Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perawatan Rutin Excavator Bomac All Series

Editor: Rosyid

Perawatan Rutin Excavator Bomac All Series
Untuk menjaga agar kondisi alat berat selalu dalam kondisi prima ada beberapa aspek yang harus diperhatikan oleh pengendara sebagai seorang operator. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemeliharaan secara rutin. Seperti halnya truk, kendaraan bermotor ini biasa digunakan 5,5 jam/hari oleh masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di kota-kota besar pertambangan maupun pembangunan. Masa pakai yang tinggi membuat para operator alat berat melakukan pemeliharaan guna mengurangi ancaman kerusakan dengan memperhatikan penggantian oli, air radiator, dan pengoperasian transmisi.

Pemeliharaan Rutin Excavator.
Alat berat yang memiliki waktu pengoperasian jauh lebih lama dari mobil, yaitu sekitar 10 jam/hari, harus melakukan pencegahan untuk memperpanjang masa pakainya. Untuk membantu mencegah kerusakan seperti penurunan performa, boros bahan bakar, dan mesin mudah cepat panas yang berujung pada kerusakan mesin. kali ini saya akan mengulas tips dan trik untuk rutin melakukan pemeliharaan pada produk excavator Bomac all series.

• Perhatikan kebersihan oli pada unit tersebut.
kebersihan oli merupakan hal utama yang harus diperhatikan karena oli yang kotor akan mempengaruhi beberapa komponen penting seperti filter, mesin, dan juga kinerja excavator. Selain itu, oli yang kotor juga bisa membuat filter tidak tahan lama, mesin cepat panas dan menyebabkan performa excavator menurun. Untuk menghindarinya, sebaiknya lakukan pergantian oli secara berkala.

Perhatikan oil level yang ada pada unit tersebut.
Untuk mempertahankan posisi hydraulic oil painting atau machine oil painting. Jangan sampai posisi oil painting di bawah standar karena bisa membuat oil painting menjadi lamban (tidak mulus) sehingga excavator tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Mengganti penyaring udara (air filter)
Penggantian filter pembersih udara penting dilakukan agar udara yang masuk selalu bersih sehingga tidak bercampur dengan debu. Apabila penyaring udara kotor,mesin dan komponen yang ada akan menjadi lebih rentan malfungsi dan membuat bahan bakar jadi lebih cepat habis akibat dari pembakaran yang kurang baik.

Pastikan saringan bahan bakar tertutup rapat (fuel filter).
Fuel filter yang tidak ditutup dengan rapat dapat memberikan dampak negative pada mesin. Selain itu, sangat penting untuk dicatat bahwa endapan yang ada pada penyaring untuk dapat dibuang agar dapat menjaga keawetan filter dan membuat filter tidak overcapacity.

Informasi mengenai beberapa cara pemeliharaan dan kapan waktu yang tepat untuk maintenance excavator perlu mendapat perhatian dan harus dilakukan oleh user dan operator demi keawetan dan produktivitas excavator. Nantikan ulasan tips dan trik pemeliharaan rutin excavator lainnya beserta pricelist produk alat berat lainnya di www.indotara.co.id dan melihat video review serta pengiriman unit kami pada kanal youtube kami PT. Indotara Persada. PT. Indotara Persada adalah distributor alat berat terbaik di Indonesia.