Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perawatan Excavator Dan Pentingnya Peremajaan Alat-Alat Yang Kita Miliki

Posted Date, 8 November 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Mahendra, S.T.

Perawatan Excavator Dan Pentingnya Peremajaan Alat-Alat Yang Kita Miliki

Perawatan Excavator Dan Pentingnya Peremajaan Alat-Alat Yang Kita Miliki - Perawatan excavator hal tersebut kerap menjadi persoalan penting sebagian pengguna dan dirasa sulit, sukar, terlebih dimensi atau ukuran mesin yang begitu kompleks. Seperti halnya mobil ataupun sepeda motor, melakukan perawatan merupakan salah satu langkah wajib bagi pengguna. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa pada mesin excavator yang rutin digunakan. Perawatan sangat penting untuk menjaga performa mesin agar tetap nyaman dan prima ketika ingin digunakan.

Tips yang perlu diperhatian dalam perawatan

*Perawatan harian
  1. Memberikan pelumasan pada bagian gear penggerak seperti, silinder boom, stick, sambungan boom dan bucket dan lain-lain.
  2. Memeriksa komponen , seperti sistem pendinginan, oil engine, oil hydraulic, sabuk pengaman atau saftey bell, penyetelan track, serta undercarriege. Catatan : Jika unit excavator mengalami kerusakan, segera melakukan perbaikan dan penggantian komponen jika diperlukan, supaya unit excavator tersebut dalam kondisi performa yang lebih optimal.
  3. Mengosongkan separator air pada system bahan bakar unit excavator.
  4. Menguji Indikator dan meteran beserta alarm travel unit excavator.
  5. Membuang air dan sendimen pada tangki bahan bakar
*Perawatan berkala pada unit excavator
  1. Setiap 250 jam pertama, melakukan penggantian oil final drive, oil system hydraulic, oil swing drive, system bahan bakar, element filter primer dan sekunder beserta memeriksa jarak katup engine.
  2. Setiap 500 jam pertama, melakukan penggantian oil engine, water sparator, system bahan bakar, filter ketiga system bahan bakar, filter sekunder beserta membersihkan penutup tangki bahan bakar, bretaer karter engine dan saringan pada tangki bahan bakar tersebut.
Baca Juga:

Namun saat ini tidak jarang juga beberapa pengguna atau operator yang sedikit memperhatikan persoalan pada perawatan unit excavator yang digunakan dalam sehari-hari. Seperti halnya merasa malas dan enggan untuk melakukan perawatan sehingga kenyamanan dan performa unit excavator semakin menurun. Salah satu faktor utamanya adalah faktor ketidaktahuan dalam hal merawat unit excavator, sehingga hal tersebut dapat merugikan baik diri sendiri maupun perusahaan dan akan mengancam kesehatan pada unit excavator dan nyawa operator (kecelakaan kerja).

Informasi seperti ini sangatlah penting dan wajib diketahui bagi pengguna dan operator terutama bagi pemula, karena jika opertaor tersebut tidak selalu memperhatikan pada perawatan unit excavator maka unit tersebut akan beresiko kerusakan pada komponen-komponen unit excavator. Dan jika tidak diperhatikan terus-menerus maka bisa dipastikan umur unit excavator tersebut tidak akan panjang artinya unit excavator akan mudah rusak, sering rewel, dan penggantian berulang-ulang pada sparepart. Apalagi biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan perbaikan pada kerusakan unit excavator yang fatal akibat lalai dalam hal perawatan. Dan bahkan biaya untuk perbaikannya sudah tidak worth it, dan lebih baik membeli unit baru.

Excavator terbaik adalah Excavator BOMAC, mudah dalam perawatan, murah, dan siap dihajar 24 jam nonstop. BOMAC Excavator tersedia mulai dari ukuran micro sampai dengan large. Dapatkan BOMAC Excavator hanya di PT. Indotara Persada.