Bahan bergerigi ini digunakan sebagai dinding agar bahan tidak jatuh. Conveyor tipe ini paling cocok digunakan untuk memindahkan barang dari bawah ke atas atau pada jalur miring.

Demikian pembahasan singkat kali ini mengenai Belt conveyor, bagi Anda yang berminat dengan Unit Belt Conveyor jangan ragu memilih product yang tepat di PT. Indotara Persada.

caranya mudah bisa hubungi kontak nomor berikut 08111635227 atau email ke 040@indotara.id, bisa juga langsung datang ke alamat berikut.

Marketing Office :

PT. INDOTARA PERSADA

APL Tower, Central Park,

6th Floor No. 6

Jl. Letjen S. Parman Kav 28,

Jakarta Barat - 11440