Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perbedaan Antara Hoist Single Speed Dan Hoist Double Speed

Editor: Rosyid
Hoist Elektrik single speed mengacu pada hoist dengan hanya satu kecepatan angkat, yaitu kecepatan normal. Kecepatan mengangkat juga bervariasi mengikuti tonase beban material. Semakin besar tonase maka akan semakin kecil speed motoran hoist.

Pada Elektrik listrik double speed terdiri atas kecepatan normal dan kecepatan lambat. Pada dasarnya hoist listrik single speed dapat dibuat menjadi tipe double speed dengan menyematkan perangkat pintar inverter yang berguna mengatur daya listrik yang masuk pada hoist. Penambahan inverter bertujuan agar pergerakan hoist menjadi lebih mulus dan mencegah hentakan saat hoist bergerak. Penggunaan inverter juga dapat disetting mengikuti kebutuhan masing-masing pengguna sesuai dengan spesifikasi batas minimal dan maksimal bawaan produk inverter.

Selain itu, terdapat tipe lain dari sistem pergerakan hoist double speed. Beberapa hoist elektrik memiliki tambahan motor kecil (creep speed) yang biasanya terletak disebelah motor utama. Motor utama menghasilkan kecepatan normal, dan motor tambahan (creep speed) pada kecepatan lambat. Mekanisme lambat ini terdiri dari motor bantu, roda gigi tengah, dan cakram rem motor utama dengan roda gigi.

Beberapa keuntungan dalam penggunaan tipe hoist double speed yaitu ketika pada suatu keadaan tertentu hoist motoran utama mengalami kerusakan dan perlu adanya pergantian atau reparasi dengan pengecekan oleh tenaga ahli. Disini hoist masih dapat dioperasikan menggunakan bantuan motoran kecil (creep speed) sehingga setidaknya proses pemindahan barang masih dapat dilakukan khususnya pada perusahaan produksi yang merupakan alat vital dan menunggu hingga motoran utama selesai direparasi.

Sisi kekurangan dari hoist double speed menggunakan tambahan motoran adalah harga pembelian unit diawal yang mengharuskan kita mengeluarkan budget lebih dan juga biaya maintenance kedepannya seperti pergantian sparepart dan pengecekan berkala. Namun hal ini dirasa cukup setimpal antara harga dengan keuntungan yang kita dapat dari pembelian hoist tipe double speed

Pemilihan tipe hoist single speed atau double speed

Dalam penggunaan normal, hoist elektrik dengan kecepatan tunggal dapat memenuhi kebutuhan produksi. Apabila perlu menyesuaikan kecepatan selama proses pengangkatan untuk memenuhi tujuan yang berbeda, kita perlu memilih hoist yang dibagi menjadi kecepatan lambat dan kenaikan cepat baik yang menggunakan perangkat inverter ataupun tambahan motoran (creep speed) sehingga mendapatkan stabilitas kecepatan yang beragam. Hoist double speed sering digunakan di gudang perakitan, molding, produksi barang pecah belah dan pengangkatan dengan tonase besar. Kecepatan lambat dapat membuat posisi penurunan lebih akurat dan mengangkat produk lebih seimbang.

PT Indotara, sebagai distributor resmi 4 brand hoist yaitu Samsung, LGM, Podem dan Verkronn menyediakan berbagai macam tipe hoist single dan double speed baik yang menggunakan tipe inverter maupun tambahan motoran (creep speed). Bagi para customer yang memiliki kebutuhan mesin hoist tidak perlu ragu untuk menghubungi PT Indotara kapan saja, sales kami siap membantu.